FASHION & BEAUTY
12 Agustus 2019

5 Manfaat Hair Oil untuk Rambut Keriting yang Susah Diatur

Bisa membantu melembabkan rambut keriting yang kering
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Memiliki rambut keriting bisa menjadi hal yang menyebalkan bagi sebagian orang. Selain karena cenderung kering, juga membutuhkan perawatan yang lebih banyak daripada rambut biasa lainnya.

Apalagi jika rambut keriting, kering, mengembang, dan kasar, sudah pasti akan sulit untuk diatur. Moms memerlukan banyak produk yang bisa membantu rambut mendapatkan nutrisi sehingga menjadi halus dan mudah diatur.

Tapi jangan putus asa dulu, Moms bisa menggunakan hair oil untuk membantu menjinakkan rambut keriting agar mudah diatur.

"Sama dengan kulit, kita juga membutuhkan minyak untuk memiliki rambut yang sehat dan kuat," kata Jasmine Merinsky, penata rambut di Toronto. "Minyak melumasi kutikula luar dan memperkuat inti dalam rambut dengan memberikan kelembaban," tambahnya.

Memang apa saja manfaat hair oil untuk rambut keriting? Yuk kita cari tahu Moms!

Baca Juga: Perawatan Tepat untuk Rambut Kering dengan Kulit Kepala Berminyak

1. Membantu Pertumbuhan Rambut

hair oil

Foto: erabaru.net

Pertama, manfaat hair oil yang dapat Moms rasakan adalah membantu pertumbuhan rambut. Meminyaki rambut disertai dengan pijatan pelan akan meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala sehingga meningkatkan pertumbuhan rambut.

2. Melindungi Rambut Keriting

hair oil

Foto: suara.com

Manfaat hair oil selanjutnya adalah berperan sebagai pelindung rambut sebelum keramas. Ketika memiliki minyak di rambut, bahaya kerusakan yang ditimbulkan oleh sampo akan lebih berkurang. Selain itu, sisa-sisa minyak akan menjadi pelembap bagi rambut.

"Rambut yang keriting secara alami, akan lebih kering sehingga minyak rambut berguna untuk melapisi rambut dan menyerapnya untuk kutikula yang lebih halus," jelas Bobby Eliot.

Baca Juga: 7 Cara Mudah Mengatasi Rambut Kering dan Mengembang

3. Menghaluskan Rambut Keriting

hair oil

Foto: stylecaster.com

Asam lemak dalam minyak akan membantu mengembalikan lapisan lipid rambut kita yang hilang. Jadi jika rambut sangat kering dan kasar, meminyakinya terbukti bermanfaat. Manfaat hair oil ini akan membuat rambut keriting jadi halus, lembut, dan mudah diatur.

"Minyak rambut dapat digunakan sebagai vitamin untuk rambut dan sebagai alat penata rambut yang membantu menghaluskan rambut," ujar Bobby Eliot, penata rambut selebriti di Los Angeles.

Kuncinya adalah menjaga rambut untuk durasi yang lebih lama (seperti yang dilakukan oleh deep conditioner). Setelah menggunakan hair oil, Moms bisa menutup rambut dengan shower cap atau handuk hangat, lalu diamkan selama 15 menit. Baru bilas dengan sampo.

4. Menyegel Kelembapan Rambut

hair oil

Foto: naturallivingideas.com

Rambut keriting cenderung lebih kering dan gampang kusam dibanding rambut lurus. Oleh sebab itu, manfaat hair oil berikutnya adalah mengunci kelembapan.

Minyak rambut berperan sebagai penyegel ringan yang dapat mengunci kelembapan dan memberikan kilau pada rambut Moms.

Baca Juga: 7 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Rambut

5. Sebagai Pengganti Kondisioner

hair oil

Foto: easyayurveda.com

Untuk memperbaiki kondisioner yang tidak terlalu bermanfaat, Moms bisa campurkan beberapa tetes hair oil dan kondisioner sebelum diaplikasikan ke dalam batang rambut.

Itu dia beberapa manfaat dari hair oil yang bisa kita dapatkan. Mungkin Moms ingin coba?

Artikel Terkait