BALITA DAN ANAK
8 April 2020

5 Manfaat Kacang Hijau untuk Anak, Yuk Intip!

Dari melancarkan pencernaan sampai bantu tumbuh kembangnya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Irene Anindyaputri
Disunting oleh Orami

Bingung mau buat camilan sehat seperti apa untuk Si Kecil? Moms bisa coba buat olahan dari kacang hijau, lho.

Kacang hijau dijamin sehat dan punya banyak manfaat untuk kesehatan anak. Tak heran bila kacang hijau sering jadi menu wajib ketika anak mulai MPASI.

Manfaat Kacang Hijau untuk Anak

Mau tahu apa saja manfaat kacang hijau untuk anak? Yuk simak penjelasan berikut, Moms.

1. Melancarkan Pencernaan

artikel_HERO Ini 7 Jenis Makanan Berbahaya untuk Anak yang Sebaiknya Dihindari.jpg

Manfaat kacang hijau untuk anak yang pertama adalah melancarkan pencernaan. Salah satu masalah yang kerap terjadi pada anak-anak adalah gangguan pencernaan, entah itu diare atau susah BAB.

Apalagi, anak balita yang baru mulai belajar makan makanan rumahan.

Nah, menu kacang hijau bisa jadi pilihan yang tepat agar Si Kecil terhindar dari masalah pencernaan.

Pasalnya, kacang hijau terbukti memiliki manfaat untuk melancarkan pencernaan. Berdasarkan informasi dari Panganku.org, kandungan serat yang ada di dalam kacang hijau cukup tinggi. Dalam 100 gram kacang hijau mentah terdapat 7,5 gram serat.

Angka tersebut sudah memenuhi hampir 50 persen dari kebutuhan serat harian Si Kecil.

Bukan hanya itu, menurut Medical News Today, kacang hijau adalah salah satu bahan makanan yang mudah dicerna bagi anak-anak.

Baca Juga: Jangan Langsung Panik, Yuk Cari Tahu Penyebab Anak Muntah dan Cara Menanganinya

2. Sumber Protein yang Baik

lindungi anak bermain helm

Manfaat kacang hijau untuk anak yang selanjutnya adalah sumber protein yang baik. Sang buah hati membutuhkan sumber protein yang baik demi menunjang tumbuh kembangnya.

Peran protein juga penting dalam perkembangan sistem imun, tulang, otot, dan sendi Si Kecil. Bahkan menurut WebMD, protein juga berpengaruh terhadap perkembangan otak dan kognitif anak.

Maka itu, Moms perlu memenuhi kebutuhan protein sang buah hati dengan baik. Salah satu sumber protein nabati terbaik yang bisa Moms pilih adalah kacang hijau.

Dilansir dari Medical News Today, kandungan protein dalam 100 gram kacang hijau mentah adalah sekitar 7 gram.

Tentu saja, kacang hijau dapat menjadi pilihan camilan sehat yang baik untuk tumbuh kembang anak.

Baca Juga: Berbagai Gejala Diare Pada Bayi yang Tak Boleh Diremehkan

3. Baik untuk Perkembangan Otak Si Kecil

moms, terapkan cara ini untuk membesarkan balita pintar hero

Manfaat kacang hijau untuk anak yang selanjutnya adalah baik untuk perkembangan otak. Selain protein, manfaat kacang hijau lainnya bisa didapatkan dari kandungan vitamin dan mineralnya yang cukup tinggi.

Menurut Chemistry Central Journal, sebanyak 100 gram kacang hijau mentah mengandung zat folat (Vitamin B9) sebanyak 159 gram. Folat adalah nutrisi yang berperan penting dalam perkembangan otak dan kognitif Si Kecil.

Baca Juga: 4 Aspek dan Tanda Perkembangan Bayi 8 Bulan

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

stimulasi untuk memperkuat leher si kecil hero banner magz (1510x849)

Manfaat kacang hijau untuk anak yang selanjutnya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kacang hijau juga bisa membuat tubuh Si Kecil kuat dalam melawan kuman penyakit, lho, Moms.

Ini karena kacang hijau memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Menurut sebuah penelitian yang dilaporkan dalam Nutrition Journal, zat antioksidan dapat memaksimalkan kerja antibodi saat melawan sumber penyakit.

Tak hanya sampai situ saja, antioksidan juga dapat mencegah kerusakan organ yang disebabkan oleh adanya radikal bebas di dalam tubuh.

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Mimisan Pada Anak

5. Sumber Energi

Saatnya Berhenti Menyuapi Anak, Ini Manfaat Si Kecil Makan Sendiri 1.jpg

Manfaat kacang hijau untuk anak yang selanjutnya adalah sebagai sumber energi. Umumnya, anak-anak membutuhkan makanan dengan kandungan energi yang tinggi.

Apalagi jika anak Moms cukup aktif dan punya banyak kegiatan. Menu kacang hijau bisa menjadi solusi penunda lapar dan ‘pengganjal perut’.

Ini karena kandungan karbohidrat di dalam kacang hijau juga cukup besar yaitu sebanyak 56,8 gram, berdasarkan informasi dari Panganku.org.

Karbohidrat adalah sumber energi utama tubuh yang dibutuhkan Si Kecil. Jadi, Moms bisa membuat olahan menu dari kacang hijau di waktu jeda antara makan siang ke makan malam supaya energi sang buah hati bisa kembali penuh setelah seharian beraktivitas.

Itulah beberapa manfaat kacang hijau untuk anak. Tidak perlu ragu lagi ya untuk memberikan Si Kecil kacang hijau. Selamat mencoba!

(IA/ERN)

Artikel Terkait