NEWBORN
22 Maret 2019

5 Manfaat Kesehatan Buah Labu untuk Balita

Selain bisa menjadi obat cacing alami, apalagi ya manfaat labu untuk balita?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Andra Nur Oktaviani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Bila diperhatikan, sepertinya jarang sekali orang tua memberikan hidangan berbahan labu untuk balita ya, Moms?

Padahal sebenarnya labu adalah salah satu bahan makanan yang bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan lezat dan kaya akan manfaat kesehatan yang baik untuk balita.

Puree labu untuk balita juga sudah bisa mulai diberikan sebagai MPASI sejak Si Kecil berusia lebih dari 6 bulan.

Menurut informasi dalam situs Children’s Hospital of Orange County, labu termasuk dalam makanan rendah lemak yang tidak mengandung kolesterol, tinggi kadar serat, dan kaya akan antioksidan, vitamin, mineral.

Nah, kira-kira, apa saja ya manfaat kesehatan buah labu untuk Si Kecil? Yuk kita lihat daftarnya Moms!

1. Mengurangi Resiko Obesitas

5 manfaat kesehatan buah labu untuk balita 1

Theconversation.com

Dengan kandungan serat yang tinggi, memberikan labu untuk balita akan membuatnya tidak gampang lapar dan merasa kenyang lebih lama. Itu artinya Si Kecil jadi tidak sering kalap makan cemilan bayi berkalori tinggi yang membuat berat badannya melonjak.

Tidak lupa, serat dalam labu juga membuat fungsi pencernaan buah hati menjadi lebih lancar sehingga terhindar dari sembelit lho, Moms.

Baca Juga: Lezat dan Kaya Gizi, Ini 4 Manfaat Avokad untuk Balita

2. Menjaga Kesehatan Mata

5 manfaat kesehatan buah labu untuk balita 2

Warna oranye terang pada labu menandakan tingginya kandungan karotenoid yang penting untuk menjaga kesehatan mata balita.

Tapi bukan hanya itu manfaat labu untuk kesehatan mata balita, Moms. Lutein dan Zeaxanthin dalam labu juga mempertajam penglihatan sekaligus mengurangi terjadinya gangguan kesehatan pada mata  seperti degenerasi makular.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

5 manfaat kesehatan buah labu untuk balita 3

Romper.com

Sudah tahu kan Moms, kalau vitamin C dapat menjaga tubuh tetap vit? Nah, labu ternyata termasuk dalam salah satu buah yang tinggi vitamin C dan zat biokimia yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh balita.

Menariknya, buah labu juga memiliki fungsi anthelmintik alami untuk memerangi cacing dan parasit yang bisa mengganggu kesehatan balita lho, Moms.

4. Menyehatkan Kulit

5 manfaat kesehatan buah labu untuk balita 4

Ctsdaily.net

Si Kecil sering bermain dan beraktivitas di luar ruangan? Moms bisa berikan labu untuk balita agar tubuhnya mendapatkan cukup beta-karoten yang bisa melindungi dari sinar UV.

Beta-karoten juga berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi kulit dari radikal bebas, yang dalam jangka panjang bisa memicu penyakit kronis seperti diabetes dan kanker.

Baca Juga: Manfaat Protein untuk Bayi dan Tumbuh Kembangnya

5. Membantu Tidur Lebih Nyenyak

5 manfaat kesehatan buah labu untuk balita 5

All4women.co.za

Belum banyak orang tua yang tahu, kalau labu adalah salah satu bahan makanan yang bisa membantu balita lebih cepat terlelap dan tidur lebih nyenyak di malam hari.

Manfaat kesehatan labu untuk balita ini datang dari kandung Tryptohan yang berperan penting dalam produksi serotonin atau asam amino yang menenangkan tubuh dan meningkatkan kualitas tidur.

Ternyata banyak sekali manfaat kesehatan labu untuk balita ya, Moms. Apa Moms tahu, resep hidangan lezat berbahan labu yang cocok untuk balita? Share yuk!

(WA)

Artikel Terkait