GAYA HIDUP
11 Maret 2020

5 Manfaat Kurma untuk Diet, Tertarik Mencoba?

Bila dikonsumsi dengan bijaksana, kurma bisa membantu menurunkan berat badan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Orami

Mengurangi berat badan bukanlah perkara yang gampang, baik secara mental maupun fisik. Ilmu pengetahuan baru menunjukkan bahwa ketika tubuh mulai menurunkan berat badan dalam jumlah besar, maka tubuh tersebut berjuang keras untuk mendapatkannya kembali.

Namun, itu tidak berarti bahwa mengurangi berat badan adalah sesuatu yang mustahil.

Tentu saja tidak ada yang tidak mungkin bagi Moms yang benar-benar niat dan konsisten mengubah pola hidup dan menjaga makan untuk mengurangi berat badan.

Lantas, apabila Moms merasa lelah dan merindukan sesuatu yang manis, apa yang bisa dilakukan? Memilih buah sebagai makanan selingan selalu dianjurkan untuk orang yang diet atau berusaha mengurangi berat badan dan kurma bisa jadi salah satunya.

Kurma dianggap sebagai makanan yang ideal. Manfaat kurma yang kaya akan nutrisi tentu saja sudah Moms ketahui. Bertentangan dengan kesalahpahaman yang populer, menambahkan kurma ke dalam diet orang yang berusaha mengurangi berat badan sebenarnya justru baik dan boleh dilakukan.

Manfaat kurma yang mampu menjaga kadar kolesterol dan sedikit mengandung lemak adalah alasan utama kenapa kurma bisa membantu diet menurunkan berat badan.

Menurut Nutrition Journal, meskipun nilai kalorinya tinggi, kurma memiliki indeks glikemik (GI) yang rendah. GI adalah cara mengukur seberapa cepat gula darah naik setelah makan-makanan tertentu. Itulah sebabnya kenapa manfaat kurma ini juga bisa dirasakan oleh Moms yang berusaha mengurangi berat badan.

Manfaat Kurma untuk Diet

Berikut ini adalah beberapa manfaat kurma yang bisa dirasakan oleh orang yang berusaha mengurangi berat badan termasuk Moms.

Baca Juga: 7 Makanan untuk Mengatasi Telinga Berdenging

1. Mengenyangkan

mengenyangkan.jpg

Foto: dreamstime.com

Kurma bermanfaat untuk diet karena mengenyangkan. Kurma yang merupakan makanan tinggi serat ternyata dapat membantu memperlambat penyerapan makanan di usus besar, sehingga membuat Moms merasa kenyang untuk waktu yang lama.

Ini juga mencegah lonjakan glukosa darah secara tiba-tiba dan mencegah penyerapan lemak.

Serat pada kurma yang tidak tercerna dan akhirnya terfermentasi oleh bakteri baik di usus besar, akan menjadi asam lemak rantai pendek.

Asam lemak rantai pendek tersebut akan dimakan oleh bakteri yang bermanfaat meningkatkan metabolisme tubuh.

Payal Kothari, Ahli Gizi dari Mumbai, mengatakan bahwa kurma bisa menambah dan mempertahankan energi sepanjang hari, terutama selama hari-hari sibuk, hari-hari puasa atau sebelum berolahraga.

Selain itu, Moms juga dapat mengkonsumsi kurma kapan saja baik sarapan, makan siang, atau sebagai camilan malam.

"Manfaat kurma didapat karena buah manis ini merupakan sumber nutrisi, baik makro dan mikro, vitamin dan mineral. Kurma juga bisa menjadi pembersih usus yang sangat baik," katanya.

Manfaat kurma yang mengenyangkan juga didapat dari kandungan proteinnya. Protein pada kurma sulit dicerna sehingga waktu transisi di usus besar menjadi lebih lama.

Baca Juga: Sebelum Coba Diet Keto, Pahami Dulu 4 Hal Ini

2. Menurunkan Potensi Obesitas

obesitas.jpg

Foto: groupon.com

Kurma juga menurunkan potensi obesitas dan cocok banget untuk diet nih Moms. Tidak semua lemak buruk, salah satunya adalah asam lemak tak jenuh yang ditemukan dalam kurma. Asam lemak tak jenuh ini dapat membantu mengurangi peradangan.

Peradangan dapat terjadi karena berbagai alasan seperti cedera, pembengkakan, penyakit, konsumsi makanan yang tidak sehat, menjalani gaya hidup yang tidak berubah, termasuk peradangan terkait dengan obesitas, resistensi insulin, diabetes, penyakit hati, dan lainnya.

Oleh karena itu, manfaat kurma bagi penderita diabetes adalah menurunkan peluang Moms untuk menambah berat badan.

3. Meningkatkan Metabolisme dan Pencernaan

metabolisme.jpg

Foto: mnn.com

Kurma adalah buah kering yang kaya akan antioksidan dan mampu mengais radikal bebas oksigen berbahaya serta mengurangi stres juga peradangan. Selain itu, kurma segar juga mengandung antioksidan seperti antosianin, fenolik, dan karoten.

Karena kandungannya ini, manfaat kurma lainnya adalah membuang racun dan meningkatkan metabolisme dan pencernaan yang pada akhirnya menyebabkan penurunan berat badan.

4. Menjaga Kestabilan Kadar Gula Darah

kontrol-diabetes.jpg

Foto: thewellproject.org

Manfaat kurma atau permen alami ini sebenarnya bisa membantu menjaga kadar gula darah agar tetap terkendali. Para ilmuwan telah menemukan bahwa flavonoid, saponin, dan fenolik pada kurma dapat membantu merangsang produksi insulin.

5. Snack Manis yang Lezat

kurma.jpg

Foto: marsaalamdesertretreat.com

Manfaat kurma sebagai pemanis alami yang baik dan sehat adalah sebuah rahasia umum. Jadi, jika Moms merasa ingin memiliki sesuatu yang manis setelah makan, cukup makan dua buah kurma.

Dengan cara ini, Moms akan dapat memberikan nutrisi pada tubuh tanpa risiko kenaikan berat badan.

Baca Juga: 4 Manfaat Kurma Bagi Penderita Diabetes

Ternyata banyak juga ya Moms manfaat kurma untuk diet. Tertarik mencobanya?

(RIE/ERN)

Artikel Terkait