2-3 TAHUN
21 September 2018

5 Manfaat Main Balok untuk Anak, Bisa Bikin Percaya Diri!

Seru dan bermanfaat untuk perkembangannya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan
Disunting oleh Intan

Mengedukasi anak memang dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, mulai dari bernyanyi hingga bermain.

Salah satu mainan edukatif yang menarik adalah balok, bentuknya yang bermacam-macam serta warnanya yang beragam membuat mereka tentu tertarik untuk memainkannya.

Tak hanya menarik untuk dimainkan, balok juga ternyata memiliki sejumlah manfaat lho, Moms. Inilah beberapa manfaat bermain balok untuk anak-anak!

Melatih Kreativitas

đồ chơi lego an toàn1

Hal pertama yang jelas akan terasah adalah kreativitas Si Kecil. Dengan balok, mereka dapat menciptakan berbagai macam bentuk sesuai dengan daya khayal mereka. Mereka dapat membuat rumah, gedung atau apapun yang mereka inginkan.

Semakin sering bermain balok dan semakin sering mereka melihat banyak hal maka kreativitas mereka untuk menciptakan sesuatu akan semakin terasah. Sesekali Moms dapat membantu bentuknya agar semakin terlihat sempurna dan sesuai dengan keinginan mereka.

Mengenal Warna

infant block development milestone

Balok yang berwarna-warni dapat Moms manfaatkan untuk sekaligus memperkenalkan berbagai macam warna pada Si Kecil. Upayakan agar mereka memiliki balok dengan banyak aneka warna.

Setelah selesai bermain, jangan lupa untuk bertanya pada Si Kecil tentang warna apa saja yang sudah mereka ketahui. Mintalah mereka menunjuk benda lain sesuai dengan warna yang mereka tahu.

Baca Juga: Yuk, Dilatih! Inilah 5 Manfaat Menggambar untuk Kecerdasan Balita

Mengenal Bentuk

fotolia 161021075 subscription monthly m

Selain warnanya yang bermacam-macam, permainan balok ini memiliki banyak bentuk. Dari mulai bentuk geometri, seperti kubus, persegi panjang, kerucut dan silinder. Dengan kata lain, balok akan membantu mereka mengenal berbagai jenis bentuk.

Tak hanya itu, mereka juga akan semakin pandai dalam mengelompokan bentuk sesuai dengan tempatnya. Mereka juga akan belajar menyusun sesuai dengan balok yang tepat untuk satu sama lain.

Belajar Berhitung

shutterstock 348486443

Balok yang berjumlah banyak dapat Moms jadikan benda yang membantu Moms dalam mengajarkannya berhitung. Belajarlah hal yang sederhana seperti tambah dan kurang menggunakan balok tersebut.

Semakin lancar mereka menggunakannya, maka akan semakin cepat Moms mengajarkan mereka untuk berhitung yang lebih sulit.

Baca Juga: Seru! 5 Jenis Permainan Air yang Bisa Dilakukan dengan Si Kecil di Rumah

Menumbuhkan Percaya Diri

shutterstock 124705708 (1).jpg web

Saat bermain balok, secara tak langsung mereka akan bermain pula dengan daya imajinasinya. Mereka akan berusaha untuk menciptakan konsep yang mereka inginkan.

Saat telah berhasil membentuk sesuatu yang sesuai dengan keinginan mereka, tentu akan ada perasaan senang karena merasa berhasil. Hal itulah yang akan terus memicu rasa percaya diri mereka ketika sedang membuat sesuatu.

Meskipun bebas untuk bermain balok, namun ada baiknya Moms mendampingi mereka saat bermain. Tak jarang anak-anak yang merasa tak mampu menciptakan sesuatu yang mereka inginkan akan merasa kesal dan menangis.

Berikanlah bantuan ketika dirasa sudah dibutuhkan, namun bila mereka terlihat sedang menikmatinya, maka Moms cukup menemaninya saja. Yuk mulai ajak anak bermain balok!

(MDP)

Artikel Terkait