BALITA DAN ANAK
5 September 2019

5 Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan Untuk Bayi

Tidak menyangka kan Moms kalau memelihara hewan ada manfaatnya
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Orang tua baru yang sebelumnya memiliki hewan peliharaan, terkadang memilih untuk memberikan peliharaan kesayangannya pada orang lain ketika bayi lahir.

Tetapi, berbagai penelitian ternyata menemukan bahwa memiliki hewan peliharaan untuk bayi bisa memberikan banyak manfaat. Yuk, simak apa saja manfaatnya!

Menurunkan Risiko Alergi

hewan peliharaan

Foto: safebee.com

Sebuah studi dari University of Alberta menunjukkan bahwa bayi yang lahir dalam keluarga dengan hewan peliharaan memiliki risiko lebih rendah terkena alergi, jika mereka terpapar dengan hewan dalam beberapa bulan pertama kehidupan.

Ini karena jumlah dua jenis bakteri usus, yakni Ruminococcus dan Oscillospira, meningkat dua kali lipat ketika ada hewan peliharaan di rumah. Kucing dan anjing membawa bakteri sehat pada tubuh mereka, sehingga pelukan dan jilatan yang mereka lakukan pada bayi bisa menyebabkan transfer peningkatan kekebalan.

Baca Juga: Memilih Jenis Hewan Peliharaan Sesuai Umur Anak

Menurunkan Risiko Obesitas

Hewan Peliharaan

Foto: bravotv.com

Mengutip situs Todays Parent, Anita Kozyrskyj, ahli epidemologi anak di Universitas Alberta, menjelaskan bahwa bayi dilahirkan dengan beberapa mikroba yang diperoleh selama berada di dalam rahim atau melalui perjalanan menyusuri jalan lahir

Dalam sebuah studi pada tahun 2015 yang diterbitkan dalam Maternal and Child Health Journal menunjukkan bahwa bayi yang lahir dengan operasi caesar dua kali lebih mungkin mengalami obesitas pada usia 2 tahun karena kehilangan mikroba sehat dari jalan lahir, tetapi memiliki hewan peliharaan untuk bayi terbukti bisa mengurangi risiko tersebut.

Baca Juga: 4 Cara Agar Hewan Peliharaan Bersahabat dengan Bayi

Menurunkan Risiko Infeksi Saluran Pernafasan

Hewan Peliharaan

Foto: backbayvet.com

Sebuah penelitian di Finlandia menemukan bahwa bayi yang tumbuh dengan hewan peliharaan - terutama anjing - memiliki kemungkinan yang rendah terserang pilek dan infeksi saluran pernapasan lainnya saat mereka balita.

“Temuan kami mendukung teori bahwa selama tahun pertama kehidupan, kontak dengan hewan peliharaan sangatlah penting karena mengarah pada resistensi yang lebih baik terhadap infeksi pernafasan menular selama masa kanak-kanak,” tulis para peneliti, yang dipimpin oleh Dr Eija Bergoth, seorang dokter anak di Kuopio University Hospital di Finlandia, seperti dikutip dari CBS News.

Sementara infeksi dan gangguan saluran pernapasan seperti pilek dan mengi umum terjadi pada bayi, penelitian tersebut mengungkapkan bahwa bayi yang bersentuhan dengan hewan peliharaan sejak dini 30% lebih kecil kemungkinannya mengalami batuk, infeksi telinga, dan gejala seperti hidung tersumbat, pilek, flu dan rinitis.

Baca Juga: 6 Hewan Peliharaan yang Aman untuk Anak

Menurunkan Risiko Asma

Hewan Peliharaan

Foto: thelabradorsite.com

Sebagaimana dikutip dari Romper, sebuah studi yang diterbitkan tahun 2016 dalam Evidence - Based Medicine, bayi yang terpapar hewan peliharaan selama tahun pertama kehidupannya justru memiliki risiko asma yang lebih rendah pada masa kanak-kanak berikutnya (balita dan usia sekolah). Hal ini berkaitan erat dengan manfaat hewan peliharaan yang telah disebutkan dalam poin di atas.

Baca Juga: Manfaat Sehat Memiliki Hewan Peliharaan

Membantu Bayi Tumbuh Lebih Cerdas

Hewan Peliharaan

Foto: abcnews.go.com

Menurut Highlights.com, terdapat sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa memiliki hewan peliharaan membantu bayi memahami biologi dasar jauh lebih baik daripada rekan-rekannya yang tidak memiliki hewan peliharaan.

Bahkan, penelitian juga membuktikan bahwa memiliki hewan peliharaan untuk bayi bisa memberikan dukungan emosional yang jauh lebih baik (tenang dan tidak mudah cemas), dibandingkan bayi yang memiliki kontak terbatas dengan hewan peliharaan.

Tentu saja, memiliki hewan peliharaan untuk bayi di rumah bukanlah satu-satunya cara untuk mendorong pembelajaran sosial-emosional dan perkembangan kognitif bayi. Moms juga perlu mendukungnya dengan memberikan stimulasi.

Itu dia manfaat hewan peliharaan untuk bayi. Namun, meskipun memberikan banyak manfaat, perlu diingat bahwa hewan peliharaan terkadang bersikap di luar prediksi. Jadi, pastikan untuk selalu mengawasi semua interaksi Si Kecil dan hewan peliharaannya dengan cermat.

Artikel Terkait