BAYI
21 Juni 2019

5 Manfaat Mengenalkan Musik Pada Bayi Sejak Dini

Kemampuan motorik, sensorik, hingga perkembangan bahasa Si Kecil dapat terasah dengan musik.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla Octama

Saat akan menidurkan bayi, sebagian besar orang tua menyalakan musik untuk Si Kecil agar memberikan ketenangan dan membuatnya tidur lebih nyenyak.

“Pendengaran bayi sudah berkembang baik sesaat setelah dilahirkan, sehingga mereka dapat merespon musik sejak dini,” ungkap Diane Bales, PhD., profesor pengembangan manusia dan ilmu keluarga di University of Georgia, Athena, seperti dikutip dari parents.com.

Namun tahukah Moms, manfaat musik untuk bayi rupanya juga dapat berpengaruh lebih besar pada perkembangan bayi, jika Si Kecil juga turut bereksplorasi memainkan alat musik.

Yuk cek apa saja manfaat memperkenalkan musik pada bayi sejak dini.

1. Mengembangkan Interaksi & Emosi

Musik untuk bayi dapat membantu mengembangkan emosi yang dimiliki Si Kecil, seperti kebahagiaan, kesedihan, dan kemarahan yang menjadi dasar dari keterampilan sosial.

Dengan menyampaikan emosi-emosi tersebut melalui lagu atau musik untuk bayi, dan menggabungkannya dengan interaksi bersama orang tua, maka Si Kecil dapat mengenal perasaan-perasaan ini sejak dini.

2. Kemampuan Motorik

Kemampuan Motorik.jpg

Foto: Bundoo.com

Saat bayi diperkenalkan dengan alat musik, mereka akan mencoba memahami bagaimana cara menggunakannya dan bagaimana cara membuat suara yang Si Kecil inginkan.

“Bayi belum memiliki koordinasi yang baik. Jadi mereka harus belajar mengkoordinasikan tindakan mereka, sebagai tanggapan atas informasi yang masuk,” ungkap Laurel Trainor, Direktur di McMaster Institute for Music and the Mind, seperti dikutip dari todaysparent.com.

Memberikan alat musik untuk bayi sejak dini, tentu akan semakin mengasah kemampuan koordinasi Si Kecil.

Baca Juga : Ingin Membuat Bayi Lebih Cerdas dengan Musik, Perhatikan 3 Hal Ini

3. Peningkatan Sensorik

Peningkatan Sensorik.jpg

Foto: express.co.uk

Gabungan antara kesadaran sensorik dan kontrol motorik sangat penting untuk perkembangan bayi secara keseluruhan.

Mampu melihat perbedaan terhadap suara dan mengikuti gerakan seseorang sesuai lagu adalah hal penting untuk bekal bayi bermain instrumen musik, dan membantunya belajar berbicara serta bernyanyi.

Pada beberapa kasus, kelas musik untuk bayi dapat membantu Si Kecil lebih nyaman ketika berhadapan dengan suara keras atau suara bising yang menakutkan.

4. Perkembangan Bahasa

Penelitian menemukan bahwa mendengarkan lagu akan semakin memperkenalkan Si Kecil dengan kata-kata dan rima baru.

Pengaturan kata-kata pada musik untuk bayi juga dapat membantu otak mempelajarinya dengan lebih cepat.

Penelitian lain juga mengkaitkan ritme (kemampuan mengikuti ketukan dalam musik) dengan peningkatan kemampuan membaca pada anak yang lebih besar.

Baca Juga : 4 Manfaat Istimewa Musik Untuk Perkembangan Anak

5. Membangun Kedekatan Orang Tua dan Bayi

Membangun Kedekatan Orang Tua dan Bayi.jpg

Foto: yellowpages.ca

Orang tua yang ikut bermain dan bereksplorasi dengan musik untuk bayi dapat memperkuat hubungan di antara keduanya.

Penelitian menyebutkan bahwa kolaborasi Moms dan bayi dalam musik dapat memicu pelepasan oxytocin (hormon kedekatan antara ibu dan anak, yang juga dihasilkan selama menyusui).

Bahkan sesuatu yang sederhana seperti menyanyikan lagu untuk bayi, juga memiliki dampak lebih besar dibandingkan bayi hanya mendengarkan musik saja.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Miami, menemukan bahwa Ibu yang bernyanyi untuk Si Kecil memiliki kemampuan alami dalam menyesuaikan cara bernyanyi untuk mendapatkan perhatian dari bayi.

Jadi Moms, tidak ada salahnya mulai membelikan Si Kecil beragam alat musik untuk bayi atau bahkan mengikutsertakan Si Kecil dalam kelas musik yang pasti akan disukainya.

(GS/CAR)

Artikel Terkait