KESEHATAN
21 Juli 2020

5 Manfaat Minyak Tawon untuk Tubuh, Moms Perlu Tahu

Mulai dari menghangatkan hingga meredakan peradangan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Apakah Moms pernah mendengar tentang minyak tawon? Minyak tawon adalah salah satu minyak esensial asli Indonesia. Keberadaan minyak ini telah dipercaya selama beratus tahun sebagai salah satu minyak yang sering digunakan untuk obat gosok.

Minyak tawon adalah sebutan khusus karena minyak ini memiliki simbol gambar tawon pada bungkusnya. Jenis minyak ini dibuat dari campuran ekstrak minyak kayu putih, minyak kelapa, cengkeh, dan lada. Jadi tidak ada kandungan tawonnya sama sekali ya, Moms.

Baca Juga: 7 Jenis Essential Oil untuk Menyamarkan Bekas Luka

Saat menggosokan minyak ini pada tubuh, dapat menimbulkan rasa panas pada kulit dan membuat otot menjadi lebih rileks.

Berdasarkan Journal of Applied Pharmaceutical Science, pengobatan nyeri otot dengan minyak esensial adalah pilihan pengobatan alternatif, yang sangat populer. Minyak esensial juga tidak hanya digunakan untuk meredakan nyeri otot tetapi juga membantu merilekskan pikiran.

Selain sebagai minyak pijat, minyak ini dipercaya memiliki khasiat yang sangat lengkap dan sangat efektif tanpa efek samping.

Manfaat Minyak Tawon

Berikut ini adalah beberapa manfaat minyak tawon, yuk kita lihat, Moms.

1. Minyak Pijat

minyak tawon

Foto: sweetmommayoga.com

Telah disebutkan di atas, manfaat minyak tawon yang pertama adalah dijadikan sebagai minyak pijat untuk keluhan yang berhubungan dengan nyeri otot dan sendi.

Moms bisa menggunakan minyak tawon sebagai minyak gosok untuk cedera ringan seperti sakit tangan dan kaki, sakit punggung, dan semua bagian sendi lainnya. Namun ingat, hindari mengoles minyak tawon pada area kulit yang terluka karena sensasi panasnya dapat menimbulkan perih pada beberapa orang.

Baca Juga: Wajib Dicoba! Ini 6 Jenis Minyak Pijat yang Dapat Meremajakan Kulit

2. Menghangatkan Tubuh

minyak tawon

Foto: wendyls.co.nz

Manfaat berikutnya dari minyak tawon adalah menghangatkan tubuh agar terhindar dari batuk dan pilek. Sensasi hangat ini didapatkan dari kandungan cajuput oil yang menjadi salah satu campuran dalam minyak tawon.

Cara penggunaannya cukup mudah, cukup hanya dengan mengoleskan dan menggosokkan minyak ini pada bagian punggung, leher, dan perut.

3. Melancarkan Sirkulasi Darah

minyak tawon

Foto: medicalnewstoday.com

Moms harus tahu bahwa minyak tawon juga bisa bermanfaat untuk memperlancar sirkulasi darah kita. Makanya minyak ini bermanfaat untuk menghangatkan dan meredakan rasa capek atau pegal-pegal.

Baca Juga: 6 Cara Jitu Mengatasi Susah Tidur Akibat Terlalu Lelah

4. Mencegah Gigitan Nyamuk

minyak tawon

Foto: organicfacts.net

Selain itu, Moms juga bisa memanfaatkan minyak tawon untuk mencegah gigitan nyamuk. Cukup dengan mengoleskan minyak tawon pada bagian tubuh yang sering digigit nyamuk secara tipis-tipis.

Nyamuk nyatanya tidak menyukai bau minyak tawon yang menyengat dan akan cenderung menjauhi bau tersebut. Moms dan keluarga bisa beraktivitas di luar rumah tanpa takut digigit nyamuk.

5. Mengurangi Peradangan Kulit

minyak tawon

Foto: medicalnewstoday.com

Manfaat selanjutnya dari minyak tawon ini bisa menurunkan risiko peradangan di kulit. Hal ini didapatkan dari kandungan ekstrak kunyit yang mengandung senyawa aktif curcumin.

Bila Moms mengoleskan minyak tawon pada kulit yang digigit nyamuk, peradangan akan lebih cepat pulih.

Itu dia Moms beberapa manfaat baik dari minyak tawon. Jadi jangan ragu untuk menyediakan minyak ini di rumah ya.

Artikel Terkait