FASHION & BEAUTY
14 Agustus 2017

5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan

Berkhasiat untuk semua bagian tubuh
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Wajah biasanya akan terlihat kering karena tubuh kekurangan cairan, apalagi jika Mama jarang meminum air putih. Ya, kulit juga bisa dehidrasi lho Ma. Oleh karena itu, Mama membutuhkan asupan nutrisi ekstra untuk dalam dan luar kulit.

Menggunakan minyak zaitun mungkin bisa menjadi salah satu solusi tepat. Berbeda dengan produk-produk perawatan kulit lainnya, minyak zaitun tidak memberikan efek samping karena terbuat dari bahan murni dan alami. Lalu, apa saja manfaat minyak zaitun untuk kecantikan?

1. Kecantikan rambut

kecantikan rambut

Kandungan vitamin E dalam minyak zaitun tidak hanya dapat membuat rambut kering menjadi lembab. Menurut pakar kecantikan Amerika julie Russak M. D., minyak zaitun juga berfungsi untuk mengurangi ketombe pada rambut.

Campurkan saja minyak zaitun dengan tetasan air lemon untuk membuat rambut kembali sempurna. Lumuri rambut dengan campuran ini hingga ke ujung rambut, lalu diamkan sejenak sampai 20 menit. Setelah itu, mama bisa mencucinya dengan menggunakan sampo.

2. Kecantikan tumit kaki

kecantikan tumit kaki

Setelah itu, olesi kaki dengan minyak zaitun. Untuk memberi hasil maksimal, bungkus kaki dengan kaus kaki selama Mama tidur.

3. Kecantikan kuku

kecantikan kuku

Tidak hanya dapat memanjangkan kuku, minyak zaitun juga membuat kuku lebih kuat dan anti patah. Hal ini sudah dibuktikan oleh chef dunia, Giada De Laurentiis lho Ma! Ia menggunakannya secara rutin agar kuku tidak rusak saat memasak.

Lalu, bagaimana caranya? Rendam kuku dengan campuran air hangat dan minyak zaitun selama 10 menit. Lakukan perawatan ini dua kali seminggu untuk hasil maksimal!

4. Kecantikan mata

kecantikan mata

Mama juga bisa menggunakan minyak zaitun sebagai krim mata. Oleskan saja sedikit minyak zaitun pada bagian kantung mata sebelum tidur dan bilas pada pagi hari. Agar tetap menyegarkan, simpan minyak zaitun di dalam lemari es.

5. Kecantikan kulit

kecantikan kulit

Fungsi yang satu ini mungkin sudah tidak menjadi rahasia lagi di kalangan wanita. Sudah banyak pelembab kulit yang menjadikan minyak zaitun sebagai bahan utama produk tersebut. Sayangnya banyak produk sudah memakai terlalu banyak kimia dan justru malah berbahaya untuk kesehatan kulit.

Mengapa tidak menggunakan minyak zaitun murni saja? Dengan mengolesi minyak zaitun ke seluruh tubuh, kulit Mama akan terasa lebih lembut dan halus. Jangan lupa untuk diamkan sejenak setelah Mama mengaplikasikannya ya!

Kalau Mama sendiri, bagian mana yang membutuhkan perawatan dengan minyak zaitun?

(DAN)

Foto : Shutterstock

Artikel Terkait