DI ATAS 5 TAHUN
13 September 2017

5 Manfaat Orang Tua Bermain Bersama Anak

Tahukah Mama jika bermain bisa mengembangkan bakat terpendam si kecil?
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Setiap orang dewasa pasti sudah memahami betul bahwa tugas anak-anak adalah bermain. Kegiatan itu memiliki peran penting untuk tumbuh kembangnya. Ketika ia sedang asyik dengan kesibukannya, sangat disarankan untuk Mama ikut bermain dengan anak.

Iya sih, si kecil pasti tetap bisa bermain tanpa harus melibatkan Mama. Lagi pula, membiarkan ia asyik sendiri pun bukan masalah, justru bisa mengembangkan kreativitas dan imajinasinya sendiri kan? Tapi, Ma, bukan sekadar agar si kecil asyik dengan dunianya, tapi ada manfaat lainnya, lo!

Dilansir dari Psychologytoday, ada 5 manfaat bermain dengan anak:

Membantu Mengembangkan Bakat

membantu mengembangkan bakat

Dalam masa pertumbuhan, yang dibutuhkan anak adalah mengembangkan bakat yang ada di dalam dirinya. Tentu, hal itu perlu dukungan dari orang tua. Mama bisa membantu si kecil untuk mengembangkan kemampuannya agar bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari.

Misalnya, Mama bisa mengajaknya bermain dengan menyisipkan nilai-nilai kepemimpinan di lingkungan kecil atau ketangkasannya dalam menyelesaikan peralatan yang berantakan. Dalam proses tersebut membantu anak untuk memahami emosinya sendiri. Ini juga bisa mengurangi stres dalam dirinya.

Sambil Menjaga

sambil menjaga

Bukan berarti membatasi ruang gerak anak, tapi Mama perlu mengawasi si kecil saat sedang bermain. Tanpa disadari, ada beberapa jenis mainan yang berbahaya untuknya. Tapi, jangan sampai menjadi berlebihan menjaga dan membuatnya tidak nyaman ya.

Baca Juga : Agar Rumah Tidak Berantakan, Yuk Ciptakan Tempat Bermain Anak di Rumah!

Memahami Anak

memahami anak

Bermain bersama anak bisa membantu Mama untuk memahaminya lebih dekat. Di sini, Mama bisa tahu, jenis permainan apa yang disukai olehnya.

Sesuatu yang 'Spesial'

sesuatu yang 'spesial'

Sekarang Mama mungkin berpikir, sepertinya sama saja orang tua yang mengajak bermain si kecil dengan kakak atau adiknya. Padahal itu salah, Ma. Ada sesuatu yang dimiliki orang tua yang tidak dimiliki orang lain, bahkan kakak atau adiknya sendiri.

Bila Mama bermain dengan si kecil, itu akan memberikan kontribusi lebih untuk membangun interaksi sosia. Ini yang sebut dengan 'sentuhan spesial'. Fakta lain yang menarik menunjukan, sikap anak pra sekolah yang bermain bersama orangtua cenderung memiliki sikap yang lebih sopan dibandingkan dengan yang tidak.

Meningkatkan Hormon Bahagia

meningkatkan hormon bahagia

Disadari atau tidak, ketika orangtua bermain bersama anak, akan meningkatkan hormon oksitosin atau hormon bahagia pada orangtua. Ya, bukan hanya si kecil, Mama pun bisa mendapatkan manfaat yang sangat baik. Hormon oksitosin pada orang tua meningkat saat menyentuh dan tertawa bersama anak. Tentu saja, ini sangat menyenangkan.

(ICA)

Artikel Terkait