JALAN-JALAN
31 Mei 2019

5 Masjid Agung di Jalur Mudik Selatan yang Nyaman untuk Beribadah

Jangan lupa berhenti dulu ya Moms untuk salat
placeholder

Foto: travelingyuk.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Intan Aprilia

Saat mudik Lebaran esok hari, jangan lupa untuk selalu tetap beribadah ya Moms. Terkadang saat berada di perjalanan, kita menginginkan untuk beribadah di masjid yang besar dan nyaman.

Nah, setelah sebelumnya Orami telah membahas berbagai masjid agung di jalur pantura, kali ini kita akan membahas lima masjid agung di jalur mudik selatan. Yuk disimak!

Baca Juga: 5 Masjid Agung di Jalur Pantura yang Nyaman Disinggahi untuk Beribadah

1. Bandung – Masjid Raya Bandung

masjid jalur selatan

Foto: nyikreuh.com

Saat berada di Kota Bandung, Moms dan keluarga bisa mampir ke Masjid Raya Bandung untuk salat.

Lokasinya yang berada di pusat kota, membuat masjid ini mudah dijangkau dan tidak sulit dicari.

Masjid Raya Bandung dibangun sejak tahun 1810 lho dan sudah delapan kali direnovasi.

Masjid agung ini mempunyai dua menara kembar setinggi 81 meter yang kita bisa masuk ke dalamnya di hari Sabtu dan Minggu.

Saat ngabuburit pun cocok Moms dan keluarga lakukan di masjid ini, karena di area depan masjid banyak penjual makanan dan minuman berbuka puasa.

Baca Juga: Masjid-Masjid Unik Karya Ridwan Kamil di Indonesia

2. Purwokerto – Masjid Agung Baitussalam

masjid jalur selatan

Foto: anugerahkubah.com

Saat sampai di Purwokerto di sore hari atau menjelang malam hari, Moms bisa mampir ke Masjid Agung Baitussalam untuk menunaikan ibadah salat Asar atau Magrib.

Lokasinya yang berada di depan alun-alun dan pendopo Bupati Kabupaten Banyumas membuatnya mudah dicari.

Apalagi selama bulan Ramadan, masjid ini menyediakan takjil dan makanan gratis bagi para jamaah yang ingin berbuka puasa bersama. Asyik ya Moms!

3. Purworejo – Masjid Agung Darul Muttaqin

wisata mudik

Foto: situsbudaya.id

Lanjut ke arah timur, Moms dan keluarga akan melewati Kota Purworejo, di mana di kota ini juga tentunya punya masjid besar, yaitu Masjid Agung Darul Muttaqin.

Uniknya, masjid ini mempunyai beduk terbesar di dunia lho Moms.Saking besarnya ukuran beduk, sampai-sampai manusia bisa masuk ke dalamnya lho Moms yang biasanya dilakukan untuk mengganti kerusakan pada beduknya.

4. Yogyakarta – Masjid Gedhe Kauman

wisata mudik

Foto: visitingjogja.com

Sampailah kita di Kota Jogja, sebuah kota yang mempunyai banyak hal untuk bisa dilakukan di sini, mulai dari makan, wisata alam, sampai wisata religi.

Salah satu masjid yang termasuk dalam daftar wisata religi di Jogja adalah Masjid Gedhe Kauman.

Masjid tertua di Jogja dengan gaya arsitektur kuno ini dibangun oleh Sultan Hamengkubuwono I lho Moms, sekitar tahun 1773 Masehi.

Apalagi lokasinya yang berada di dalam kompleks keraton, membuat masjid ini strategis bagi Moms yang ingin sekalian pergi berwisata di sekitarnya.

Baca Juga: 5 Masjid Terindah di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia

5. Pacitan – Masjid Agung Darul Falah

wisata mudik

Foto: tjatatandaritimoer.wordpress.com

Jika Moms dan keluarga mudik melewati Kota Pacitan, di sini juga ada masjid agung di jalur mudik selatan yang bisa didatangi untuk beribadah. Namanya Masjid Agung Darul Falah yang sangat strategis karena berada di barat alun-alun Pacitan.

Arsitektur masjid khas Timur Tengah membuat masjid ini menjadi primadona untuk tempat beribadah, khususnya warga Pacitan.

Nah itu dia Moms, lima masjid agung di jalur mudik selatan yang nyaman dikunjungi untuk beribadah. Sebenarnya masih banyak masjid agung lain yang tidak bisa dibahas satu per satu di sini.

Apakah Moms pernah salat di masjid yang tidak disebutkan di atas? Share yuk Moms!

Artikel Terkait