RUPA-RUPA
31 Mei 2019

5 Masjid Agung di Jalur Pantura yang Nyaman Disinggahi untuk Beribadah

Jangan lupa berhenti dulu ya Moms untuk salat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Dina Vionetta

Seperti yang kita tahu, Masjid menjadi sarana beribadah bagi umat Islam. Masjid juga menjadi tempat yang nyaman untuk Iktikaf dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Saat pergi mudik dan ketika memasuki jam salat baik itu Dzuhur, Ashar, Maghrib, Isya, atau bahkan Subuh, kita juga harus berhenti sejenak menunda aktivitas seperti menyetir untuk menunaikan ibadah salat.

Nah, bagi Moms dan keluarga yang mudik lewat jalur pantura, ada masjid agung yang nyaman disinggahi untuk beribadah. Ini dia daftarnya:

1. Cirebon – Masjid Agung Sang Cipta Rasa

masjid pantura

Masjid Agung Sang Cipta Rasa atau juga dikenal dengan Masjid Agung Kasepuhan adalah salah satu masjid paling tua di Cirebon, karena dibangunnya sekitar tahun 1480 lho Moms.

Ada yang unik dan berbeda dari masjid agung di Cirebon ini, yaitu masih menjalankan tradisi azan tujuh. Di mana azan akan dikumandangkan oleh 7 muazin.

Lokasi Masjid Agung Sang Cipta Rasa terletak dekat dengan Alun-Alun Keraton Kasepuhan Cirebon yang biasanya saat bulan Ramadan tiba seperti ini selalu ramai dengan pengunjung yang datang.

Baca Juga: 5 Masjid Terindah di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia

2. Brebes – Masjid Agung Brebes

masjid pantura

Masjid Agung Brebes juga termasuk masjid yang umurnya tidak muda lho Moms, karena didirikan pada tahun 1836. Lokasinya berada persis di sebelah barat dari Alun-Alun Kota Brebes. Jadi, ketika menggunakan kendaraan pribadi, cukup mudah untuk mampir beribadah di sini.

Sudah tiga kali pemugaran Masjid Agung Brebes sampai berbentuk yang sekarang ini. Tetapi bentuk dari joglo dan kubang limasnya masih dipertahankan lho Moms.

Baca Juga: Kunjungi 7 Negara Ramah Wisatawan Muslim Ini, Banyak Makanan Halal

3. Tegal – Masjid Agung Kota Tegal

masjid pantura

Jika tidak sempat untuk berhenti solat di Kota Brebes, Moms dan keluarga bisa mampir di Masjid Agung Kota Tegal, mengingat jarak dari Brebes menuju Tegal tidak begitu jauh, sekitar 11 km.

Masjid Agung Kota Tegal dibangun antara tahun 1825 – 1830 saat Pangeran Diponegoro melawan penjajah Belanda, yang sekaligus menjadikan masjid ini menjadi saksi bisu peperangan tersebut.

Bangunan atap masjid ini pernah diperbaiki dan dirombak menjadi atap model tumpang seperti saat ini. Namun bagian belakang dari Masjid Agung Kota Tegal ini tidak dirombak sehingga masih akan terlihat gaya arsitektur kunonya.

Baca Juga: 5 Wisata di Jalur Pantura yang Ramah Anak

4. Pemalang – Masjid Agung Nurul Kalam

masjid pantura

Bagi Moms dan keluarga yang akan mudik yang melewati Kota Pemalang, sebaiknya mampir ke salah satu masjid agung di jalur pantura yang nyaman disinggahi untuk beribadah satu ini. Masjid Agung Nurul Kalam telah mendapatkan tender dan kabarnya setelah lebaran akan dibongkar.

Nah, mudik kali ini adalah kesempatan Moms dan keluarga untuk merasakan terakhir kalinya salat di masjid yang lama. Apalagi di bulan Ramadan banyak pedagang takjil di depan masjid lho Moms!

5. Semarang – Masjid Agung Jawa Tengah

masjid pantura

Saat sudah sampai di Kota Semarang, Masjid Agung Jawa Tengah menjadi masjid yang terbilang nyaman digunakan untuk beribadah. Masjid ini punya keunikan dari bentuk bangunannya yang bergaya arsitektur khas Eropa.

Area masjid yang luas membuat Moms dan keluarga bisa bersantai sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Itu dia 5 masjid agung di jalur pantura yang nyaman disinggahi untuk beribadah. Ada ada Moms yang pernah beribadah di salah satu masjid di atas? Bagaimana kesannya? Share boleh lho Moms.

(IRN)

Artikel Terkait