KEHAMILAN
12 Agustus 2019

5 Minuman Sehat untuk Membantu Program Hamil

Jus tanpa gula dan susu tinggi lemak baik untuk Moms yang sedang merencanakan kehamilan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla Octama

Perencanaan kehamilan perlu didukung oleh banyak faktor, salah satunya adalah konsumsi minuman yang baik untuk program hamil.

Dikutip dari parents.com, penelitian dalam studi Harvard School of Public Health terhadap hampir 19.000 wanita, ditemukan bahwa gangguan ovulasi lebih banyak terjadi pada wanita yang mengonsumsi lebih banyak lemak trans, karbohidrat, dan protein hewani.

Penawarnya adalah buah dan sayur.

Buah dan sayur serta makanan nabati lain lebih mudah dikonsumsi jika diolah menjadi jus. Sebaiknya jangan tambahkan gula, ya, Moms, karena bisa mengganggu keseimbangan hormon.

Zat gizi yang perlu Moms konsumsi secara cukup adalah protein, zat besi, zinc, serta vitamin C dan D.

Sebab, kekurangan nutrien tersebut memiliki kaitan dengan siklus menstruasi yang lebih panjang (dan ovulasi yang lebih jarang) serta tingginya risiko keguguran dini.

Untuk meningkatkan kesuburan, coba konsumsi minuman ini saat Moms melakukan program hamil:

1. Jus Avokad

1-jusavokad.jpg

Foto: Getty Images

Mengonsumsi avokad secukupnya selama siklus bayi tabung (IVF) meningkatkan angka kesuksesan hingga 3,5 kali lipat dibanding perempuan yang tidak memakan sumber lemak nabati yang baik selama periode tersebut.

Avokad mengandung lemak tunggal tak jenuh yang dapat mengurangi inflamasi di tubuh. Hasilnya, ovulasi jadi teratur dan kesuburan meningkat.

Baca juga : Mulai Hidup Sehat di 2019, Ganti Menu dengan 7 Makanan dan Minuman Ini

2. Jus Jeruk

2-jusjeruk.jpg

Foto: healthline.com

Jeruk adalah salah satu sumber asam folat yang baik. Asupan asam folat yang cukup dapat membantu mencegah cacat lahir di kepala dan tulang belakang bayi.

Ibu hamil perlu mengonsumsi 400 miligram asam folat setiap hari. Para ahli menyarankan Moms meningkatkan asupan asam folat tiga bulan sebelum melakukan program hamil.

3. Jus Semangka

3-jussemangka.jpg

Foto: tuktukfoodsindia.com

Menurut Alisa Vitti, penulis buku “WomanCode: Perfect Your Cycle, Amplify Your Fertility, Supercharge Your Sex Drive, and Become a Power Source”, semangka banyak mengandung glutathione yang penting untuk kualitas sel telur.

Jika punya, Moms bisa mengejus semangka bersama kale yang mengandung elemen penting untuk metabolisme estrogen atau goji berry yang mengandung fitokimia yang bagus untuk kesuburan.

4. Minuman dari Kacang-kacangan

4-minumandarikacangkacangan.jpg

Foto: Getty Images

Menurut sebuah penelitian, risiko gangguan ovulasi dapat dikurangi hingga setengahnya jika lima persen dari total asupan kalori Moms berasal dari protein nabati.

Nah, susu almond, susu kedelai, dan sari kacang hijau bisa meningkatkan kesuburan Moms.

Tak hanya itu, protein nabati juga mengandung lemak sehat, relatif rendah kalori, dan membantu penurunan berat badan. Ini baik untuk Moms yang sedang merencanakan kehamilan.

Baca juga : 4 Minuman Sehat untuk Anak

5. Olahan Susu Full Fat

5-olahansusu.jpg

Foto: verywellfit.com

Jika biasanya Moms meminum susu rendah lemak, sekarang gantilah dengan susu full fat.

Tingginya asupan olahan susu rendah lemak tampak meningkatkan risiko ketidaksuburan sel telur dibanding produk susu tinggi lemak.

Konsumsilah satu atau dua porsi olahan susu full fat dalam sehari, termasuk yoghurt. Sebab, mikroba probiotik bagus untuk kesehatan Si Kecil di masa depan.

Berdasarkan studi Massachusetts Institute of Technology terhadap tikus, betina yang memakan yoghurt melahirkan bayi-bayi tikus yang lebih besar dibanding betina yang mengonsumsi junk food.

Yoghurt juga meningkatkan kualitas air mani pada tikus jantan.

Semoga dengan meminum minuman-minuman sehat di atas saat melakukan program hamil, Moms bisa segera dikaruniai keturunan, ya. Tetap semangat, Moms!

(EMA/CAR)

Artikel Terkait