FASHION & BEAUTY
11 Juni 2019

5 Mitos Soal Kulit Wajah dan Tips Merawat Kulit Agar Selalu Sehat

Jangan sepelekan tabir surya, ya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh ade.ryani
Disunting oleh ade.ryani

Rutin melakukan ritual perawatan kulit wajah akan membuatnya jauh dari masalah. Namun, terkadang ada saja berbagai hambatan dalam membiasakan hal ini.

Ditambah lagi, terkadang kita mempercayai beberapa mitos soal kulit wajah yang ternyata salah. Akibatnya, tak jarang kita memperlakukan kulit wajah dengan cara yang kurang tepat.

Lalu apa saja mitos soal kulit wajah yang salah selama ini? Yuk, cek daftar berikut.

1. Kulit Asia Tahan Sinar Matahari

Mitos soal kulit wajah pertama adalah orang Indonesia lebih kuat terhadap paparan sinar matahari. Melanin pada kulit orang Indonesia (Asia) lebih banyak sehingga meningkatkan pertahanan kulit terhadap sinar matahari. Tapi, semua orang tetap butuh SPF yang menggambarkan perlindungan terhadap UVB.

Baca Juga: 8 Manfaat Sunblock bagi Kesehatan Kulit

2. Makin Tinggi SPF Makin Baik

Mitos soal kulit wajah lainnya adalah, bahwa semakin tinggi kandungan SPF dalam tabir surya, maka semakin baik dalam proteksi kulit.

Faktanya adalah kandungan SPF perlu disesuaikan dengan aktivitas yang kita lakukan (contoh: beraktivitas luar ruang atau dalam ruang, berjemur di bawah matahari, berenang, atau aktivitas lainnya).

3. Eksfoliasi Kulit Harus Sering Dilakukan

Katanya, semakin sering menggunakan exfoliating agent, semakin baik bagi kulit. Ini juga mitos soal kulit wajah yang salah sebab over-exfoliate akan menimbulkan iritasi karena barrier (lapisan) kulit menghilang.

Baca Juga : 6 Perawatan Kecantikan Saat Hamil yang Aman Untuk Janin

4. Bersih Itu Kulit Wajah Terasa Kesat

Bersih itu adalah jika kulit terasa kesat setelah membersihkan wajah.

Ini juga merupakan mitos soal kulit wajah yang salah sebab ini justru menandakan pembersih wajah yang digunakan kurang tepat karena telah mengikis kelembapan alami kulit. Setelah mencuci wajah, harusnya kulit terasa lembab dan tidak kering.

5. Kulit berminyak tidak butuh moisturizer atau pelembab

NMF (Natural Moisturizing Factor) pada manusia sudah berangsur-angsur berkurang sejak usia 20 tahunan, oleh karena itu kulit berminyak pun memerlukan pelembab untuk menjaga kelembaban.

Baca Juga : 5 Langkah Mudah Mengecilkan Pori-Pori di Wajah

Tips Merawat Kulit Agar Selalu Sehat

Lalu apa tips merawat kulit agar selalu sehat dan bersinar? Untuk itu, lakukan hal-hal berikut:

1. Menerapkan ritual pembersihan wajah

Penting sekali untuk membersihkan wajah (cleansing) setelah kelar menggunakan tabir surya beberapa kali sehari serta make-up.

2. Kulit perlu bernapas

Walaupun sepele, tetapi selelah apapun, salah satu tips merawat kulit wajah yang terpenting adalah kita harus giat membersihkan wajah dari make up sebelum kita bergegas tidur dengan menggunakan Make Up Remover.

Kulit wajah perlu bernapas agar mengembalikan kekenyalan.

3. Gunakan toner

Tidak hanya membersihkan residue seperti minyak dan sisa make up pada wajah, toner juga membantu merawat kulit wajah dengan cara menenangkan, memperbaiki, dan menghaluskan kulit dengan mengurangi tampilan bintik hitam, serta meminimalisir kemerahan dan perandangan.

Baca Juga : Mau Kulit Sehat dan Hasil Make Up Jadi Maksimal? Rawat Wajah dengan Cara Mudah Ini

4. Gunakan kombinasi body oil dan pelembab kulit (moisturizer) dalam ketika mandi

Salah satu tips merawat kulit wajah yang baik adalah, sebelum mandi, gunakan body oil (seperti argan oil, tea tree oil, rose oil, rose hip oil, dan sebagainya) untuk menghidrasi kulit serta melindungi kulit sebelum menikmati air panas.

Gunakan pelembab kulit (moisturizer) setelah mandi, lalu kemudian pakai lagi sekali sehari agar kulit terjaga kelembabannya.

5. Selalu menggunakan tabir surya

Area paling umum yang tidak mendapatkan tabir surya adalah area mata.

Hal ini terjadi karena banyak produk mengingatkan untuk berhati-hati jika mengaplikasikan di area mata. Hati-hati bukan berarti tidak sama sekali.

Area mata tidak boleh ketinggalan dalam pengaplikasian tabir surya.

(ARH)

Artikel Terkait