3-12 BULAN
22 Mei 2019

5 MPASI yang Baik Dikonsumsi Saat Bayi Diare

Utamakan makanan sehat rendah serat
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Melihat Si Kecil yang sedang diare sudah pasti membuat Moms sedih dan bingung. Terutama ketika harus memasak MPASI untuk buah hati. Kalau sampai salah pilih, bisa jadi diarenya justru semakin memburuk.

Tidak perlu bingung Moms, sebenarnya makanan terbaik untuk membantu bayi 6-12 bulan yang sedang diare cukup makanan yang mudah dicerna dan kaya kandungan nutrisi.

Nah, di bawah ini adalah beberapa jenis makanan yang bisa Moms gunakan dalam menyajikan MPASI saat bayi diare!

Baca Juga: Apa Obat untuk Mengatasi Diare Pada Bayi Usia 9 Bulan?

1. BRAT (pisang, nasi, saus apel, dan roti panggang)

5 MPASI yang Baik Dikonsumsi Saat Bayi Diare

Foto: dishfordiet.com

Dikutip dari Wholesome Babyfood, menurut para ahli gizi, makanan yang tercantum dalam diet BRAT, yakni pisang, nasi, saus apel, dan roti panggang adalah makanan yang akan membantu pengerasan tinja.

Sehingga sangat membantu mengatasi diarenya dengan lebih cepat. Selain itu, pisang dan nasi bisa sangat mudah dicerna oleh saluran pencernaan bayi.

Mulailah dengan memberikannya dua kali sehari dan amati reaksi tubuh bayi. Jika diarenya terlihat memburuk, jangan berikan lagi dan segera bawa ia ke dokter.

2. Sup Sayuran

5 MPASI yang Baik Dikonsumsi Saat Bayi Diare

Foto: parenting.firstcry.com

Beberapa jenis diare pada bayi hanya berkurang ketika infeksinya sudah mereda. Sehingga yang perlu Moms lakukan hingga saat itu adalah menjaga agar kebutuhan energi dan cairan Si Kecil selalu tercukupi.

Makanan yang baik saat bayi diare adalah sup atau puree sayuran sederhana. Sayuran yang direkomendasikan sebagai MPASI saat diare adalah wortel dan kacang buncis.

Baca Juga: Bayi Terkena Diare, Apakah Perlu Diobati Antibiotik?

3. MPASI Rendah Serat

5 MPASI yang Baik Dikonsumsi Saat Bayi Diare

Foto: workingmother.com

Makanan seperti mie atau pasta, white bread, keju cottage, buah-buahan kering kemasan kaleng, kacang hijau, pretzel, dan daging tanpa lemak seperti daging ayam, kalkun, atau sapi juga baik dimasak sebagai MPASI saat bayi diare.

Seperti yang telah diketahui, makanan rendah serat sangat bagus untuk membantu mengatasi diare karena lebih mudah dicerna dan bisa mengurangi kinerja saluran pencernaan yang sedang terinfeksi.

4. Yogurt

5 MPASI yang Baik Dikonsumsi Saat Bayi Diare

Foto: babycenter.com

Apakah pernah terpikir oleh Moms untuk memberikan yogurt pada bayi diare?

“Probiotik yang ditemukan dalam yogurt dapat membantu memulihkan bakteri baik di dalam saluran pencernaan,” kata Shaista Safder, M.D., ahli gastroenterologi pediatri di Arnold Palmer Hospital for Children di Orlando, seperti dikutip dari Parents.com.

Bukan hanya itu, bakteri baik di dalam yogurt juga terbukti efektif dalam mengurangi durasi dan keparahan diare.

Terlebih lagi yogurt juga memiliki konsistensi yang baik bagi bayi mulai usia 6 bulan yang baru mulai makan makanan pendamping ASI.

Baca Juga: 5 Tips untuk Mengatur Jadwal MPASI dan Menyusui Bayi

5. Kentang

5 MPASI yang Baik Dikonsumsi Saat Bayi Diare

Foto: thepioneerwoman.com

MPASI untuk bayi diare yang terakhir adalah makanan yang mengandung pati. Di mana jenis makanan ini berfungsi sebagai nutrisi yang baik bagi bayi yang kehilangan sebagian besar nutrisi selama diare.

Kentang tumbuk atau puree kentang terbukti dapat bekerja secara efektif dalam mengurangi gas lambung serta mengurangi diare pada bayi.

Jadi, MPASI manakah yang ingin Moms siapkan ketika bayi diare?

(RGW/INT)

Artikel Terkait