DI ATAS 5 TAHUN
11 Desember 2017

Dukung Perkembangan Otak Anak Dengan 5 Nutrisi Ini

Berikan lima macam zat gizi ini agar perkembangan otak anak optimal
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh fitria.rahmadianti
Disunting oleh fitria.rahmadianti
otak anak

Setiap orang tua tentu ingin putra dan putrinya tumbuh cerdas dan berbakat. Akan tetapi, ternyata rajin belajar atau ikut kursus saja tidak cukup untuk mempertajam otak Si Kecil. Ia juga butuh asupan nutrisi yang baik dan seimbang untuk perkembangan otak anak.

Lalu, apa saja, sih, nutrisi untuk otak yang diperlukan Si Kecil? Ini dia daftar zat gizi yang harus dipenuhi untuk memperkuat fungsi otak anak.

1. Asam Lemak Baik

asam lemak

Ada beberapa jenis lemak yang bisa ditemukan dalam berbagai sumber pangan. Misalnya, lemak baik dan lemak jahat. Lemak baik, yaitu lemak tak jenuh, dibutuhkan untuk membangun jaringan dan saraf otak.

Maka, tingkatkan asupan asam lemak baik buat anak, salah satunya lewat asam lemak omega-3. Moms bisa mendapatkan asam lemak omega-3 dari ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, serta sayuran hijau seperti bayam dan brokoli.

2. Protein

telur

Protein menghasilkan asam amino dalam tubuh. Asam ini berguna bagi pembentukan otak. Selain itu, protein juga melindungi otak dari gangguan atau kerusakan. Protein bisa didapatkan dari telur, daging ayam, daging sapi, makanan laut, kacang kedelai, dan yoghurt.

Namun, batasi konsumsi produk-produk makanan kemasan atau makanan cepat saji seperti sosis atau ayam goreng tepung.

3. Vitamin E

oatmeal

Jenis vitamin ini berperan penting untuk merawat kesehatan otak. Pasalnya, vitamin E bertanggung jawab menjaga fungsi sel-sel otak serta memperbaiki kalau ada sel yang rusak.

Vitamin E juga menjadi sumber antioksidan yang mampu mencegah kerusakan otak akibat radikal bebas. Sumber vitamin E antara lain kuaci, kacang tanah, jagung, dan oatmeal.

4. Karbohidrat

beras

Karbohidrat mengandung glukosa yang berguna menjalankan fungsi otak. Selain itu, zat gizi penting ini juga bisa menjaga kesehatan saraf-saraf dalam otak. Untuk itu, pastikan anak mendapat sumber karbohidrat yang cukup.

Sumbernya antara lain nasi putih, nasi merah, mi, pasta, roti, ubi, kentang, jagung, dan susu. Ingat, makanan untuk Si Kecil yang mengandung karbohidrat tidak perlu berlebihan porsinya.

5. Vitamin C

orange berry

Vitamin serbaguna satu ini punya fungsi meningkatkan daya ingat, mempertajam kemampuan berpikir, dan mencegah penyakit yang mungkin menyerang bagian otak. Vitamin C juga relatif mudah ditemukan dalam berbagai jenis makanan, terutama buah dan sayuran.

Tingkatkan asupan vitamin C anak lewat buah stroberi, jambu, tomat, dan jeruk. Moms juga bisa menyediakan vitamin ini lewat sayuran seperti brokoli, kembang kol, dan sawi.

Baca juga: Seberapa Penting Pemberian Vitamin pada Balita?

Tak hanya berbagai makanan di atas, ternyata berbagai sumber nutrisi yang diperlukan untuk perkembangan otak anak juga bisa Moms dapatkan di susu SGM Eksplor lho, Moms!

Tak hanya baik untuk perkembangan otak Si Kecil, SGM Eksplor juga baik untuk mendukung pertumbuhan anak dan memberikan energi yang dibutuhkan Si Kecil, apalagi dengan pilihan rasa cokelat, madu, maupun vanilla yang pasti Si Kecil suka!

(IA/CAR)

Foto: Shutterstock

Artikel Terkait