GAYA HIDUP
10 September 2019

5 Obat Ampuh untuk Mengatasi Kaki Pecah-pecah dan Kering

Kaki kering dan pecah-pecah masih bisa, lho, Moms untuk di-treatment di rumah. Pakai apa saja?
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Kaki pecah-pecah dan kering merupakan masalah kaki yang umum terjadi. Sebuah survei di Amerika Serikat bahkan menunjukkan bahwa 20 persen orang dewasa di negara tersebut mengalami kulit kaki pecah-pecah.

Masalah ini bukan hanya dapat terjadi pada orang dewasa, tapi juga bisa dialami oleh anak-anak. Jika dilihat dari gender, kaki pecah-pecah tampaknya lebih sering dialami perempuan daripada pria.

Bagi kebanyakan orang, masalah kulit kaki pecah-pecah tidaklah serius, hanya menyebabkan ketidaknyamanan saja saat harus bertelanjang kaki.

Namun dalam beberapa kasus, kulit kaki pecah-pecah dapat menjadi sangat dalam dan menyebabkan rasa sakit.

Jangan tunggu sampai parah baru diobati, ya, Moms. Jika saat ini Moms memngalami masalah kaki pecah-pecah dan kering, Moms dapat langsung melakukan perawatan di rumah.

Ada beberapa obat untuk kaki pecah-pecah dan kering yang bisa Moms gunakan. Berikut daftarnya.

1. Krim Kaki

obat kaki pecah-pecah dan kering - krim kaki.jpg

Ketika kulit pada kaki menjadi sangat kering hingga pecah-pecah, Moms membutuhkan kelembaban untuk mencegah rasa sakit, perdarahan, hingga infeksi.

"Anda harus menjaga kulit tetap lembab," kata Alan K. Mauser, DPM, Ahli Penyakit Kaki di Louisville.

Salah satu cara untuk melembabkannya adalah dengan mengaplikasikan krim kaki. Carilah krim kaki yang kaya pelembab atau bahkan terasa berminyak untuk dioleskan pada kaki pecah-pecah dan kering.

Moms dapat melakukannya segera setelah mandi untuk penyerapan terbaik.

Baca Juga: 9 Obat Alami untuk Gatal di Selangkangan

2. Petroleum Jelly

obat kaki pecah-pecah dan kering - petroleum jelly.jpg

Petroleum jelly menjadi salah satu cara untuk mengembalikan kelembapan pada kulit kaki pecah-pecah. Cobalah untuk melapisi kaki Moms dengan petroleum jelly di malam hari sebelum tidur, dan biarkan meresap semalaman saat Moms tidur.

3. Minyak Kelapa

obat kaki pecah-pecah dan kering - minyak kelapa.jpg

Minyak kelapa sering direkomendasikan untuk mengobati kulit kering, eksim, dan psoriasis. Minyak kelapa dapat membantu kulit Moms dalam mempertahankan kelembabannya.

Menggunakan minyak kelapa setelah kaki direndam dapat menjadi pilihan yang baik. Sifat anti-inflamasi dan antimikroba dari minyak kelapa bisa mengatasi kulit kaki pecah-pecah yang rentan terhadap perdarahan atau infeksi.

4. Madu

obat kaki pecah-pecah dan kering - madu.jpg

Madu dapat bekerja sebagai obat alami untuk kulit kaki pecah-pecah. Madu juga diketahui memiliki sifat antimikroba dan antibakteri yang dapat membantu menyembuhkan dan membersihkan luka, serta melembabkan kulit.

Moms bisa menggunakan madu sebagai scrub kaki setelah berendam atau mengoleskannya sebagai masker kaki semalaman.

Baca Juga: Ssstt... Ternyata, Ini 5 Manfaat Madu untuk Anak

5. Shea Butter

obat kaki pecah-pecah dan kering - shea butter.jpg

Shea butter merupakan bahan alami yang memiliki sifat pelembab dan penyembuhan. Shea butter kaya akan vitamin A dan E serta lemak yang menjadikannya agen pelembab kulit yang sangat baik.

Minyak yang terkandung dalam shea butter cepat diserap ke dalam kulit kaki. Penelitian pun telah membuktikan bahwa shea butter memiliki sifat antiinflamasi, mengurangi kemerahan pada kaki pecah-pecah dan kering.

Baca Juga: 7 Bahan Alami untuk Menghilangkan Kantung Mata

Kulit kaki pecah-pecah dapat menimbulkan masalah kaki yang serius. "Celah atau kulit pecah akan berisiko terinfeksi, dan Anda perlu mengobatinya dengan antibiotik topikal. Kadang-kadang, kita bisa menggunakan 'lem medis; untuk menutupi pecahan pada kulit kaki tersebut." ujar Alan Mauser, DPM.

Untuk mencegah infeksi, beberapa kasus pada kulit kaki pecah-pecah dan kering mungkin perlu ditangani khusus oleh ahli penyakit kaki.

Karena itu, sebelum masalah kaki pecah-pecah dan kering Moms menjadi lebih berat, lakukan treatment di rumah dari sekarang, yuk, Moms!

(DI/ERN)

Artikel Terkait