2-3 TAHUN
4 Maret 2020

Gigi Berlubang pada Anak, Atasi Nyeri dengan 5 Obat Sakit Gigi Alami Ini

Anak-anak rawan terkena gigi berlubang
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Orang tua sering beranggapan bahwa anak-anak mendapatkan gigi berlubang karena mereka malas menyikat dan membersihkn gigi. Hal tersebut memang benar adanya.

Kerusakan gigi yang juga dikenal dengan sebutan karies gigi disebabkan oleh kuman yang dengan mudah menyebar dan dapat bertahan seumur hidup.

Karies gigi lebih sering terjadi pada anak-anak dibanding penyakit kronis lain, seperti asma dan diabetes.

Menurut The National Institute of Dental and Craniofacial Research sekitar 42% anak-anak usia 2-11 tahun memiliki karies gigi yang memengaruhi gigi primer.

Penyebab Gigi Berlubang Pada Anak

Obat sakit gigi anak gigi berlubang - penyebab gigi berlubang.png

“Bakteri akan menghasilkan asam yang menggerogoti struktur gigi dengan menipiskan kalsium,” ujar Burton Edelstein, DDS, DirekturThe Childrens Dental Health Project.

Bakteri juga membuat plak kekuningan yang menumpuk pada gigi. Setelah area tanpa kalsium menjadi cukup besar, permukaan gigi pun lama-lama akan rontok dan hal itu menyebabkan munculnya rongga gigi berlubang.

Bayi sebenarnya dilahirkan tanpa bakeri berbahaya di mulutnya. Dan penelitian telah membuktikan bahwa orang tua biasanya yang menginfeksi anak-anak mereka sebelum usia 2 tahun.

Hal itu dapat terjadi karena Moms atau Dads memindahkan air liur ke mulut Si Kecil dengan berulang kali makan menggunakan sendok yang sama atau Si Kecil menggosok gigi menggunakan sikat gigi yang Moms dan Dads pakai.

Jika Moms dan Dads memiliki gigi berlubang, kemungkinan besar akan menyebarkan kuman tersebut dan membuat Si Keil besar kemungkinan nantinya akan memiliki gigi berlubang.

Baca Juga: Ini 6 Tanda Si Kecil Sudah Siap Mulai MPASI Pertama!

Obat Sakit Gigi Alami untuk Anak

Gigi berlubang dapat membuat Si kecil jadi tida nyaman dan mengeluh kesakitan.

Jika hal tersebut terjadi, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter gigi anak yang biasanya akan segera menambal lubangnya.

Namun untuk meredakan rasa sakitnya, Moms dapat merawatnya dengan obat sakit gigi alami di bawah ini:

1. Kumur dengan Air Garam

Obat sakit gigi anak gigi berlubang - kumur air garam.jpg

Garam dapat digunakan sebagai obat sakit gigi alami karena sifat antiseptik dan antibakterinya.

Garam mengurangi peradangan, meringankan rasa sakit, menghilangkan infeksi, dan mencegah pertumbuhan bakteri di mulut.

2. Bawang Putih

Obat sakit gigi anak gigi berlubang - bawang putih.jpg

Karena sifat antimikrobanya, bawang putih telah digunakan sejak lama untuk pengobatan tradisional, termasuk menjadi obat sakit gigi alami.

Sebuah penelitian pada tahun 2013 mendukung aktivitas antimikroba dari ekstrak bawang putih terhadap mikroba patogen yang menyebabkan pembentukan plak pada gigi.

Baca Juga: Dads, Ini 5 Manfaat Bawang Putih untuk Kesuburan Pria yang Perlu Diketahui

3. Kunyit

Obat sakit gigi anak gigi berlubang - kunyit.jpg

Bukan hanya sebagai pewarna makanan, kunyit ternyata juga ampuh meredakan nyeri akibat gigi berlubang.

Kunyit memiliki sifat anti-inflamai dan antibakteri yang membantu menjaga kesehatan gusi dan mencegah kerusakan gigi karena infeksi bakteri.

Oleskan bubuk kunyit pada gigi yang sakit. Diamkan selama beberapa menit kemudian kumur dengan air hangat.

4. Cengkeh

Obat sakit gigi anak gigi berlubang - cengkeh.jpg

Sifat antiradang, antibakteri, dan analgesik juga dimiliki cengkeh. Selain sebagai obat sakit gigi alami, cengkeh juga dapat mencegah penyebaran gigi berlubang.

Untuk dijadikan obat pada sakit gigi berlubang, Moms bisa melarutkan 2-3 tetes minyak cengkeh ke ¼ sendok teh minyak biji wijen.

Larutkan pada kapas dan letakkan kapas di tempat gigi berlubang. Berikan pada Si Kecil pada malam hari sebelum ia tidur.

5. Kompres Es

Obat sakit gigi anak gigi berlubang - kompres es.jpg

Cara paling mudah untuk meredakan sakit gigi adalah mengkompresnya dengan es. Tempelkan es di pipi atau langsung pada gigi yang sakit. Rasa dinginnya akan meredakan nyeri pada gigi.

Baca Juga: 7 Penyebab Anak Susah Tidur di Malam Hari

Itu dia beberapa obat sakit gigi alami untuk anak. Moms dapat melakukannya di rumah sebelum membawanya ke dokter gigi. Moms dan Dads perlu memantau apakah Si Kecil nyaman dengan cara pengobatan alami tersebut atau tidak.

(DI/ERW)

Artikel Terkait