RESEP
10 Mei 2019

5 Olahan Buah untuk Berbuka Puasa, Lezat!

Setelah puasa seharian, berbagai olahan buah yang dingin pasti nikmat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline
Disunting oleh Orami

Salah satu hal yang paling menggembirakan dan paling ditunggu-tunggu ketika bulan puasa tiba adalah berbagai makanan pembuka puasa yang nikmati di santap.

Apalagi dilengkapi dengan minuman dingin yang enak disantap seharian setelah menahan haus dan lapar.

Salah satu makanan yang hampir selalu dicari orang-orang ketika berbuka puasa adalah makanan yang terbuat dari buah-buahan karena rasanya yang segar.

Nah, karena bulan puasa sudah semakin dekat, yuk kita cari tahu Moms, makanan dengan olahan buah yang bisa dijadikan sebagai menu untuk buka puasa. Dicatat ya!

Baca Juga: Nikmatnya Es Kelapa Kopyor untuk Takjil Buka Puasa

1. Es Buah

shutterstock_180617312.jpg

Es buah adalah salah satu minuman yang selalu digandrungi orang saat berbuka puasa. Minuman ini terbuat dari campuran buah-buahan yang ditambah dengan susu serta sirup, sehingga menghasilkan rasa manis yang segar.

Namun untuk penderita diabetes, makanan ini tidak dianjurkan karena mengandung susu, sirup, dan gula yang membuatnya mengandung tingkat gula yang tinggi.

2. Jus dengan Campuran Jeruk, Mangga, dan Nanas

es4.jpg

Jika mencari minuman yang lebih sehat dibandingkan dengan jus buah, Moms bisa mencoba jus dari buah-buahan berwarna kuning.

Selain nikmat, minuman ini juga kaya akan antioksidan serta vitamin C yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh.

Cara pembuatannya cukup mudah, kupas buah jeruk, mangga, dan nanas, lalu blender semuanya menjadi satu hingga halus.

Agar lebih nikmat, tambahkan sedikit madu dan susu rendah lemak. Minuman ini bisa diminum dengan atau tanpa es batu. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Salad Buah Saus Yoghurt

3. Es Kopyor

shutterstock_793706806.jpg

Es kopyor juga termasuk salah satu minuman yang banyak digemari saat berbuka puasa. Es ini terbuat dari daging kelapa kopyor, lalu dicampur dengan air, dan sirup coco pandan.

Jangan lupa untuk menambahkan es batu agar lebih terasa segar dan nikmati. Klik di sini untuk cek resep es kelapa kopyor!

4. Es Kolak Pisang

shutterstock_1349073767.jpg

Makanan satu ini memang menjadi makanan khas dan favorit yang akan selalu ditemukan di bulan Ramadan.

Terbuat dari potongan buah pisang, kolang-kaling, dan ubi kuning yang dimasak dengan campuran kuah santan dan gula merah, minuman ini menghasilkan gurih dan manis.

Menu buka puasa ini cocok dihidangkan secara dingin maupun hangat lho! Moms lebih suka yang mana?

Baca Juga: Manfaat Makan Buah Kiwi Secara Rutin untuk Kesehatan Tubuh

5. Es Buah Selasih

shutterstock_570825781.jpg

Jika bosan dengen es buah biasa, ganti menu dengan es buah selasih. Selain menyegarkan, biji selasih juga dipercaya mampu meredakan panas dalam, mencegah sembelit, serta meredakan batuk.

Selain itu minuman yang memiliki kandungan gula normal ini juga dapat mengembalikan energi bagi tubuh, setelah seharian penuh berpuasa.

Cara pembuatannya sangat mudah. Rendam terlebih dahulu biji selasih dalam air hangat hingga mengembang, lalu masukkan dalam campuran air dan sirup.

Moms bisa memilih sirup melon atau coco pandan. Untuk buahnya, kita dapat menambahkan buah melon dan nata de coco agar lebih enak.

Hmm, jadi lapar ya Moms. Menu-menu dengan olahan buah di atas bisa Moms coba sebagai hidangan buka puasa di rumah. Dijamin anak dan suami dan ketagihan Selamat mencoba!

(AWD/INT)

Artikel Terkait