GAYA HIDUP
6 September 2020

9 Olahraga Kardio yang Mudah Dilakukan di Rumah

Berbagai olahraga ini tidak memerlukan banyak peralatan untuk digunakan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms dan keluarga penyuka olahraga? Mungkin bisa mencoba beberapa olahraga kardio yang mudah untuk dilakukan di rumah ini.

Olahraga kardio ini memiliki manfaat yang lebih dari sekedar penurunan berat badan. Olahraga ini bisa membantu memompa jantung dan memindahkan darah, sehingga jantung dan paru-paru lebih kuat serta peningkatan kepadatan tulang.

Berdasarkan sebuah jurnal di the Journal of Clinical Investigation Insight, menunjukkan bahwa mereka yang bersepeda mengalami peningkatan signifikan dalam produksi hormon FGF21, yang menawarkan banyak efek positif pada metabolisme seseorang, proses di mana tubuh kita mengubah makanan menjadi energi.

Melakukan olahraga kardio yang mudah dilakukan di rumah adalah pilihan yang menarik, karena menawarkan kenyamanan serta lebih menghemat uang dan waktu. Bahkan dengan sedikit kreativitas, kita sudah bisa melakukan olahraga kardio yang efektif untuk mengencangkan otot dan membakar kalori.

Jenis Olahraga Kardio yang Mudah Dilakukan

Di bawah ini ada beberapa olahraga kardio yang bisa Moms ikuti. Yuk dicoba, Moms.

1. Lompat Tali

olahraga kardio

Jenis olahraga kardio yang mudah dilakukan dan dapat membakar sekitar 220 kalori dalam 20 menit. Kita juga tidak perlu mengeluarkan banyak uang, serta tidak memerlukan keahlian khusus, dan dapat dilakukan di mana pun serta kapan pun.

Moms hanya perlu menyiapkan tali untuk melakukan lompat tali. Ingat jangan melompat terlalu tinggi, cobalah untuk melalui talinya saja.

Baca Juga: Ini 5 Akibat Buruk Jika Malas Berolahraga

2. Jogging

olahraga kardio

Jogging sangat mudah untuk dilakukan, sederhana, dan bisa dilakukan di mana saja. Jenis olahraga kardio yang mudah dilakukan satu ini bisa meningkatkan detak jantung, dan merupakan cara yang bagus untuk melakukan pemanasan olahraga yang lebih intens.

Baca Juga: Selain Kurus, 3 Efek Baik Ini Kita Dapatkan Jika Rutin Olahraga

3. Burpee

olahraga kardio

Burpee merupakan olahraga seluruh tubuh yang intens serta dapat membakar banyak kalori. Burpee termasuk jenis olahraga kardio yang baik karena dapat membakar 100 atau lebih kalori hanya dalam waktu 10 menit.

Burpee bisa dilakukan dengan squat di lantai, melompat dari kaki lalu posisi plank, lompak ke depan dan ke belakang, serta berdiri duduk. Siapkan sepasang sepatu, Moms pun siap untuk berolahraga.

Baca Juga: Ini 4 Jenis Olahraga yang Tidak Disarankan untuk Penderita Penyakit Jantung

4. Squat Jump

olahraga kardio

Olahraga kardio yang mudah dilakukan satu ini berfungsi untuk melatih kekuatan otot, terutama kaki. Squat dilakukan dengan posisi awal tubuh berdiri dan kaki dibuka sedikit lebar. Lalu, tangan diletakkan di belakang kepala, sedikit melompat dengan mendarat pada posisi setengah jongkok, hingga lutut menekuk.

Olahraga ini membutuhkan persendian yang kuat dan hati yang kuat. Dengan latihan apa pun, mendaratlah dengan lembut untuk melindungi persendian.

Baca Juga: Hati-hati! Ini 3 Risiko Jika Ibu Hamil Tidak Berolahraga

5. Kickboxing

olahraga kardio

Olahraga ini meliputi memukul, menendang, dan berbagai kegiatan semacamnya. Kickboxing dapat membakar lebih dari 100 kalori dalam 10 menit pada intensitas yang tepat, juga tidak memerlukan peralatan.

6. Jumping Jacks

Latihan kardio lainya adalah jumping jacks. Jenis kardio ini bisa dengan mudah Moms lakukan di rumah yang mungkin membawa kita kembali ke masa kecil.

Mirip dengan burpees, melakukan jumping jack selama 10 menit berturut-turut dapat membakar sekitar 100 kalori. Moms juga dapat dengan mudah mengintegrasikan jumping jack ke dalam beberapa latihan lain, seperti burpe, lompat tali, dan lompat jongkok. Tanpa peralatan yang diperlukan, kita dapat melakukan jumping jack di mana saja kapan saja.

7. Menari

Ingin bersenang-senang dengan latihan kardio Moms di rumah? Moms bisa langsung nyalakan musik dan lakukan tarian. Apa pun yang membuat jantung kita terpompa akan melatih sistem kardiovaskular tubuh, dan gerakan tarian tertentu juga membantu membangun otot.

Pastikan untuk memiliki legging olahraga yang nyaman agar mudah bergerak. Jika Moms menginginkan pelajaran yang lebih terstruktur, bisa melihat beberapa contoh latihan di YouTube ya.

8. Manfaatkan Tangga

Latihan kardio yang bisa dengan mudah dilakukan di rumah adalah berlari menggunakan anak tangga, selama Moms memiliki beberapa anak tangga di rumah atau di dekat rumah.

Latihan dengan menggunakan tangga akan membantu kita membangun kekuatan dan tenaga di tubuh bagian bawah serta memompa detak jantung. Tantang diri kita dengan interval mini dengan bergantian antara lari di tangga biasa dan lari ke samping untuk membakar lebih banyak kalori setelah berolahraga.

Pastikan Moms memiliki sepatu olahraga yang mendukung sehingga dapat melakukan beberapa latihan tangga jika dengan nyaman.

9. Jogging di Tempat

Moms tidak perlu pergi ke luar atau menggunakan treadmill untuk mendapatkan manfaat dari lari, sekadar jogging di rumah juga bisa memberikan banyak manfaat yang sama. Tentu saja, Moms mungkin merasa bosan untuk berlari di tempat dalam waktu yang lama.

Itulah sebabnya kebanyakan orang menggabungkan joging di tempat dengan latihan lain, seperti burpe, lompat tali, atau latihan kekuatan untuk latihan yang lengkap.

Untuk program latihan yang sangat baik, sertakan beberapa putaran dari beberapa latihan di atas untuk sesi 20 - 30 menit yang juga akan membakar lemak dan membentuk otot.

Itu dia Moms beberapa jenis olahraga kardio yang mudah dilakukan bahkan di rumah, ingin coba Moms?

Artikel Terkait