DI ATAS 5 TAHUN
23 Agustus 2019

5 Olahraga untuk Anak TK yang Sederhana dan Mudah Dilakukan

Olahraga bergelantungan dapat melatih kekuatan genggaman otot tangan dan jari Si Kecil
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Carla Octama

Olahraga lebih dari sekadar kegiatan yang dilakukan untuk menurunkan berat badan, atau membuat tubuh menjadi lebih bugar.

Bagi anak-anak, manfaat berolahraga termasuk melatih otot dan keseimbangan tubuh, membuat anak tetap fokus, juga mendukung proses tumbuh kembangnya.

Karenanya, ada baiknya sejak usia TK anak-anak perlu diajarkan pentingnya bergerak. Salah satu caranya yaitu dengan olahraga.

Moms perlu mencari tahu olahraga apa yang cocok dan sesuai dengan usia Si Kecil. Karena tentu saja, olahraga untuk anak usia balita tidak cocok dilakukan anak usia sekolah dasar.

Jenis Olahraga yang Cocok untuk Anak TK

Mengutip She Knows, balita dan anak-anak prasekolah (2-5 tahun) mungkin mulai memahami banyak gerakan dasar, tetapi masih terlalu muda untuk melakukan olahraga terstruktur (bermain sepakbola, bulu tangkis, dan sebagainya).

Pada usia ini, Moms bisa mengajak Si Kecil melakukan permainan bebas yang tidak terstruktur. Hal ini misalnya berlari, menari, melakukan gerakan melempar, menangkap, dan berenang.

Namun, jika Si Kecil menunjukkan keinginan untuk mencoba olahraga terstruktur, silahkan dilakukan, tetapi pastikan lingkungannya cocok untuk anak.

Beberapa kegiatan olahraga ini bisa membuat Si Kecil produktif dan aktif, yang tentu saja memberikan manfaat bagi tahapan tumbuh kembangnya.

Baca Juga: 5 Manfaat Olahraga Gymnastic Untuk Balita

1. Berlari dan Berjalan

olahraga tk-1

Olahraga pertama yang bagus untuk anak-anak adalah berlari dan berjalan. Ini merupakan aktivitas umum yang bisa dilakukan kapan dan di mana saja.

Moms bisa mengajak Si Kecil berlari dan berjalan di pagi hari saat udara masih segar, berkeliling komplek atau sekadar ke taman umum dekat rumah.

2. Melompat-lompat

olahraga tk-2

Selain berlari dan berjalan, melakukan gerakan melompat-lompat juga gerakan sederhana yang bisa dilakukan anak.

Dengan melakukan gerakan melompat, Si Kecil bisa menguatkan otot dan persendiannya.

Misalnya dengan mengajak anak mengambil benda yang diletakkan lebih dari tinggi badannya. Ini akan membuat Si Kecil berusaha untuk mencoba mengambil dengan melompat.

Cara lain, Moms bisa mengajak anak bermain lompat tali agar lebih menyenangkan.

Baca Juga: Manfaat Berenang untuk Membentuk Kepribadian Anak

3. Berenang

berenang

Kebanyakan anak suka bermain air, dan jika Si Kecil salah satunya, Moms bisa mengajak anak untuk berenang di anak usia dini.

Selain itu, olahraga berenang juga dapat melatih pernapasan, mengatur stamina anak, dan melatih kerja otot tubuhnya.

4. Bersepeda

sepeda2.jpg

Jika Si Kecil memiliki sepeda sendiri, kegiatan bersepeda juga menjadi kegiatan olahraga sederhana yang menarik dan menyenangkan baginya.

Beberapa manfaat yang didapatkan dari olahraga bersepeda adalah melatih kekuatan kaki, melatih keseimbangan tubuh, dan juga membuat jantung dan tubuh tetap bugar.

Baca Juga: 4 Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan Anak

5. Bergelantungan

olahraga tk-3

Biasanya di taman umum terdapat tiang gelantungan yang diperuntukkan bagi anak-anak. Ini adalah cara yang bagus untuk melatih kekuatan genggaman otot telapak tangan dan jarinya.

Pastikan untuk mengawasi Si Kecil ketika bermain gelantungan supaya ia bisa berhati-hati dan tidak terjatuh ya, Moms.

Artikel Terkait