GAYA HIDUP
23 Juni 2019

5 Oleh-oleh Khas Medan yang Wajib Dibeli

Di kota ini banyak buah tangan makanan lezat!
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh Carla Octama

Moms tahun ini ada renacana ke Medan, atau ada rencana berkunjung ke sana suatu hari nanti?

Kalau iya, jangan lupa beli oleh-oleh khas Medan. Kota ini memiliki macam-macam penganan dan minuman khas yang terkenal kenikmatannya. Inilah lima di antaranya:

1. Bika Ambon

1-bikaambon.jpg

Foto: ytimg.com

Namanya saja Ambon, padahal kue ini berasal dari Medan. Dinamai demikian karena bika Ambon pertama kali dijual di simpang Jalan Ambon-Sei Kera, Medan.

Bika Ambon konon terinspirasi dari kue Melayu, bingka, lalu dimodifikasi dengan menambahkan nira sehingga memiliki rongga-rongga.

Kue ini enak dimakan dalam empat hari. Lebih dari itu, bika Ambon akan mengeras.

Moms bisa menemukan banyak toko yang menjual bika Ambon di Jalan Mojopahit, daerah Medan Petisah.

Salah satu yang paling terkenal adalah Bika Ambon Zulaikha. Bika Ambon rasa original, keju, moka, pandan, dan pandan keju dapat dibeli dengan harga Rp 35.000-85.000.

2. Bolu Meranti

2-bolumeranti.jpg

Foto: qraved.co

Bolu gulung ini menjadi oleh-oleh populer di Medan. Ada bolu gulung standar dengan rasa kacang, keju, moka, nanas, blueberry, capuccinno, dan strawberry, serta bolu spesial rasa abon ayam dan dobel cokelat.

Kalau Moms tipe yang suka mencoba beragam rasa, Moms bisa membeli bolu gulung mini 3 in 1 dengan rasa keju, blueberry, dan cokelat dalam satu kotak.

Di sini juga tersedia bolu gulung dengan tambahan topping keju, cokelat, atau kacang. Berbagai varian bolu gulung tadi bisa Moms dapatkan dengan harga Rp 65.000-100.000 per kotak.

Baca Juga : 5 Makanan Khas Natal Berbagai Daerah di Indonesia yang Tak Boleh Terlewatkan

3. Medan Napoleon

3-medannapoleon.png

Foto: traveloka.com

Inilah produk oleh-oleh relatif baru di Medan yang sudah mencuri perhatian.

Kue ini memadukan Napoleon cake asal Prancis yang terdiri dari tiga lapis pastry renyah dengan krim di antaranya, lalu digulung dengan bolu lembut di luarnya.

Selebriti Indonesia sebagai pemilik brand ini, Irwansyah, menghadirkan banyak rasa Medan Napoleon. Ada red velvet, nougat, green tea, tiramisu, durian, cokelat, karamel, cheese, dan extracheese. Moms bisa menikmatinya dengan membayar Rp 67.000-77.000 per kotak.

4. Pancake Durian

4-pancakedurian.jpg

Foto: kampungdurian.com

Durian Medan sudah terkenal kenikmatannya di mana-mana. Tapi, tak mudah membawa buah durian sebagai oleh-oleh karena baunya yang menusuk. Sebagai alternatif yang tak kalah lezat, Moms bisa membeli pancake durian.

Pancake durian berbeda dengan pancake konvensional. Dessert ini berupa daging durian yang dilumatkan bersama whipped cream lalu dibungkus kulit dadar tipis.

Pancake durian relatif aman dibawa sebagai oleh-oleh karena baunya tak terlalu menyengat, tapi hanya tahan delapan jam di luar kulkas.

Salah satu toko yang pancake duriannya terkenal adalah Durian House di Jalan Sekip, Medan Petisah. Harganya sekitar Rp 75.000-80.000 per kotak.

Baca Juga : 5 Makanan Khas Jepara, Kota Kelahiran RA Kartini

5. Sirop Markisa

5-siropmarkisa.jpg

Foto: bukalapak.com

Buah markisa merupakan produk unggulan daerah Berastagi, Karo, Sumatera Utara. Di Medan, buah ini banyak tersedia dalam bentuk sirop dengan warna oranye dan rasa asam manis.

Salah satu merek sirop markisa legendaris di Medan adalah Markisa Ny. Lim dan Noerlen. Ada pula merek Pohon Pinang dan Sarang Tawon yang sudah didistribusikan ke berbagai daerah di Indonesia.

(EMA)

Artikel Terkait