ORAMI MAGAZINE
8 September 2019

5 Pembersih Pakaian Ini Harus Moms Miliki di Rumah

Simpan semuanya di tempat persediaan Anda ya Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla Octama

Jika Moms memiliki jajaran perawatan tubuh dari mulai ujung rambut hingga ujung kaki, kini tidak ada salahnya untuk melengkapi produk pembersih pakaian. Karena, tubuh yang indah pun harus memiliki pakaian yang menawan. Setuju?

Cek lemari persediaan di rumah, apakah Moms hanya memiliki deterjen dan pewangi pakaian sebagai produk pembersih? Ternyata itu tidak cukup lho.

Carolyn Forte, direktur peralatan rumah tangga dan produk pembersih dari Good Housekeeping Institute sebagaimana dikutip dari goodhousekeeping.com mengatakan, terlalu banyak menggunakan produk pembersih juga bukan pilihan yang bijak.

Baca Juga: Bagaimana Memilih Deterjen Tepat Untuk Baju Bayi?

"Menggunakan terlalu banyak deterjen juga tidak lebih baik. Dia dapat meninggalkan residu di pakaianmu dan malah menjadi noda baru. Pertimbangkan seberapa banyak pakaian yang akan dicuci dan berapa berat kotorannya, lalu ikuti aturan pakai dalam kemasan,” ujarnya.

Mengenal dan memiliki produk pembersih pakaian akan layak untuk Moms coba.

1. Deterjen

Jajaran Produk Pembersih Pakaian Ini Harus Moms Miliki -1.jpg

Pict: Allure.com

Ketika Moms berbelanja detergen di supermarket, di sana tersedia beragam merk yang menawarkan produk pembersih pakaian.

Beberapa mengklaim sangat diperlukan untuk kain dan jenis pakaian tertentu. Tugas Moms adalah untuk menyeleksinya.

Deterjen saat ini ditawarkan dalam format cair atau bubuk, baik dalam kemasan besar atau sachet. Semuanya membersihkan pakaian dengan baik.

Namun, deterjen cair sangat berpengaruh pada noda berminyak dan dapat dengan mudah digunakan saat terkena noda. Deterjen bubuk biasanya lebih murah untuk digunakan saat memiliki pakaian kotor yang banyak.

Hampir semua merk sekarang diformulasikan untuk digunakan pada semua jenis mesin cuci.

Apakah Moms memutuskan deterjen cair atau bubuk, ingatlah bahwa harga tidak selalu berbanding lurus dengan kualitas.

Kuncinya adalah melihat daftar bahan pada label produk. Bahan-bahan yang lebih aktif tercantum dalam formula, seperti enzim yang memecah noda dan surfaktan yang mengangkat kotoran dari kain, akan semakin baik kinerja deterjen.

2. Oxygen Bleach

Jajaran Produk Pembersih Pakaian Ini Harus Moms Miliki -2.jpg

Pict: Cleanmyspace.com

Oxygen bleach atau semua bahan pemutih bekerja lebih baik secara perlahan dan lembut daripada pemutih klorin dan mengandung natrium perborate atau sodium precarbonate.

Aman untuk digunakan pada semua kain yang bisa dicuci dan untuk semua warna. Dia juga dapat digunakan dalam air bersuhu apa pun.

Ketika pemutih ini digunakan dalam pencucian, bahan kimia teroksidasi untuk membantu menghilangkan kotoran dan bahan organik dan juga ikut mencerahkan kain.

Biarkan pakaian Moms direndam Oxygen bleach selama setidaknya satu jam dan hingga delapan jam.

Namun, bahan ini tidak berfungsi mensterilkan pakaian dari virus dan bakteri.

Baca Juga: 4 Bahan Baju ini Berpotensi Membuat Bau Badan

3. Desinfektan

Jajaran Produk Pembersih Pakaian Ini Harus Moms Miliki -3.jpeg

Pict: Hgtv.com

Ada saat-saat dimana salah satu anggota keluarga memiliki penyakit yang akan menginfeksi, maka cucian perlu didesinfeksi.Ini dapat dilakukan dengan menambahkan pemutih klorin, disinfektan minyak pinus, desinfektan fenolik, atau disinfektan kuaterner ke dalam cucian.

Selain desinfektan, ketika pemutih klorin digunakan dalam mencuci pakaian, bahan kimianya akan mengoksidasi dan akan membantu menghilangkan kotoran dan bahan organik.

Pemutih klorin umumnya akan memutihkan kain bekas kotoran yang hilang. Oleh karena itu, Moms harus jeli saat menggunakan pemutih klorin. Satu liga, dia juga akan mempercepat kerusakan pakaian.

4. Baking Soda

Jajaran Produk Pembersih Pakaian Ini Harus Moms Miliki -4.jpg

Pict: Groomedhome.com

Bau dan kotoran dalam cucian biasanya dapat dihilangkan ole detergent biasa. Namun pada jenis air tertentu, deterjen membutuhkan teaga lebih untuk bekerja lebih efektif.

Baking soda akan membantu mengatur tingkat pH dalam air pencuci dengan menjaganya agar tidak terlalu asam atau basa.

Dengan menambahkan 1/2 cangkir soda kue ke setiap beban cucian, deterjen dapat bekerja lebih efektif untuk mengurangi bakteri dan membersihkan kotoran.

Sebagai mineral alami, baking soda juga membantu menyerap bau dari kain.

Menambahkan satu cangkir baking soda ke dalam bak air dan membiarkan pakaian yang bau meresap dalam semalam dapat menghilangkan bau dan kurang keras pada lingkungan daripada produk sintetis.

Baca Juga: 6 Manfaat Cuka untuk Membersihkan Peralatan Rumah Tangga

5. Cuka Putih

Jajaran Produk Pembersih Pakaian Ini Harus Moms Miliki -5.jpg

Pict: Speedqueen.com

Produk pembersih pakaian lainnya adalah cuka putih. Dia memiliki banyak kegunaan, seperti melembutkan pakaian, juga menghilangkan bau dan noda. Bahka, dia bisa juga berfungsi sebagai pemutih dan pencerah pakaian.

Menambahkan 1/2 hingga 1 cangkir cuka putih, akan sangat berguna seperti pelembut pakaian komersial di luar sana. Dia akan membuat pakaian Anda lembut dan berbau segar dengan menghilangkan sisa deterjen dan kotoran dari pakaian.

"Semakin cepat Anda mengilangkan noda di pakaian, semakin mudah noda tersebut Anda bersihkan," tambah Carolyn.

Bagaimana, sudah melengkapi produk pembersih pakaian di rumah Anda, Moms? Pakaian yang bersih dan harum juga akan membuat Moms dan Si Kecil tampil sempurna.

(FAR)

Artikel Terkait