NEWBORN
9 Maret 2019

5 Pengganti Gula Untuk MPASI Bayi yang Aman dan Tetap Enak

ASI juga bisa jadi pengganti gula untuk MPASI?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina
Disunting oleh Dina

Ketika si kecil berusia enam bulan, tentunya Moms sudah bisa mulai memperkenalkannya pada berbagai makanan padat pendamping ASI.

Di mana memberi si kecil MPASI bayi dengan gizi seimbang sangatlah penting untuk memastikan ia mendapatkan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Akan tetapi, penting untuk Moms ingat agar menghindari gula dan garam pada MPASI yang diberikan pada si kecil.

American Heart Association merekomendasikan untuk tidak menambahkan gula dan garam ke dalam makanan anak sebelum mereka berusia dua tahun, termasuk minuman manis atau mengandung gula.

Makanan manis bukan hanya rendah nutrisi, tetapi juga memberikan dampak yang tidak baik bagi bayi seperti salah satunya masalah gigi pada bayi.

Untuk menyiasatinya, Moms bisa menggunakan beberapa bahan MPASI pengganti gula seperti yang ada di bawah ini.

5 pengganti gula untuk mpasi bayi 2

Foto: nourishingjoy.com

Apel dapat langsung dikenalkan pada bayi sejak usia enam bulan. Buah yang satu ini kaya akan serat dan nutrisi. Selain itu, apel juga mengandung rasa manis alami.

Apel juga dikenal sebagai detoxifier yang baik. Pektin yang ada di dalam apel dikombinasikan dengan logam berat radioaktif atau beracun seperti alumunium, timbal, merkuri, dan lain-lain di dalam tubuh, kemudian tubuh membuangnya melalui saluran pencernaan.

Untuk menyajikannya juga cukup sederhana, yaitu buah apel yang sudah disiapkan hanya perlu dikupas, dipotong, dikukus, kemudian dihaluskan menggunakan blender untuk membuat puree.

Jika Moms memasak apel yang sudah dihaluskan selama 10 menit dengan api kecil, maka Moms sudah bisa mendapatkan saus kental yang bisa dimanfaatkan sebagai pemanis alami untuk MPASI si kecil. Saus apel buatan Moms tersebut bisa disimpan selama 2-3 hari di dalam lemari es.

Baca Juga: 3 Jenis MPASI Ini Paling Ideal Untuk Bayi

2. Pisang

5 pengganti gula untuk mpasi bayi 3

Pisang kaya akan kalium dan mengandung rasa manis alami, sehingga bisa digunakan sebagai pengganti gula untuk MPASI si kecil.

Moms hanya perlu menghaluskan pisang untuk disajikan sebagai MPASI. Alpukat, sayur-sayuran tertentu, atau daging juga bisa Moms tambahkan untuk memberikan variasi rasa.

3. ASI

5 pengganti gula untuk mpasi bayi 4

Dikutip dari Dazzle Ng Sy, penulis parenting dari TheAsianParent Singapura, ASI mengandung rasa manis alami.

Maka dari itu, mencampurkan ASI ke dalam makanan padat atau puree dapat memberikan rasa manis yang lembut dan aman bagi bayi.

Apalagi ASI juga mengandung berbagai nutrisi penting yang diproduksi khusus untuk bayi.

Baca Juga: 3 Resep MPASI Pertama Untuk Bayi 6 Bulan

4. Ubi Bit Merah

5 pengganti gula untuk mpasi bayi 5

foto: vegetarian.lovetoknow.com

Selain tiga pemanis alami yang sudah disebutkan di atas, Moms juga dapat mencoba memberikan rasa manis pada MPASI bayi menggunakan ubi bit merah.

Beetroot atau ubi bit merah kaya akan nutrisi yang baik bagi tumbuh kembang bayi.

Dalam menyajikannya Moms juga dapat mengombinasikannya dengan buah atau sayuran lainnya untuk menciptakan makanan pendamping ASI bernutrisi dengan rasa manis yang akan disukai oleh si kecil.

5. Ubi Jalar

5 pengganti gula untuk mpasi bayi 6

foto: seriouseats.com

Ubi jalar juga mengandung rasa manis yang alami dan merupakan pilihan bahan MPASI terbaik yang dapat digabungkan dengan buah-buahan, sayuran atau daging lainnya.

Moms dapat memanggang atau merebus ubi jalar untuk membuat kudapan lezat kaya nutrisi dengan rasa manis yang bersahabat bagi si kecil.

Baca Juga: Siap Memperkenalkan MPASI Pada Si Kecil Dengan 6 Cara Ini

Itu dia beberapa pengganti gula yang dapat Moms gunakan untuk memberikan sentuhan rasa manis pada MPASI.

Perlu Moms ketahui bahwa madu tidak boleh diberikan pada bayi di bawah 1 tahun, sehingga tidak dicantumkan dalam daftar di atas.

(RGW)

Artikel Terkait