2-3 TAHUN
26 Mei 2019

5 Penyebab Balita Sering Terbangun Tengah Malam

Harus diatasi agar tak mengganggu waktu istirahat dan kesehatannya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh ade.ryani
Disunting oleh ade.ryani

Waktu istirahat terganggu karena anak terbangun tengah malam ternyata bukan hanya dialami oleh orang tua yang memiliki bayi saja, tapi juga bisa terjadi saat anak sudah berusia balita.

Terkadang balita bangun tengah malam sambil menangis dan merengek, sampai bingung untuk menghadapinya. Menurut Ann Richardson, seorang childcare expert sekaligus penulis buku Toddler Sense, pada dasarnya semua orang akan terbangun secara spontan setiap malam, apalagi pada balita. Masalahnya beberapa balita tidak mampu kembali terlelap dengan sendirinya setelah bangun, jadinya ia pun rewel.

Nah, apa saja penyebabnya yang wajib jadi perhatian Anda?

  1. Suhu Ruangan Yang Tidak Nyaman
5 hal yang jadi penyebab si kecil sering terbangun tengah malam 1

Saat sedang tidur, balita perlu suhu ruangan yang sesuai agar tubuhnya nyaman dan bisa beristirahat dengan optimal. Suhu ruangan yang terlalu panas atau dingin akan memaksa otak untuk bekerja, dan otomatis membuat si kecil bangun dengan perasaan tidak nyaman sambil menangis.

Menurut Judit Owens, Dokter anak sekaligus Sleep Expert yang dikutip di BabyCenter.com, suhu AC yang paling ideal buat balita adalah sekitar 18 - 22 derajat Celcius. Saat cuaca sedang panas, nyalakan AC/kipas, gunakan baju tidur berbahan tips, dan tak perlu memaksakan si kecil tidur dengan selimut, agar tubuhnya tidak lengket karena berkeringat. Sebaliknya, pakaikan baju tidur berlengan panjang dan berikan selimut bila suhu udara sedang dingin, agar ia bisa tidur dengan hangat dan nyaman.

Baca Juga: Solusi Jika Anak Sering Terbangun Tengah Malam

2. Terlalu Banyak Aktivitas Sebelum Tidur

5 hal yang jadi penyebab si kecil sering terbangun tengah malam 2

Ups, ternyata terlalu aktif beraktivitas sebelum tidur juga akan membuatnya sering terbangun tengah malam lho, Ma. Meski sudah mengantuk tubuh dan otaknya masih merasakan stimulasi berlebih, sehingga terus bekerja dengan aktif meski sudah waktunya istirahat.

Untuk mencegah hal ini, sebaiknya hindari bercanda berlebihan, berlarian terlalu aktif, atau menonton televisi dan bermain gadget sebelum tidur. Jika balita belum bisa tidur, Mama bisa mengajaknya ke kamar dan temani dia sambil membacakan cerita atau menyanyikan lullaby untuk membuat tubuh dan otaknya lebih rileks untuk beristirahat.

Baca juga: Ini Manfaat Tidur Siang untuk Balita

3. Mimpi Buruk

5 hal yang jadi penyebab si kecil sering terbangun tengah malam 3

Eits, kata siapa balita tidak bisa mimpi buruk? Seringkali, balita akan terbangun sambil menangis saat mengalami hal ini. Bukan hanya itu, mimpi buruk yang mereka alami pun hampir sama dengan mimpi buruk orang dewasa, jadi bisa cukup menyeramkan dan menegangkan.

Bila balita bangun tengah malam karena mimpi buruk, tenangkan dengan memberikan ciuman dan pelukan hangat. Jika masih kurang, Mama bisa mengajaknya bernyanyi sambil membaca doa agar dijauhkan dari mimpi buruk. Dijamin deh, si kecil pasti akan kembali tidur dengan lelap.

4. Kelaparan

5 hal yang jadi penyebab si kecil sering terbangun tengah malam 4

Ya, perut lapar ternyata jadi salah satu penyebab utama balita bangun tengah malam. Ini karena saat perutnya merasa lapar, otak akan mengirimkan sinyal pada tubuh untuk segera bangun dan mencari makanan untuk dimakan. Tapi kalau hampir setiap hari bangun karena kelaparan, tentu aneh bukan?

Kalau hal ini terjadi, kemungkinan besar ada yang salah dengan jenis dan porsi makanan yang dikonsumsi si kecil saat makan malam. Selain mengecek ulang makan malam Si Kecil, Mama juga bisa memberikan camilan sehat sebelum tidur, agar ia merasa kenyang tapi tetap nyaman untuk istirahat.

Baca juga: 5 Tips Menentukan Camilan Sehat untuk Bayi

5. Tumbuh Gigi

5 hal yang jadi penyebab si kecil sering terbangun tengah malam 5

Selain mengalami rasa sakit dan “gatal” pada mulut dan gusinya, balita yang tumbuh gigi juga biasanya akan banyak mengeluarkan air liur, ingin selalu menggigit, serta suhu tubuhnya sedikir meningkat. Jadi tak heran kalau ia merasa tidak nyaman sampai terbangun di tengah malam.

Kalau sudah begini, Mama bisa memberikannya mainan silikon yang aman untuk digigit si kecil. Jangan lupa, taruh dulu di kulkas agar terasa lebih sejuk dan nyaman saat digigit. Mama juga bisa mencoba memijit gusinya secara halus agar rasa sakitnya berkurang.

Baca juga: Perhatikan Ini Saat Memilih Perlengkapan Kamar Tidur Anak

Agar Mama dan balita bisa beristirahat dengan tenang di malam hari, temukan penyebab ia sering terbangun tengah malam, lalu segera lakukan langkah antisipasi yang sesuai. Biasanya alasan apa yang membuat balita Mama terbangun tengah malam?

(WA)

Artikel Terkait