DI ATAS 5 TAHUN
26 Mei 2020

5 Penyebab Masalah Perilaku Pada Anak

Salah satunya, pola asuh orang tua yang terlalu mengekang
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Wina Andria
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Bukan karena nakal atau tidak bisa diatur, penyebab masalah perilaku pada anak ternyata lebih sering dilandasi oleh berbagai faktor seperti kendala komunikasi, kondisi psikologis, dan pengaruh lingkungan terdekat.

Dengan memahami kondisi dan motivasi dibalik perilaku anak, Moms bisa lebih mudah menentukan disiplin dan langkah intervensi yang tepat untuk mengatasi masalah perilaku Si Kecil.

5 Penyebab Masalah Perilaku pada Anak

Yuk Moms, baca sampai selesai untuk tahu lebih banyak tentang penyebab masalah perilaku pada anak.

1. Temperamen

5 Penyebab Masalah Perilaku Pada Anak 1.jpg

Foto: Thekidcounselor.com

Secara definisi, temperamen adalah keunikan perilaku, cara berpikir, dan sikap bawaan lahir anak yang tidak dipengaruhi oleh pola asuh, lingkungan, atau pun pendidikan. Itulah alasan ada bayi yang sudah tampak sensitif, periang, atau santai.

Menurut Urban Child Institute, ada karakteristik temperamen tertentu pada anak yang diketahui memiliki kecenderungan lebih besar berkembang menjadi masalah perilaku, yaitu:

  • Externalizing: Meluapkan emosi negatif pada orang lain, biasanya secara agresif, disruptif, atau membangkang.
  • Internalizing: Menyimpan dan menekan emosi negatif di dalam diri, yang umumnya membuat anak lebih tertutup, sering merasa sedih dan kesepian, serta mengalami gejala psikosomatik.

Berita baiknya, perilaku anak dengan temperamen kurang baik masih bisa diarahkan dengan pola asuh dan pengaruh lingkungan yang positif.

Baca Juga: 6 Gangguan Perilaku Pada Anak yang Tak Boleh Diabaikan

2. Pola Asuh

5 Penyebab Masalah Perilaku Pada Anak 2.jpg

Foto: Crosswalk.com

Perilaku anak yang bermasalah ternyata bisa juga dipengaruhi oleh pola asuh yang dijalankan orang tua lho, Moms. Berbagai hasil studi, termasuk dari National Institutes of Health, mengungkap kalau pola asuh orang tua adalah faktor yang paling mempengaruhi masalah perilaku pada anak.

Disebutkan pula bahwa anak yang dibesarkan dengan pola asuh otoriter lebih cenderung menunjukkan masalah perilaku, karena lebih stress dan frustasi, kesulitan menghadapi situasi di bawah tekanan, juga kurang bisa mengendalikan diri.

Di sisi lain, pola asuh permisif yang bersifat bebas dan nyaris tanpa batasan juga diketahui bisa meningkatkan masalah perilaku externalizing anak.

3. Stress

5 Penyebab Masalah Perilaku Pada Anak 3.jpg

Foto: Understood.org

Sama seperti orang dewasa, anak juga bisa merasa stress saat kewalahan menghadapi tuntutan orang tua, jadwal aktivitas terlalu padat, mendapat tekanan teman sebaya, atau beban tugas sekolah yang terlalu banyak.

Akibatnya, anak mungkin menunjukkan perilaku bermasalah seperti tidak mau mengerjakan PR, menolak membereskan kamar atau melakukan tugas rumah tangga, atau sengaja tidak langsung pulang ke rumah setelah sekolah.

Baca Juga: 4 Faktor yang Mempengaruhi Sikap dan Perilaku Anak di Sekolah

4. Ingin Memiliki Kendali

5 Penyebab Masalah Perilaku Pada Anak 4.jpg

Foto: Kidspot.com.au

Penyebab masalah perilaku pada anak lain yang sering tidak disadari orang tua adalah munculnya dorongan dalam diri anak untuk lebih mandiri dan memegang kendali lebih besar atas hidupnya.

Masalah perilaku biasanya muncul bila orang tua terus mendikte, memaksakan kehendak, mengabaikan pendapat anak, serta tidak memberikan kesempatan pada anak untuk membuat keputusan sendiri.

5. Kesulitan Komunikasi

5 Penyebab Masalah Perilaku Pada Anak 5.jpg

Foto: Pinterest.com

Moms, sudahkah mengajarkan anak untuk mengekspresikan diri secara sehat? Rupanya, masalah perilaku juga bisa disebabkan karena anak tidak tahu cara meluapkan emosi atau menyampaikan kebutuhan maupun keinginannya.

Akibatnya, Si Kecil jadi merasa tidak dimengerti dan berusaha menunjukkannya melalui perilaku agresif seperti berteriak, melempar barang, dan sebagainya.

Masalah perilaku akibat kesulitan komunikasi juga sering ditemui pada anak dengan masalah bahasa dan wicara, disabilitas intelektual, atau berada dalam spektrum autisme.

Baca Juga: Apa yang Harus Dilakukan Bila Anak Meniru Perilaku Negatif Temannya?

Selalu ada cara untuk mengatasi penyebab masalah perilaku pada anak, tapi semuanya perlu dimulai dengan membiasakan komunikasi yang baik dengan Si Kecil.

Moms juga bisa meminta bantuan dari psikolog atau terapis untuk mengatasi masalah perilaku anak sebelum mengganggu pergaulan dan kemajuan belajar anak di sekolah.

Bagaimana menurut Moms, apa lagi faktor yang bisa menyebabkan masalah perilaku pada anak?

Artikel Terkait