TRIMESTER 3
25 November 2019

5 Penyebab Migrain saat Hamil Tua, Simak di Sini!

Yang jelas, bukan tanda akan melahirkan!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Dina Vionetta

Tengok penyebab migrain saat hamil tua berikut ini, Moms. Memasuki kehamilan trimester tiga, Moms pasti akan merasakan sakit dan nyeri di bagian tubuh lain. Salah satunya sakit kepala sebelah atau migrain.

Penyebab migrain di hamil tua secara pasti tidak diketahui. Tetapi migrain tampaknya melibatkan perubahan jalur saraf, neurokimia, dan aliran darah di otak.

Dikutip dari American Pregnancy, para peneliti percaya bahwa migrain terjadi karena sel-sel otak yang terlalu bersemangat merangsang pelepasan bahan kimia. Zat kimia ini mengiritasi pembuluh darah di permukaan otak. Ini menyebabkan pembuluh darah membengkak dan merangsang respons rasa sakit.

Adalah hal yang wajar ibu yang sedang hamil tua mengalami migrain.

’’Tetapi migrain lebih sering terjadi ketika seseorang memiliki riwayat migrain sebelum kehamilan,’’ kata Dr. Huma Farid, MD, seorang Ob-gyn di Harvard Medical School dan Beth Israel Deaconess Medical Center di Boston, Massachusetts.

Tetapi menurut Farid, sakit kepala bukanlah pertanda bahwa Moms akan melahirkan.

’’Saya biasanya tidak menganggap sakit kepala sebagai tanda persalinan,’’ katanya.

Penyebab migrain saat hamil tua sangat beragam. ’’Sakit kepala mungkin merupakan tanda dehidrasi, kurang tidur atau stres, atau lebih memprihatinkan, mungkin merupakan tanda pertama preeklamsia,’’ kata Farid. Kita simak penjelasannya, yuk!

Baca Juga: 6 Tips Tidur Nyenyak untuk Penderita Migrain Kronis

1. Hormon

5 Penyebab Migrain saat Hamil Tua, Simak di Sini! 01.jpg

Foto: 123rf.com

Perubahan hormon estrogen dianggap berperan banyak dalam kemunculan migrain. Itu sebabnya kehamilan, menstruasi, dan menopause sering mengubah pola sakit kepala migrain wanita. Neurotransmitter serotonin juga tampaknya memiliki peran kunci dalam migrain. Hal ini sangat wajar pada ibu hamil.

2. Stres

5 Penyebab Migrain saat Hamil Tua, Simak di Sini! 02.jpg

Foto: verywellfamily.com

Perubahan hormon selama kehamilan bukan satu-satunya penyebab migrain saat hamil tua. Sebagian besar wanita memiliki kombinasi pemicu. Misalnya, stres, melewatkan makan, dan kurang tidur semuanya dapat memicu migrain. Dan sesuatu yang memicu migrain suatu hari mungkin tidak mengganggu Moms sama sekali di kemudian hari.

Baca Juga: Ibu Hamil Ternyata Juga Bisa Migrain, Ini Cara Mengatasinya

3. Makanan

5 Penyebab Migrain saat Hamil Tua, Simak di Sini! 03.jpg

Foto: momjunction.com

Apapun yang Moms konsumsi juga bisa jadi penyebab migrain saat hamil tua. Terutama makanan yang mengandung pengawet MSG (monosodium glutamate) dan nitrat. Yang terbaik adalah menghindari makan MSG selama kehamilan.

Bisa jadi Moms memang alergi MSG. Karena efek dan reaksi alergi dapat berlipat ganda dalam reaksi alergi. Seperti berkeringat, sakit kepala, mati rasa, hingga mual dan nyeri dada.

4. Kurang Tidur dan Dehidrasi

5 Penyebab Migrain saat Hamil Tua, Simak di Sini! 04.jpg

Foto: lifealth.com

Memasuki trimester tiga, badan bayi semakin besar dan Moms akan merasakan nyeri di bagian panggul, punggung, dan leher. Akibatnya, Moms jadi sulit tidur. Oleh karena itu, sangat wajar apabila Moms lebih sering mengalami migrain di trimester tiga. Solusinya ambilah waktu untuk tidur siang secukupnya.

Selain itu, kurang minum juga bisa membuat Moms migrain. Pastikan Moms cukup terhidrasi dengan baik. Minum air putih, dan makanlah makanan, terutama buah-buahan yang mengandung banyak air.

Baca Juga: Ibu Hamil Ternyata Juga Bisa Migrain, Ini Cara Mengatasinya

5. Preeklampsia

5 Penyebab Migrain saat Hamil Tua, Simak di Sini! 05.jpg

Foto: healthreflect.com

Sakit kepala sebelah di trimester tiga juga dapat disebabkan oleh komplikasi kehamilan yang disebut preeklampsia.

Khusus karena kondisi ini, dokter dapat mengevaluasi kondisi kesehatan Moms sebelum membuat diagnosis migrain.

Pastikan untuk memberi tahu dokter tentang semua obat yang Moms minum, termasuk produk bebas dan suplemen alami.

Setiap orang memiliki reaksi yang berbeda terhadap migrain. Ada yang bertahan beberapa jam. Ada pula yang migrain hingga berhari-hari. Migrain sangat tidak terduga. Jadi selalu konsultasikan apapun yang Moms rasakan kepada dokter ya.

Nah, itulah 5 penyebab migrain saat hamil tua. Jangan lupa beri tahu dokter soal ini agar tidak bingung sendiri ya, Moms.

(CIL/DIN)

Artikel Terkait