BAYI
19 September 2019

5 Penyebab Mulut Bayi Berbau Tidak Sedap

Jaga kesehatan dan kebersihan mulut Si Kecil ya, Moms!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla Octama

Bau mulut atau dalam dunia medis disebut halitosis sesekali terjadi pada orang dewasa. Namun, tahukah bahwa bayi juga bisa mengalami bau mulut?

Meskipun jarang terjadi dan bersifat sementara, tentunya bau mulut bayi terkadang cukup menganggu. Nah, apa sih Moms yang menjadi penyebab bau mulut bayi?

1. Kebersihan Mulut yang Buruk

Kenapa Mulut Bayi Berbau Tidak Sedap 1.jpg

Foto: thebabylover.com

“Penyebab utama bau mulut pada bayi adalah bakteri yang tinggal di mulut untuk waktu yang lama,” kata Dr. Carina De los Reyes, dokter gigi anak dan mantan presiden Philippine Pediatric Dental Society Inc (PPDSI), seperti dikutip dari situs Smart Parenting Filipina.

Kebersihan mulut yang buruk, terutama pada bayi yang sudah makan makanan padat, menyebabkan sisa partikel makanan tetap berada di mulut, sela-sela gigi, gusi, atau di permukaan lidah.

Ini membuat bakteri mudah berkembang biak dan menyebabkan bau mulut.

Bahkan untuk bayi yang giginya baru mulai tumbuh, menyikat gigi dengan benar tidak boleh diabaikan. Gigi dan mulut bayi perlu dibersihkan setidaknya dua kali sehari, terutama sebelum tidur malam.

Baca Juga : Kenali 4 Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya

2. Mulut Kering

Kenapa Mulut Bayi Berbau Tidak Sedap 2.jpg

Foto: momwoot.com

Situs Momstrick menyebutkan bahwa mulut kering juga bisa menyebabkan mulut bayi berbau tidak sedap.

Beberapa bayi yang tidur dengan mulut terbuka secara alami atau karena batuk, hidung tersumbat, dan pilek memungkinkan lebih banyak bakteri tumbuh di dalam mulut dan menyebabkan bau mulut bayi.

3. Benda Asing

Kenapa Mulut Bayi Berbau Tidak Sedap 3.jpg

Foto: childrenscolorado.org

Jika bayi memasukkan benda asing kecil ke dalam hidung dan mulut mereka (kacang, mainan kecil, dan lain-lain) dan Moms tidak mengetahuinya, maka itu bisa menyebabkan nafas bayi tidak sedap atau menyebabkan bau mulut akibat bakteri yang menempel dalam benda asing tersebut.

Baca Juga : Tahapan Memelihara Kesehatan Mulut Bayi Baru Lahir Sampai Tumbuh Gigi

4. Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)

Kenapa Mulut Bayi Berbau Tidak Sedap 4.jpg

Foto: healthline.com

GERD atau penyakit asam lambung sering kali juga bisa menjadi penyebab bau mulut bayi.

Namun, dikutip dari laman Baby Med, jika bau tidak sedap dari mulut bayi disebabkan oleh GERD biasanya muncul gejala lain yang menyertai seperti sering muntah atau sakit perut.

5. Kondisi atau Penyakit Tertentu

Kenapa Mulut Bayi Berbau Tidak Sedap 5.jpg

Foto: mamanatural.com

Menurut Baby Center, sesuatu seperti infeksi sinus, radang amandel, atau bahkan alergi musiman bisa menyebabkan bau mulut bayi. Di mana kondisi ini memerlukan penanganan medis sehingga perlu segera dikonsultasikan dengan dokter.

Bau mulut bayi bisa berasal dari satu sumber atau kombinasi penyebab di atas. Luangkan waktu untuk mengamati Si Kecil dan temukan penyebab yang mendasarinya sehingga Moms bisa mulai mengatasinya.

(RGW/CAR)

Artikel Terkait