SHOPPING
24 April 2019

5 Perlengkapan Bayi yang Sebetulnya Tidak Moms Perlukan

Bagi ibu hamil, cek dulu tips ini sebelum berbelanja ya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Andra Nur Oktaviani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Ketika test pack sudah menunjukkan garis dua, seketika itu pula sebagai calon orang tua baru, para pasangan mulai melakukan persiapan.

Mulai dari menjadwalkan untuk bertemu dengan dokter, mulai mempelajari tentang aturan bagi ibu hamil, dan melakukan hal yang menjadi favorit ibu hamil adalah berbelanja! Betul tidak Moms?

Banyak dari daftar barang yang tentu saja berguna dan dibutuhkan. Setiap bayi membutuhkan tempat tidur bayi, popok, botol dan pakaian, tetapi sebenarnya ada barang yang tidak dibutuhkan bayi.

Para bayi tidak peduli tentang betapa indahnya furnitur kamar mereka, betapa mendidiknya mainan mereka, atau betapa modis pakaian mereka. Faktanya, ada sangat sedikit barang yang sebenarnya dibutuhkan bayi.

Jadi, bagaimana Moms menentukan apa yang layak untuk dibeli dan apa yang pada dasarnya tidak dibutuhkan? Yuk kita cari tahu di bawah ini!

1. Meja Ganti

5 perlengkapan bayi yang sebetulnya tidak moms perlukan 1

Foto: Thebump.com

Pertimbangkan furnitur mana yang benar-benar Moms butuhkan. Moms mungkin akan membutuhkan tempat tidur bayi, menginginkan meja rias untuk pakaian bayi, dan mungkin menginginkan kursi goyang juga.

Itu semua akan menyisakan sedikit atau tidak ada ruang untuk meja ganti. Jadi, alih-alih membeli meja ganti yang mahal, pertimbangkan membuat area ganti di meja rias.

Bahkan biasanya akan lebih aman mengganti popok bayi di lantai dengan alas saat bayi semakin aktif.

Dikutip dari Livestrong, begitu bayi tumbuh lebih besar, Moms memiliki perabot yang tidak bisa digunakan lagi. Jadi, pertimbangkan baik-baik untuk membeli meja ganti ya Moms.

Baca Juga: Tips Aman Membeli dan Menggunakan Baby Bouncer

2. Botol Sterilizer

5 perlengkapan bayi yang sebetulnya tidak moms perlukan 2

Foto: Bestcheapreviews.com

Memang butuh banyak pertimbangan lain saat memutuskan untuk membeli barang yang satu ini.

DIkutip dari Pregnancybirthbaby.org.au, sistem kekebalan bayi belum sepenuhnya berkembang dan bayi lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit daripada anak yang lebih tua atau orang dewasa.

Karena itu, kebersihan sangat penting ketika menyiapkan botol-botol bayi. Ada banyak alat sterilisasi botol saat ini, tetapi inilah masalahnya, biasanya panci lama yang biasa akan menjadi pilihan.

Yang Moms butuhkan hanyalah air mendidih untuk membersihkan botol. Itu akan jauh lebih efisien, dan tentunya hemat.

3. Thermometer Bath

5 perlengkapan bayi yang sebetulnya tidak moms perlukan 3

Foto: babyroad.com.au

Biarkan sikut melakukan trik yg satu ini. Jangan mudah tergoda dengan termometer mandi bayi. Percayakan suhu air mandi Si Kecil pada insting Moms. Moms tentu tahu benar suhu air mandi terlalu panas atau tidak untuk Si Kecil.

Dikutip dari Nationwidechindrens.org, suhu air mandi haruslah berada di kisaran 37 derajat Celsius untuk menghindari bayi kedinginan atau kepanasan. Lakukan pengecekan dengan sikut Moms.

Mudah sekali bukan? Penting juga untuk dicatat agar Moms mencoba menghangatkan ruangan terlebih dahulu sebelum Si Kecil keluar dari bak mandi agar mereka tidak merasa kedinginan.

4. Bottle Warmer

5 perlengkapan bayi yang sebetulnya tidak moms perlukan 4

Foto: Thefirstyearshop

Jika Moms menggunakan ASIP atau susu formula, maka botol susu akan berada di list belanjaan. Tapi untuk bottle warmer sepertinya bukan pilihan. Apakah benar-benar diperlukan?

Mayoclinic.org menuliskan bahwa tidak masalah memberikan Si Kecil susu dengan suhu ruangan. Namun memang banyak bayi lebih menyukai susu hangat.

Ketimbang membuang uang untuk membeli bottle warmer, Moms lebih baik menyiapkan air hangat dalam mangkuk lalu merendam ASIP sampai hangat.

Baca Juga: 7 Kado Paling Bermanfaat untuk Bayi Baru Lahir

5. Pakaian Ukuran Newborn

5 perlengkapan bayi yang sebetulnya tidak moms perlukan 5

Foto: Bublesandbees.com

Dalam tahapan awal, bayi akan bertumbuh dengan sangat pesat. Sebenarnya, Moms dapat menghemat banyak uang dengan hanya membeli sedikit pakaian bayi newborn. Pakaian newborn hanya akan terpakai untuk beberapa minggu.

Meski banyak yang menarik karena bentuknya yang mungil, namun alangkah lebih bijaknya jika Moms lebih banyak membeli pakaian dengan ukuran 6 bulan ke atas.

Nah, itulah beberapa barang yang sebetulnya tidak Moms perlukan. Siap mencoret barang-barang tersebut dari daftar belanjaan?

(FAR/AND)

Artikel Terkait