2-3 TAHUN
10 September 2017

5 Permainan yang Mama Bisa Lakukan Bersama Balita 4-5 Tahun

Bermanfaat untuk kesehatan dan tumbuh kembang.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (katri.dyah)
Disunting oleh (katri.dyah)

Dengan memanfaatkan insting dan rasa penasaran balita yang sangat kuat, ada beberapa permainan seru untuk balita yang bisa Mama perkenalkan. Karena mereka senang bermain, menjelajah lingkungan sekitar, dan mencari tahu setiap benda yang ada di dekatnya, maka harus diperhatikan juga faktor keamanannya, ya, Ma!

Karena pada usia 4-5 tahun balita memang sedang dalam periode keemasan, sebaiknya lakukan permainan untuk balita yang bisa membantu tumbuh kembangnya secara optimal. Yuk, kita lihat bersama, 5 permainan yang cukup seru dan cocok sekali untuk coba dimainkan bersama balita berusia 4-5 tahun.

Petak Umpet

permainan yang bisa mama lakukan bersama balita 4 5 tahun 1
Sumber foto: 500px.org

Permainan klasik seperti petak umpet, yang sudah dikenal sejak lama, ternyata termasuk permainan yang sangat bagus untuk dilakukan balita. Menurut pakar psikologi dari University of California, permainan petak umpet bisa meningkatkan beberapa aspek psikologis yang ada didalam otak balita. Permainan ini akan membuat imajinasi dan intuisi si kecil berkembang, sekaligus melatih fokus dan skill problem solving.

Tapi kalau si kecil belum punya teman, bagaimana caranya ya agar dia bisa bermain petak umpet? Tenang saja Ma, bermain dengan anggota keluarga lain juga akan terasa sangat menyenangkan. Yang penting bukanlah jumlah orangnya, tapi kualitas dari permainan itu sendiri.

Roleplaying

permainan yang bisa mama lakukan bersama balita 4 5 tahun 2
Sumber foto: blogspot.com

Roleplaying atau bermain peran ternyata sudah terbukti bermanfaat untuk si kecil, lho. Hasil riset dari ECRP mengungkap fakta bahwa bermain peran dapat meningkatkan skill kognitif si kecil, baik dalam menerima maupun memberikan informasi. Selain itu, perkembangan kecerdasan si kecil pun bisa melesat dengan signifikan.

Agar efek positifnya lebih terasa, secara rutin ajak si kecil bermain peran sederhana sekaligus mengenalkannya pada berbagai profesi, seperti menjadi dokter atau chef. Semakin sering Mama bermain peran dengan balita, skill kognitifnya akan semakin berkembang.

Baca juga: Bermain Peran Sambil Belajar dengan 5 Mainan Miniatur

Permainan Membuat Kue

permainan yang bisa mama lakukan bersama balita 4 5 tahun 3
Sumber foto: aolcdn.com

Saat Mama sedang memasak atau membuat kue, daripada melarang balita untuk mendekat, lebih baik ajak si kecil untuk ikut beraktivitas. Menurut riset dari Public Health Nutrition, permainan yang melibatkan makanan ternyata akan membuatnya lebih sadar akan kesehatan.

Anak yang sering ikut beraktivitas dengan ibunya di dapur juga lebih baik dalam membedakan mana makanan yang buruk dan makanan yang baik. Selain itu, si kecil juga jadi akan lebih cenderung untuk memilih makanan alami yang sehat ketimbang cemilan manis yang banyak gula.

Bermain Tanah atau Pasir

permainan yang bisa mama lakukan bersama balita 4 5 tahun 4
Sumber foto: floridastrawberry.org

Pasti masih teringat dalam kenangan saat Mama kecil dulu, betapa asyiknya bermain pasir atau tanah di halaman rumah. Begitu juga yang akan dirasakan oleh si kecil, meski tangan dan baju kotor berlumuran tanah, ia akan tetap tertawa riang tanpa beban.

Tak disangka, riset dari Journal of Allergy and Clinical Immunology mengungkap fakta bahwa anak yang sering bermain tanah memiliki kekebalan tubuh yang lebih kuat serta tidak gampang terserang penyakit. Mereka pun ternyata tidak mudah terkena alergi dan penyakit asma. Jadi, tak apa, kan, sesekali membiarkan si kecil bermain kotor?

Bermain Tebak-Tebakan

permainan yang bisa mama lakukan bersama balita 4 5 tahun 5
Sumber foto: kindermusik.com

Meski terlihat sederhana dan sangat mudah dilakukan, bermain tebak-tebakan dengan balita ternyata punya manfaat yang cukup serius. Permainan untuk balita ini akan melatih si kecil untuk berpikir kritis serta memperluas koleksi kosa kata. Kalau Mama bisa mengkombinasikan permainan tebak-tebakan dengan humor, badan dan otak si kecil juga akan jadi lebih kuat dan tidak mudah terkena stres.

Bermain dengan balita bukan hanya akan membantu tumbuh kembangnya, tapi juga jadi kesempatan yang sangat baik untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama. Bagaimana dengan Mama, permainan apa, sih, yang sekarang sedang digemari oleh si kecil?

(WA)

Artikel Terkait