PROGRAM HAMIL
5 Februari 2019

5 Persiapan Mental Menghadapi Proses Kelahiran Caesar

5 Persiapan Mental Menghadapi Proses Kelahiran Caesar
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Prita
Disunting oleh Prita

Setiap ibu tentu ingin bisa melahirkan secara normal. Secara medis bisa lebih cepat pulih dan biayanya juga lebih murah.

Namun, untuk beberapa kasus, para ibu tidak punya pilihan. Akibat suatu kondisi yang membahayakan dirinya dan Si Kecil, melahirkan secara caesar jadi pilihan yang tidak bisa dihindari.

Tapi, baru mendengar kata caesar saja, banyak ibu sudah merinding. Yang ada dalam bayangannya mungkin perut akan dibedah. Setelah bayi dilahirkan, perut akan kembali dijahit. Konon, proses pemulihannya cukup berat dan rasa sakitnya luar biasa. Belum lagi biayanya akan mahal.

Pada kenyataannya, proses persalinan caesar tidak semengerikan itu. Asalkan Moms menyiapkan mental dengan baik. Dikutip dari Northshore.com, Charla Simon, dokter kandungan di NorthShore, punya beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk menyiapkan mental menghadapi persalinan caesar.

Apa saja yang harus Moms siapkan? Yuk kita cari tahu di artikel berikut.

1. Pertimbangkan Sejak Awal

Untuk kondisi tertentu, ibu harus melahirkan melalui proses persalinan caesar. Jadi, jika Moms pernah melakukan operasi di seputar perut atau panggul, kelebihan berat badan, berusia lebih dari 35 tahun, sudah lebih dari seminggu melewati HPL, menderita diabetes, atau mengalami kenaikan berat badan signifikan selama hamil, atau ada riwayat tekanan darah tinggi, maka Moms harus sudah memikirkan opsi persalinan caesar.

Baca Juga : Melahirkan Normal Atau Caesar?

2. Jangan Malu Bertanya

screen shot 2019 02 04 at 8.50.02 pm

Foto : 123rf

Jika Moms merasa takut menghadapi persalinan caesar, coba banyak bertanya pada dokter. Rasa takut biasanya muncul karena tidak tahu. Semakin banyak Moms bertanya dan melakukan diskusi dengan dokter, Moms bisa semakin tenang menghadapi persalinan. Berbicaralah pada suami dan dokter kandungan. Jangan ragu minta Dokter menjelaskan secara detail proses yang akan Moms hadapi dari masuk ruang operasi sampai Si Kecil lahir dan Moms bisa kembali ke kamar perawatan.

Baca juga : Berapa Lama Boleh Hamil Lagi Setelah Caesar?

3. Siapkan Mental Latih otak untuk tetap tenang.

Moms bisa belajar teknik pernapasan atau mungkin ikut kelas yoga hamil. Ya, walaupun Moms tahu tidak akan melahirkan secara alami, tapi yoga bisa membantu Moms lebih tenang dan fokus menghadapi proses kelahiran caesar. Sebagai alternatif, coba bikin playlist lagu-lagu relaksasi untuk didengarkan sebelum masuk ke ruang operasi. Jika kecemasan luar biasa masih melanda, jangan ragu buat minta pertolongan terapis yang bisa mendengarkan keluhan Moms dan memberi afirmasi positif tentang operasi yang akan Moms hadapi.

Baca juga : Mengenal Teknik Gentle C-Section Saat Persalinan Caesar

4. Persiapkan Mantra

Foto : Unsplash

Beberapa perempuan akan sangat terbantu dengan kalimat sakti atau afirmasi positif. Moms bisa memilih sendiri mantra yang terdengar ampuh, yang Moms percayai dan bisa selalu diucapkan demi menenangkan diri selama proses operasi caesar berlangsung. Pilih mantra yang bisa membantu Moms untuk tetap tenang dan kuat. Seberapa pun besarnya ketakutan yang Moms hadapi, ingatlah bahwa Moms akan membawa sebuah keajaiban ke dunia, berupa seorang bayi mungil, buah cinta dalam pernikahan.

Baca Juga : 5 Hal Tak Terduga Operasi Caesar yang Belum Diketahui

5. Persiapan Setelah Caesar

screen shot 2019 02 04 at 9.07.10 pm

Foto : Pixabay

Jangan bayangkan ini bagian adalah bagian setelah pain killer habis atau berdasarkan cerita orang kalau proses belajar berjalan akan menyakitkan. Bikin ini sebagai sesi menyenangkan setelah proses operasi caesar selesai. Moms akan pulang ke rumah sambil membawa Si Kecil. Jadi siapkan baju menyusui untuk pulang ke rumah dan seperangkat baju mungil menggemaskan buat SI Kecil. Jangan lupa juga pembalut dan make up supaya wajah Moms kelihatan segar saat check out. Beberapa rumah sakit memberi bonus pemotretan bareng bayi sebelum pulang ke rumah, lho.

Baca Juga : 6 Kegiatan yang Harus Dihindari Saat Merawat Bekas Luka Operasi Caesar

Itulah yang bisa Moms lakukan untuk menyiapkan mental sebelum menghadapi persalinan caesar. Selamat mencoba!

(AND)

Artikel Terkait