HIBURAN
16 Juni 2019

5 Pesohor Negeri yang Memiliki Patung Lilin

Siapa tokoh favorit Moms?
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Pada awal tahun, Indonesia dibuat bangga dengan dibuatkannya patung lilin seorang blogger asal Indonesia di Swiss. Dialah Diana Rikasari, seorang fashion blogger yang memulai menulis tentang gaya berbusana sejak 2007.

Diana memang memiliki ciri khas dalam berpakaian, dia tidak takut kelihatan aneh dengan gaya busananya yang selalu berwarna. Karena ciri khasnya itu, Museum Sejarah dan Etnologi, St. Gallen (HVM), Swiss membuatkannya patung lilin, yang mulai dipamerkan sejak 16 Februari hingga beberapa tahun mendatang.

Dalam salah satu wawancaranya, Diana sangat senang memiliki "kembaran" dan berharap orang Indonesia yang pergi ke Eropa bisa berswafoto bersamanya. Namun yang lebih membanggakan, Diana sangat senang bisa membawa nama Indonesia hingga ke Eropa.

Baca Juga: 7 Pahlawan Indonesia Paling Populer di Mata Anak-anak

Selain Diana, masih ada empat orang Indonesia lainnya yang juga memiliki patung lilin. Siapa saja mereka? Yuk moms kita simak bersama.

1. Anggun C Sasmi

anggun-madame-tussauds-tayland-05.jpg

Foto: oikotimes.com

Banyak orang Indonesia sendiri tidak lagi mengakui Anggun sebagai orang Indonesia sejak dirinya mengubah kewarganegaraannya menjadi Prancis. Namun, menurut Anggun dia merasa lebih Indonesia kadang dari masyarakat Indonesia sendiri, dengan warna kulitnya dan juga beragam hal yang membentuknya hingga menjadi Anggun seperti sekarang ini.

Anggun dipilih menjadi sosok yang dibuatkan patung lilin di Museum Madam Tussauds di Thailand sejak 2016. Dia dipilih karena dianggap memiliki prestasi sebagai penyanyi Indonesia yang sukses menembus pasar Internasional dengan merilis album di 33 negara berbeda.

Baca Juga: 7 Inspirasi Kostum Pahlawan Indonesia Untuk Anak

2. Rudy Hartono

CW0mkBoU8AAsunR.jpg

Foto: Twitter

Selain seni, olah raga juga menjadi sesuatu yang bisa dibanggakan orang Indonesia, apalagi bulu tangkis yang menjadi olah raga favorit orang Indonesia. Oleh karena itu, dibuatkanlah sosok patung lilin Rudy Hartono yang pernah membawa Indonesia ke empat gelar Piala Thomas secara berturut-turut dan All England Championships tujuh kali berturut-turut.

Meski tidak seterkenal Anggun bagi anak zaman sekarang, tentu kita tidak bisa melupakan apa yang sudah diberikan Rudy untuk Indonesia bukan? Kalau moms tertarik untuk mengajak si kecil berkenalan dengan Rudy, ajaklah si kecil ke Madame Tussauds cabang Singapura, tempat patung lilin Rudy berdiri tegak.

3. Soekarno

Madame-Tussauds-Bangkok-Soekarno-Megawati-2-2R.jpg

Foto: duaransel.com

Kalau ada pahlawan yang bersejarah yang paling tepat dibuatkan patung lilin, tentu Soekarno ada di urutan teratas. Oleh karena itu, tidak tanggung-tanggung, presiden pertama Indonesia itu memiliki tiga patung lilin di jaringan museum Tussauds yang berbeda yaitu, Bangkok, Thailand dan Hong Kong.

Ketiga patung lilin tersebut dibuat dengan pakaian dan peci khas Bung Besar tersebut, namun memiliki pose yang berbeda di setiap museumnya. Megawati, anak sulung Soekarno dan juga mantan Presiden Indonesia juga pernah berfoto dengan salah satu patung lilin milik ayahnya tersebut.

Baca Juga:6 Sosok Pahlawan Perempuan Indonesia yang Harus Kita Tahu

4. Joko Widodo

2017_05_02_26188_1493711280._large.jpg

Foto: thejakartapost.com

Soekarno tidak sendiri menjadi patung lilin yang diabadikan. Pasalnya, Presiden Joko Widodo juga memiliki patung lilin di Madame Tussauds yang berada di Hong Kong sejak 2017. Sama seperti Soekarno, Jokowi juga menggunakan gaya khasnya yakni, kemeja putih dan tentu saka senyum semringah, Presiden yang kembali terpilih tersebut.

Keren-keren banget ya moms, kira-kira siapa yah yang paling mirip dengan aslinya?

(TPW/IRN)

Artikel Terkait