BALITA DAN ANAK
9 Oktober 2019

5 Pilihan Aktivitas Esktrakurikuler Terbaik Untuk Anak ADHD

Ekstrakurikuler yang tepat bisa membantu anak ADHD lebih fokus dan disiplin
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla Octama

Sudah tahu belum Moms, kalau ikut aktivitas ekstrakurikuler setelah jam sekolah bisa memberikan banyak manfaat positif bagi anak ADHD yang sulit berkonsentrasi, selalu berenergi, dan impulsif?

Menurut Woodburn Pediatric Clinic’s, aktivitas ekstrakurikuler sangat baik untuk membantu anak ADHD meluapkan energi, mengasah kreativitas, meningkatkan kepercayaan diri, dan belajar bergaul.

Hasilnya, anak ADHD jadi bisa fokus dan konsentrasi lebih lama, lebih mudah bersoialisasi, berani berkreasi, bahkan resiko depresinya turun dengan drastis.

Yuk Moms, lihat dulu beberapa pilihan ekstrakurikuler anak ADHD yang terbaik menurut para pakar berikut ini.

1. Bela Diri

5 Pilihan Aktivitas Esktrakurikuler Terbaik Untuk Anak ADHD 1.jpg

Foto: Holmesplace.com

Ekstrakurikuler bela diri bukan hanya mendorong anak untuk bergerak aktif, tapi juga melatihnya untuk disiplin, mengendalikan diri, menghargai orang lain, juga meningkatkan rasa percaya diri.

Selain bela diri, olahraga individual seperti berenang, badminton, atau tenis juga bisa jadi pilihan ekstrakurikuler anak ADHD yang memiliki gejala primer hiperaktif dan sulit fokus.

Baca Juga : Anak dengan ADHD Tidak Selalu Hiperaktif, Ini 1 dari 5 Fakta ADHD Pada Anak yang Harus Moms Ketahui

2. Basket dan Sepak Bola

5 Pilihan Aktivitas Esktrakurikuler Terbaik Untuk Anak ADHD 2.jpg

Foto: Ymcagta.com

Olahraga beregu dengan tempo tinggi seperti basket dan sepak bola juga bisa jadi pilihan ekstrakurikuler anak ADHD yang punya banyak energi dan tidak bisa diam.

Selain akan melatih fokus, konsentrasi, dan memperpanjang rentang perhatiannya, olahraga beregu bertempo tinggi juga memberikan banyak kesempatan untuk bersosialisasi sambil mengembangkan kemampuan komunikasi dan sosial dengan anak lain.

3. Berenang

5 Pilihan Aktivitas Esktrakurikuler Terbaik Untuk Anak ADHD 3.jpg

Foto: Pattersonlakesswimschool.com.au

Tahukah Moms, kalau peraih belasan medali emas dalam olahraga renang Michael Phelps didiagnosa dengan ADHD saat kecil?

Menurut Michael, struktur dan bimbingan dari pelatih renangnya membantu mengendalikan gejala ADHD serta meningkatkan fokus dan disiplin.

4. Seni Musik

5 Pilihan Aktivitas Esktrakurikuler Terbaik Untuk Anak ADHD 4.jpg

Foto: Rhythmandhues.com

Untuk Si Kecil yang tidak tertarik dengan olahraga atau bela diri, belajar bermain musik bisa jadi pilihan ekstrakurikuler anak ADHD yang pas.

Menurut studi dari Florida International University bermain musik dapat meningkatkan fokus dan perhatian, mengurangi gejala hiperaktif sekaligus memperkuat kemampuan sosial pada anak ADHD.

Kirsten Hutchinson, terapis musik dari Music Works Northwest, juga mengungkapkan kalau musik dapat menstimulasi kedua belahan otak, sekaligus membantu anak ADHD mengikuti struktur dan mengendalikan diri.

Baca Juga : Ajarkan Nilai Kerja Sama pada Si Kecil dengan 4 Aktivitas Sederhana Ini

5. Pramuka

5 Pilihan Aktivitas Esktrakurikuler Terbaik Untuk Anak ADHD 5.jpg

Foto: 1zoom.net

Dalam studi yang dilansir oleh American Journal of Public Health, dikatakan kalau aktivitas di luar ruangan dan alam bebas dapat meredakan gejala ADHD secara signifikan.

Nah, pilihan ekstrakurikuler anak ADHD yang tepat untuk memberikan manfaat ini adalah pramuka.

Selain banyak belajar kemampuan baru dan melakukan aktivitas di luar ruangan, kegiatan pramuka juga menanamkan nilai kegigihan, kerja keras, dan fokus pada tujuan.

Supaya dapat merasakan manfaat yang maksimal, minat dan pendapat anak harus dijadikan pertimbangan utama sebelum mendorongnya ikut ekstrakurikuler tertentu ya, Moms.

Apa di sekolah Si Kecil ada pilihan ekstrakurikuler anak ADHD seperti di atas, Moms?

Bagi Moms yang ingin mendapatkan informasi tambahan mengenai anak dengan ADHD, Moms dapat bergabung dengan WhatsApp Group Orami Moms Community.

Di WhatsApp Group Orami Moms Community, Moms bisa berkonsultasi dengan para ahli, seperti psikolog, dokter kandungan, dokter anak, konselor laktasi, konselor pernikahan, dan lain sebagainya.

orami wag

Moms juga bisa saling bertukar cerita dengan ibu-ibu lainnya, lho! Jadi Moms akan mendapatkan banyak teman, sekaligus informasi baru.

Moms bisa langsung add WhatsApp di nomor 0811-8852-250 atau klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

Yuk gabung WhatsApp Group Orami Moms Community untuk mendapatkan berbagai keuntungan!

(WA/CAR)

Artikel Terkait