FASHION & BEAUTY
6 April 2020

5 Racikan Alami Baking Soda untuk Memutihkan Ketiak

Ketiak yang hitam seringkali membuat kita tidak percaya diri
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Phanie Fauziah
Disunting oleh Orami

Perubahan pigmentasi warna pada bagian kulit ketiak yang menjadi gelap memang menjadi salah satu masalah yang dapat menimbulkan ketidakpercayaan diri.

Keberadaannya yang tidak terlalu terlihat, bukan berarti tidak sama sekali mendapatkan perhatian. Bagi sebagian orang yang keadaan ini tentu dapat mengganggu aktivitasnya.

Kegiatan seperti mencukur, pemakaian deodoran, dan memakai pakaian ketat dapat menjadi salah satu faktor penyebab kulit ketiak menjadi gelap.

Tidak sedikit orang yang mencari cara untuk memutihkan ketiak mereka yang gelap. Cara yang paling mudah memutihkan ketiak adalah dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan di dapur rumah.

Racikan Baking Soda untuk Memutihkan Ketiak

Di Amerika, baking soda ini sangat populer. Selain memutihkan, baking soda juga membantu mengurangi aroma tidak sedap dari ketiak. Pemerintah Daerah Los Angeles bahkan merekomendasikan penggunaan baking soda pada ketiak setelah mandi untuk mentralisir aroma.

Dilansir dari Boldsky, soda kue termasuk bahan dapur yang dapat memutihkan ketiak dicampur dengan bahan dapur lainnya. Berikut bahan dan langkah-langkah penggunaannya.

1. Baking Soda dan Lemon

5 Racikan Alami Baking Soda untuk Putihkan Ketiak.jpg

Lemon merupakan pemutih alami yang dapat menerangkan area yang tidak rata warnanya. Kandungan vitamin C dalam lemon memang baik untuk kulit.

Dilansir dari Times of India, lemon termasuk bahan dapur yang membantu memutihkan ketiak. Perpaduan lemon dan baking soda dapat menjadi pilihan yang tepat untuk memutihkan ketiak.

Gunakan jus lemon yang dicampurkan dua sendok garam yang sudah diaduk hingga rata ke area ketiak sambil dipijat selama 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Kegiatan ini akan memberikan hasil baik apabila dilakukan secara tepat dan rutin.

Baca Juga: 4 Bahan Skincare Alami untuk Menghilangkan Flek Hitam

2. Baking Soda dan Air

5 Racikan Alami Baking Soda untuk Putihkan Ketiak 2.jpg

Baking soda sudah banyak diakui sebagai bahan dapur yang memiliki banyak manfaat bagi kulit seperti perawatan jerawat, membersihkan kulit, menghilangkan minyak pada wajah, penghilang flek hitam, mencerahkan kulit, dan menghilangkan kulit mati.

Khasiat tersebut tentu membantu pula memutihkan ketiak yang gelap. baking soda dapat dicampur dengan air hangat, kemudian aplikasikan pada kulit ketiak yang gelap, dan diamkan selama beberapa menit.

Bilas bagian kulit yang telah memakai baking soda dengan air bersih. Kegiatan ini dapat dilakukan rutin setidaknya 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

3. Baking Soda dan Minyak Zaitun

5 Racikan Alami Baking Soda untuk Putihkan Ketiak 3.jpg

Bukan lagi hal yang aneh jika minyak zaitun memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Tidak melulu soal menjaga kesehatan rambut, minyak zaitun juga baik untuk perawatan kulit.

Zaitun dipercaya dapat mencerahkan kulit kusam, sehingga tak salah jika mencampurkan baking soda dengan minyak zaitun yang dapat membantu memutihkan ketiak.

Gunakan campuran 2 sendok makan soda kue dengan 2 sendok makan minyak zaitun pada kulit ketiak yang gelap. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih.

Baca Juga: 6 Manfaat Minyak Zaitun untuk Pijat Payudara

4. Baking Soda dan Minyak Kelapa

5 Racikan Alami Baking Soda untuk Putihkan Ketiak 4.jpg

Minyak kelapa merupakan bahan dapur yang juga bermanfaat menghilangkan racun dalam tubuh. Namun siapa sangka, jika minyak kelapa juga merupakan bahan dasar yang dapat memutihkan ketiak. Minyak kelapa dapat dicampurkan dengan soda kue untuk dijadikan scrub alami.

Perawatan ini menggunakan 2 hingga 3 sendok soda kue dengan sedikit minyak kelapa yang kemudian diaduk hingga rata. Aplikasikan scrub ini ke bagian kulit ketiak yang gelap, diamkan beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih.

5. Baking Soda dan Cuka Apel

5 Racikan Alami Baking Soda untuk Putihkan Ketiak 5.jpg

Bukan lagi rahasia jika cuka apel memiliki segudang manfaat, dan salaj satunya adalah membunuh bakteri dan menyeimbangan kadar pH pada kulit.

Aplikasikan campuran dari cuka apel dan baking soda pada bagian ketiak yang gelap, diamkan beberapa saat, lalu bilas dengan air bersih. Perawatan ini harus dilakukan secara teratur untuk memberikan hasil yang baik.

Baca Juga: 5 Manfaat Cuka Apel untuk Rambut Keriting

Itulah beberapa racikan baking soda untuk memutihkan ketiak. Bagi Moms yang ingin memutihkan ketiak tak perlu menggunakan obat yang malah akan memberikan efek samping, alangkah lebih baiknya Moms menggunakan bahan-bahan alami terlebih dahulu.

Selamat mencoba!

(PSF/ERN)

Artikel Terkait