BAYI
3 Januari 2020

5 Rekomendasi Aktivitas untuk Perkembangan Bayi di Jakarta

Bukan suatu kewajiban, tetapi apabila dilakukan bisa membantu perkembangan bayi, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Pada masa kini, khususnya di ibu kota, ada banyak tempat yang menyediakan jasa pelayanan aktivitas bagi perkembangan bayi. Bukan hanya perkembangan kognitif dan sosial, aktivitas-aktivitas ini juga terutama diadakan untuk membantu perkembangan motorik bayi.

Eits, jangan sepelekan perkembangan-perkembangan ini ya Moms, sebab stimulus yang diberikan saat ini memang tidak terlihat hasilnya secara instan, tetapi nanti saat Si Kecil sudah besar.

Percaya atau tidak, bagi seorang bayi, mempelajari bagaimana cara mengocok mainan adalah pekerjaan yang berat. Menurut ahli perkembangan, ketangkasan seorang anak secara langsung terkait dengan perkembangan kognitif dan motoriknya.

"Melalui tangannya, bayi Anda menunjukkan hubungan antara pikiran dan tindakan," kata Rhoda Erhardt, ahli terapi okupasi anak di St. Paul yang berspesialisasi dalam fungsi tangan.

Aktivitas Perkembangan Bayi di Jakarta

Makanya, beberapa aktivitas di Jakarta ini wajib banget Moms cobain demi perkembangan bayi Moms, nih. Apa saja sih aktivitas perkembangan bayi di Jakarta yang bisa Moms dan Si Kecil coba? Cek di bawah ini, ya.

Baca Juga: Begini Tahap Perkembangan Kognitif Bayi 0-12 Bulan Sesuai Usianya

1. Baby Spa - Mom n Jo

5 Rekomendasi Aktivitas di Jakarta yang Baik untuk Perkembangan Bayi 1.jpg

Aktivitas perkembangan bayi di Jakarta yang pertama adalah baby spa. Apakah Moms sudah pernah mendengar Mom n Jo atau bahkan mencobanya? Mom n Jo merupakan tempat yang menyediakan perawatan untuk ibu hamil dan bayi.

Untuk aktivitas bayi, Moms bisa mencoba baby bath, massage, hingga jump start. Dikutip dari Mayoclinic.org, pijat bayi punya banyak manfaat. Mulai dari membantu bayi rileks dan tidur nyenyak, mengontrol stres, dan mengurangi tangisan.

Ibu hamil juga bisa melakukan perawatan, lho, seperti facial, massage, mandi susu, waxing, dan lain-lain. Baby spa ini sudah ada beberapa cabang, seperti di Darmawangsa, FX Sudirman, Kelapa Gading, Rawamangun, Pantai Indah Kapuk, dan Tangerang.

Dengan begini, Moms bisa memilih tempat yang paling dekat dengan rumah, deh. Untuk paket satu kali baby spa, harga yang dibanderol sebesar Rp 275 ribu. Tertarik mencoba baby spa-nya?

2. Sekolah Musik Bayi - Canzona School

5 Rekomendasi Aktivitas di Jakarta yang Baik untuk Perkembangan Bayi 3.jpg

Aktivitas untuk perkembangan bayi di Jakarta yang selanjutnya adalah sekolah musik bayi. Moms tertarik mau mengenalkan musik pada Si Kecil sejak bayi? Canzona School jawabannya.

Sekolah yang berlokasi di Kencana Tower Business Park, Jl. Meruya Ilir No. 88, Kebon Jeruk, Jakarta Barat ini merupakan pusat edukasi usia dini, di mana anak sejak usia 3 - 18 bulan, dan anak hingga 6 tahun bisa belajar musik klasik.

Nantinya, di dalam baby class music school ini, Moms dan Si Kecil akan diajak bermain piano dengan cara-cara yang menyenangkan seperti berimajinasi dan multisensory tools.

Canzona School juga merupakan satu-satunya sekolah musik untuk bayi di Indonesia, lho. Menarik banget, ya!

3. Sekolah Alam - Rumah Anak Cilandak

5 Rekomendasi Aktivitas di Jakarta yang Baik untuk Perkembangan Bayi 2.jpg

Aktivitas perkembangan bayi di Jakarta yang selanjutnya adalah sekolah alam. Mau anak enggak cuma main gagdet dan nge-mall saja? Moms bisa mendaftarkan Si Kecil untuk ikut baby class-nya Rumah Anak Cilandak, nih. Sesuai tagline-nya, yakni Sekolah Alam, di sini bayi usia 6-20 bulan akan diajak bereksplorasi di luar ruangan.

Untuk baby class, orang tua akan tetap mendampingi sehingga Moms juga bisa menambah pengetahuan untuk mengajari anak di rumah mengenai stimulasi motorik yang baik.

Di Rumah Anak Cilandak yang berlokasi di Jl. BDN 1 No 47AB, Cilandak, Jakarta Selatan ini akan mengajak Si Kecil bermain di taman kelinci, bermain dengan burung dan ikan, sensory play, tes tumbuh kembang, serta mendapatkan baby spa treatment.

Untuk sekali datang, baby class dibanderol dengan harga Rp 210 ribu.

Baca Juga: Yuk Kenali 3 Tahapan Tumbuh Kembang Gigi Anak!

4. Baby Class - Playfield Kid's Academy

5 Rekomendasi Aktivitas di Jakarta yang Baik untuk Perkembangan Bayi 4.jpg

Aktivitas untuk perkembangan bayi di Jakarta yang selanjutnya adalah baby class. Nah, buat Moms yang mau anaknya sudah belajar perkembangan fisik, bahasa, sosial, dan emosional serta pergerakan dan musik sedari usia dini, bisa mengikuti baby class di Playfield Kid's Academy.

Sekolah bayi yang berkisar umur 6-18 bulan ini menggunakan bahasa Inggris dan Mandarin dalam pengajarannya.

Bagi Moms yang bahkan belum menerapkan kedua bahasa ini di rumah, masuk ke baby class Playfield Kid's Academy bukan jadi hambatan. Bila mau bergabung, Moms bisa join per term selama tiga bulan dengan harga berkisar Rp 2-2.5 juta. Sekolah ini berlokasi di Jl. Srengseng Raya No. 55A, Srengseng, Kembangan, Jakarta Barat.

5. Kelas Renang Bayi - Aquatic Baby Indonesia

5 Rekomendasi Aktivitas di Jakarta yang Baik untuk Perkembangan Bayi 5.jpg

Aktivitas untuk perkembangan bayi di Jakarta yang selanjutnya adalah kelas renang bayi. Moms mau Si Kecil jago berenang sejak dini? Yuk, ikutan kelas renang untuk bayi di Aquatic Baby Indonesia. Tempat kursus ini membuka kelas renang bayi mulai usia 4 bulan hingga 2 tahun, serta balita usia 3 hingga 4 tahun.

Untuk bergabung, Moms harus menyiapkan uang sebesar Rp1,5 juta untuk 7 kali pertemuan plus uang pendaftaran Rp300 ribu. Setiap pertemuan akan berlangsung 30 menit dan wajib didampingi orang tua. Saat ini Aquatic Baby Indonesia ada di tiga lokasi, yakni Cipete, BSD, dan Bintaro.

Baca Juga: Dukung Tumbuh Kembang Anak dengan Berenang

Itulah beberapa aktivitas perkembangan yang bisa Moms temukan di Jakarta. Bagaimana, Moms? Sudah memutuskan mau mengikuti kegiatan apa saja untuk mendukung perkembangan bayi Moms?

Semoga rekomendasi tempat-tempat di atas cukup memberikan inspirasi dan motivasi, ya. Aktivitas di atas memang tidak wajib dilakukan, tetapi bisa jadi nilai plus jika Moms menerapkannya pada Si Kecil. Good luck!

(SR/ERN)

Artikel Terkait