BAYI
31 Maret 2020

5 Rekomendasi Clodi Lokal sebagai Pengganti Pospak Si Kecil

Tidak kalah dengan kualitas clodi impor, clodi lokal ini bisa dilirik juga, lho, Moms!
Artikel ditulis oleh Dita Indrihapsari
Disunting oleh Orami

Belakangan,banyak orang beralih dari popok sekali pakai alias pospak ke clodi. Apakah Moms juga salah satunya?

Banyak yang mengatakan bahwa clodi punya banyak keuntungan ketimbang pospak, terutama untuk Si Kecil. Dikutip dari Children's Hospital Los Angeles, clodi memberikan kesempatan kepada kulit Si Kecil untuk bernapas.

Bahannya yang terbuat dari katun pun membuat kulit Si Kecil jadi tidak mudah iritasi dan ruam.

Berbagai merek cloth diaper impor, seperti Blueberry, Rumparooz, hingga Charlie Banana memang tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Daya tampungnya lama dan motifnya pun menggemaskan.

Sayangnya, harga yang ditawarkannya pun cukup tinggi. Jika untuk pemakaian rutin sehari-hari, paling tidak Si Kecil membutuhkan sekurangnya 6 buah clodi. Lebih banyak, tentu lebih baik.

Nah, untunglah, kini sudah banyak produk clodi lokal yang juga tidak kalah kualitasnya dengan clodi impor namun dengan harga lebih bersahabat.

Rekomendasi Clodi Lokal untuk Si Kecil

Apa saja rekomendasi clodi lokal buatan dalam negeri yang patut jadi koleksi Moms di rumah?

1. Pempem

Rekomendasi clodi lokal - Pempem.jpg

Pempem merupakan clodi dengan tipe pocket. Ada insert atau penyerap yang bisa dimasukkan ke dalam clodi sehingga dapat menampung pipis Si Kecil.

Insert clodi Pempem berupa microfiber, lapisan seperti handuk agak tebal, ada juga yang berupa litty, terbuat dari serat bambu sehingga tampak tipis namun memiliki daya serap yang baik.

Bagian luarnya dilapisi Polyurethane Laminate (PUL) yang bersifat waterproof, mencegah cairan agar tidak rembes. Daya tahan clodi ini bahkan bisa mencapai 10 jam, lho! Jadi dapat digunakan pada penggunaan malam hari.

Desain clodi Pempem tampak khas. Ada yang full motif, ada pula yang perpaduan antara motif dan polos. Moms dapat menggunakannya dari Si Kecil newborn hingga usia 2 tahun.

Baca Juga: 5 Keuntungan Memakai Clodi Dibanding Popok Sekali Pakai

2. Bebibum

Rekomendasi clodi lokal - Bebibum.jpg

Ternyata clodi Bebibum merupakan sister brand dari Pempem. Meski demikian ada perbedaan mencolok dari kedua clodi tersebut. Jika Pempem bertipe pocket, maka Bebibum merupakan tipe cover, artinya tidak memiliki kantong untuk memasukkan insert.

Insert pada clodi Bebibum langsung ditempelkan di atas permukaan inner clodi. Jadi, jika insert sudah penuh namun cover masih belum basah, Moms tinggal mengganti insert­-nya saja, tidak perlu mengganti cover-nya juga.

3. Gee Gallery

Rekomendasi clodi lokal - GG.jpg

Clodi Gee Gallery kerap disingkat dengan sebutan GG. Clodi lokal ini memiliki beberapa tipe. Salah satunya tipe pocket berwarna polos dan motif lucu yang dapat digunakan dari Si Kecil baru lahir hingga berat 15 kg.

Clodi tipe pocket GG mudah diatur dan dilengkapi dengan velcro. Bagian dalam insert­nya berupa microfleece, sedangkan outer-nya terbuat dari bahan PUL. Untuk anak perempuan, GG juga mengeluarkan clodi dengan model tutu, lho!

Selain tipe pocket, GG juga mengeluarkan clodi yang bisa sekaligus dipakai sebagai training pants. Bagian pinggangnya dapat disesuaikan dengan ukuran kancing yang ada. Clodi tipe ini bisa dipakai dari Si Kecil berat 8-30 kg.

Baca Juga: Ssstt... Ternyata, Ini 5 Manfaat Madu untuk Anak

4. Cluebebe

Rekomendasi clodi lokal - Cluebebe.jpg

Cluebebe juga termasuk clodi lokal yang patut diperhitungkan, nih, Moms! Clodi ini memeiliki beberapa jenis tipe, salah satunya model pocket klasik. Tipe ini dilengkapi dengan insert yang terbuat dari 3 lembar microfiber dan 1 lembar microfleece stay dry. Daya tampungnya pun cukup banyak, hingga lebih dari 220 ml.

Selain tipe pocket, Cluebebe juga mengeluarkan tipe cover untuk newborn dan bayi yang lebih besar. Tak hanya itu, ada juga pull up pants yang dapat digunakan Si Kecil saat toilet training. Lengkap, kan!

5. Pokado

Rekomendasi clodi lokal - pokado.jpg

Hampir sama dengan clodi lokal lainnya, Pokado juga memiliki outer yang terbuat dari bahan PUL yang bersifat waterproof namun tetap breathable. Sementara itu inner-nya terbuat dari microfleece yang lembut dan insert Pokado terdiri dari 3 lembar bahan microfiber.

Pokado memiliki beberapa varian tipe, yaitu pocket velcro berperekat, pocket snap berkancing, dan cover velcro. Kesemua tipe ini memiliki beragam motif dan ada pula yang polos.

Baca Juga: 5 Mainan Edukatif untuk Perkembangan Bayi di Bawah 1 Tahun

Setiap merek memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, ya, Moms. Untuk Si Kecil, Moms dapat memilih menurut selera, kualitas dan dapat dibandingkan dengan harganya juga.

"Ada begitu banyak pilihan clodi di pasaran, tidak peduli pada jenis tubuh atau tingkat aktivitas bayi Anda, akan ada clodi yang cocok untuknya," ujar Erin Odom, penulis buku Confessions of Cloth Diaper Convert: A Simple, Comprehensive Guide to Using Cloth Diapers.

(DI/ERN)

Artikel Terkait