BALITA DAN ANAK
20 Mei 2020

5 Sayuran Hijau Terbaik untuk MPASI Anak

Segar dan bernutrisi tinggi, berikut ini lima favorit MPASI sayuran hijau untuk anak.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ninta
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Apakah Si Kecil sudah memasuki usia 6 bulan? Selamat. Ini saatnya Moms memberikan asupan nutrisi selain ASI untuk memaksimalkan tumbuh kembangnya.

Tahapan ini merupakan tahap awal Moms untuk mulai memperkenalkan makanan pendamping ASI atau MPASI.

Dalam penelitian yang dipimpindokter Bart Larsen di University of Pennsylvania, Amerika, menyimpulkan bahwa salah satu kebutuhan penting untuk tumbuh kembang anak adalah zat besi. "Kadar zat besi dalam jaringan otak meningkat selama perkembangan dan berkorelasi dengan kemampuan kognitif," kata dokter Larsen.

Pilihan Bahan MPASI Sayuran Hijau untuk Anak

Seperti yang diketahui, zat besi banyak ditemukan pada sayuran berdaun hijau gelap serta kacang-kacangan. Berikut ini pilihan bahan MPASI sayuran hijau untuk anak terbaik yang bisa Moms berikan.

1. Bayam

mpasi sayuran hijau untuk anak

Foto: simplyrecipes.com

Sayur bayam kaya akan vitamin K yang membantu dalam meningkatkan produksi protein yang disebut Osteocalc yang bertanggung jawab untuk menstabilkan kalsium dalam tulang.

Selain itu, bayam merupakan sumber zat besi, magnesium, kalsium, vitamin D, serat makanan, kalium, magnesium dan vitamin C. Semuanya merupakan nutrisi penting yang baik untuk kesehatan tulang.

Baca Juga: 4 Manfaat Bayam untuk Kesehatan

2. Kale

mpasi sayuran hijau untuk anak

Foto: eatthismuch.com

Tak hanya untuk orang dewasa, kale juga merupakan MPASI sayuran hijau untuk anak yang sangat baik untuk membantu tumbuh kembangnya. Kale kaya akan nutrisi seperti vitamin A, C dan K, serta serat dan protein.

Jika Si Kecil sudah terbiasa dengan MPASI-nya, Moms bisa menambahkan pir untuk kalium, vitamin C, dan serat yang lebih banyak.

Pilih baby kale yang daunnya lebih manis dan lebih lembut. Kukus bersama dengan pir yang sudah dikupas dan dipotong dadu kemudian haluskan. Si Kecil pasti suka dengan rasanya.

Baca Juga;

3. Zucchini

mpasi sayuran hijau untuk anak

Foto: health.com

Zucchini tidak memiliki rasa. Namun, zucchini merupakan sumber zat besi, kalium, folat, vitamin C, dan beta-karoten yang baik untuk Si Kecil.

Zucchini juga memiliki kandungan air yang tinggi dan memiliki tekstur yang empuk sehingga mudah untuk anak dalam mencernanya.

Moms bisa memadankan sayur yang satu ini dengan kentang, ubi jalar, wortel atau labu untuk memberikan rasa yang nikmat.

Baca Juga: Patut Tahu! Ini 5 Manfaat Zucchini Untuk Balita

4. Brokoli

mpasi sayuran hijau untuk anak

Foto: aubergines.com.au

"Brokoli kaya akan serat, sangat tinggi vitamin C, dan memiliki kalium, B6 dan vitamin A," kata Victoria Jarzabkowski, ahli gizi dari Fitness Institute of Texas di University of Texas di Austin. Brokoli juga mengandung zat besi yang lebih banyak daripada Zuchini serta antioksidan.

"Antioksidan dapat membantu menemukan dan menetralkan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel pada tubuh," jelas Victoria.

Menurut National Cancer Institute, radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel yang bisa menyebabkan kanker.

Baca Juga: 5 Manfaat Brokoli Untuk Ibu Hamil dan Janin

5. Kacang Polong

mpasi sayuran hijau untuk anak

Foto: dailymail.co.uk

Nyatanya, kacang polong yang kecil memiliki khasiat yang besar untuk membantu melengkapi zat besi yang diperlukan anak. Kacang polong merupakan sumber zat besi, vitamin C, K, folat, dan serat yang sangat baik.

Kandungan ini akan membantu menjaga kesehatan mata, otak, serta tulangnya sejak ia masih bayi.

Jadi, jika ingin Si Kecil tumbuh cerdas dan kuat jangan lupa untuk memasukkan kacang polong pada menu MPASI anak.

Pilihan MPASI sayuran hijau untuk anak tidak sulit untuk dicari, bukan?

Artikel Terkait