PROGRAM HAMIL
28 Maret 2019

5 Sumber Makanan Penting Untuk Dikonsumsi Selama Trimester Kedua Agar Janin Berkembang Sempurna

Diet seimbang dan bergizi selama kehamilan sangat penting bagi kesehatan Moms dan calon buah hati
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Pola makan yang sehat akan memastikan janin mendapat nutrisi yang dibutuhkan untuk berkembang dengan optimal.

Selain itu, pola makan dengan baik juga mencegah komplikasi kehamilan, termasuk kelahiran prematur, tekanan darah tinggi, dan preeklamsia.

Selama kehamilan, Moms harus pastikan untuk mendapat cukup vitamin, mineral, protein, lemak, dan karbohidrat untuk pertumbuhan janin yang sehat.

Tapi, jangan sampai salah pilih makanan, ya. terlalu banyak kalori yang masuk juga tidak baik bagi kesehatan Moms.

Agar lebih jelas, berikut daftar makanan penting untuk dikonsumsi selama trimester kedua.

Baca Juga : Benarkah Ibu Hamil Harus Makan Dua Kali Lipat?

1. Zat Besi

Zat besi sangat penting di masa kehamilan, karena berfungsi membantu membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Selama kehamilan, zat besi memasok oksigen ke tubuh bayi yang sedang berkembang.

Jika pola makan Moms kekurangan zat besi, Moms bisa mengalami anemia, yang meningkatkan risiko komplikasi persalinan, seperti kelahiran prematur dan depresi pascapersalinan.

Sumber zat besi bisa Moms dapat di daging tanpa lemak, makanan laut yang dimasak, sayuran berdaun hijau, kacang dan lentil, biji-bijian utuh, dan oatmeal.

2. Protein

shutterstock 767826829

Saat hamil, Moms membutuhkan 75 hingga 100 gram protein setiap hari untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan otak bayi dan jaringan lainnya.

Protein juga diperlukan untuk pertumbuhan rahim dan payudara Moms.

Sumber protein yang baik meliputi daging tanpa lemak, tahu dan tempe, telur, ikan yang dimasak, kacang polong, dan lentil.

3. Kalsium

Jumlah asupan kalsium selama kehamilan yang disarankan adalah 1.000 mg. Siapa pun yang berusia di bawah 18 tahun, yang sedang hamil, harus berupaya mengonsumsi 1.300 mg kalsium setiap hari.

Kalsium membantu pertumbuhan tulang dan gigi bayi, dan berperan dalam pembentukan otot, saraf, dan sistem peredaran darah.

Makanan kaya kalsium meliputi susu (termasuk yogurt dan keju), telur, tahu, kacang almond, ikan sarden dan salmon (dengan tulang), sayuran hijau seperti kangkung, brokoli, dan jus buah yang diperkaya kalsium.

Baca Juga : Bolehkah Ibu Hamil Makan Makanan Fermentasi?

4. Folat

shutterstock 1302317803

Folat sangat penting selama kehamilan karena membantu mencegah cacat tabung saraf, termasuk spina bifida, dan mengurangi risiko persalinan prematur.

Sebuah analisis dari 18 studi juga menunjukkan bahwa asam folat secara signifikan mengurangi risiko cacat jantung bawaan.

Makanan yang kaya akan asam folat atau folat bisa Moms dapatkan dari sayuran berdaun hijau gelap, jeruk, beras, dan suplemen prenatal.

5. Vitamin D

Vitamin D membantu membangun tulang dan gigi bayi yang sedang berkembang. Asupan yang dianjurkan selama kehamilan adalah 15 mcg sehari.

Vitamin D tidak terlalu banyak ditemukan dalam makanan secara alami, tetapi banyak makanan yang kini telah diperkayadengan vitamin D.

Asupan vitamin D bisa Moms dapatkan dari ikan berlemak seperti salmon, tuna segar, dan mackerel, minyak hati ikan, hati sapi, keju, kuning telur, dan jus yang diperkaya vitamin D.

(VAN)

Artikel Terkait