RUPA-RUPA
22 Oktober 2020

8 Tanaman Hias yang Cocok untuk Rumah Mungil Moms, Coba Ditengok!

Perlu dekorasi yang segar, asri dan membawa suasana sejuk yang cocok untuk rumah mungilmu? Tanaman hias indoor jawabannya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Tak semua tanaman hias berukuran besar dan menyita ruang. Masih banyak tanaman hias indoor yang berukuran mini, lucu dan serba menggemaskan. Yuk intip 8 tanaman hias rumah mungil di bawah ini!

Baca Juga: 5 Tanaman Hias yang Sedang Tren dan Bisa Ditanam di Rumah

8 Jenis Tanaman Hias Rumah Mungil

1. Bambu Rejeki

Bambu-Rejeki.jpg

Foto: Orami Stock Photos

Lucky bamboo, demikian nama keren dari tanaman hias rumah mungil yang satu ini. Sesuai namanya, tanaman bambu rejeki dipercayai bisa membawa keberuntungan sehingga kerap dijadikan simbol dekorasi di dalam rumah.

Yang lebih penting lagi, bentuknya yang indah dalam kumpulan bambu yang disurun rapat menjadikannya tanaman hias indoor yang cocok. Tambahkan juga seikat pita merah untuk atraksi yang paling menarik perhatian.

Baca Juga: Yuk Coba Berkebun di Rumah, Ini 9 Tanaman yang Perawatannya Paling Mudah

2. Anthurium

Anthurium.jpg

Foto: Orami Stock Photos

Bentuk daun yang unik, bervariasi dan indah, tanaman hias rumah mungil berupa bunga anthurium berwarna merah terang layak dilirik menjadi dekorasi rumah. Coba yang jenis bunga anthurium mini sebagai solusi untuk tanaman hias indoor di rumah mungilmu.

3. Sirih Gading

Tanaman hias dalam ruangan - sirih gading.jpg

Foto: Orami Stock Photos

Sirih gading termasuk tanaman hias rumah mungil yang sangat mudah dirawat. Tanaman hias dalam ruangan ini bisa tumbuh dengan baik ketika ditanam melalui media tanah maupun air.

Bentuknya menjuntai sehingga sangat bagus jika diletakkan pada rak atau ambalan yang menempel di dinding. Tanaman ini sangat baik dalam menyerap racun di udara, lho!

4. Calathea Makoyana

shutterstock 334223351

Foto: Orami Stock Photos

Tanaman yang juga dikenal dengan nama tanaman merak ini memang memiliki warna daun cantik seperti burung merak. Selain cantik untuk menghiasi rumah, tanaman hias rumah mungil ini juga mudah sekali untuk dirawat.

Moms hanya perlu menjaganya untuk selalu lembap dan tidak terkena sinar matahari langsung. Mudah kan, Moms?

5. Peace Lily

Tanaman hias dalam ruangan - peace lily.jpg

Foto: Orami Stock Photos

Namanya unik, bentuknya pun cantik. Ya Moms, tanaman hias lili perdamaian juga termasuk salah satu tanaman hias rumah mungil dan cocok diletakkan di dalam ruangan karena mampu menyerap polutan dengan baik.

Peace lily ini pun termasuk tanaman hias dalam ruangan yang “tahan banting” lho!

Tamanan hias rumah mungkil satu ini tidak memerlukan banyak cahaya matahari untuk bisa tetap hidup, maka dari itu sangat cocok ditaruh di dalam ruangan.

6. Monstera

main

Foto: leonandgeorge.com

Bagi Moms yang memiliki rumah dengan lahan terbatas atau rumah mungil, tanaman monstera akan terasa sangat pas. Tanaman hias rumah mungil ini tergolong tanaman indoor yang memiliki perawatan mudah dan dapat bertahan lama.

Tidak hanya itu, warna hijaunya yang indah akan memberi sentuhan asri dalam rumah Moms.

7. Sansevieria

83364 00 baki 20170721175541

Foto: bakker.com

Ketujuh, ada tanaman hias rumah mungil yang mungkin namanya tak familiar, namun wujudnya sangat tidak asing. Sekilas tanaman ini memang tajam, tetapi ia tetap indah dan banyak disukai karena perawatannya yang terbilang mudah.

Tidak hanya itu saja, tanaman hias rumah mungil yang satu ini juga memiliki banyak manfaat. Bila diletakkan di dalam rumah, sanseviera dapat membantu menetralisir polusi yang kurang baik, seperti asap rokok.

8. Tanaman Sukulen

shutterstock 359324090

Sukulen atau succulent dalam bahasa Inggris sebetulnya bukan nama tanaman, melainkan jenis tanaman yang menyimpan air pada bagian daunnya sehingga tidak perlu sering disiram.

Sukulen juga dapat membuat lingkungan sekitarnya lebih sehat. Seperti semua tanaman, sukulen melepas oksigen di siang hari tapi melepas karbon dioksida di malam hari.

Beberapa jenis sukulen juga bisa membersihkan udara dan membuat udara kering menjadi lebih lembap. Beberapa tanaman sukulen, antara lain zebra plant (Haworthiopsis fasciata, Haworthia fasciata), jade plant, hens and chicks, dan donkey tail (Sedlum morganianum). Tanaman sukulen ini bisa ditanam di pot atau dibuat jadi terrarium cantik sebagai tanaman hias rumah mungil Moms.

Baca Juga: Mudah Dirawat dan Minimalis, Ini 8 Tanaman yang Cocok di Apartemen

Nah, itulah 58tanaman hias rumah mungil yang cocok untuk rumah Moms. Paling suka yang mana nih?

Artikel Terkait