GAYA HIDUP
4 Juli 2019

5 Tanaman Indoor yang Tidak Gampang Mati, Cantik Untuk Pemanis Ruangan Rumah

Tanaman ini hanya butuh sedikit air dan sinar matahari
Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Carla Octama

Memiliki tanaman di dalam rumah dapat membuat suasana rumah jadi lebih berwarna dan sejuk. Namun, jika Moms adalah ibu yang sibuk mungkin tidak punya cukup waktu untuk menanam dan merawat tanaman.

Tetapi, tahukah Moms ada beberapa jenis tanaman di dalam ruangan yang tahan lama bahkan dengan perawatan yang minim?

Tanaman-tanaman indoor ini tidak membutuhkan banyak air dan sinar matahari. Moms tak perlu khawatir bila lua menyiram atau membawa ke luar ruangan.

Berikut 5 tanaman indoor yang tidak mudah mati dan membutuhkan sedikit perawatan.

1. Lidah Buaya

lidah buaya

Selain memiliki banyak manfaat untuk tubuh, tanaman lidah buaya juga sangat mudah ditanam dan tidak membutuhkan banyak perawatan.

Seperti jenis kaktus lainnya, lidah buaya hanya membutuhkan sinar matahari dan penyiraman yang sedikit. Tak hanya itu, lidah buaya juga dapat membantu menyegarkan udara di rumah.

Lidah buaya telah terbukti menghilangkan formaldehyde dari udara di rumah, sehingga punya kemampuan membersihkan udara dari polutan di rumah.

Jangan tinggalkan tanaman lidah buaya di bawah sinar matahari langsung, dan cukup siram setiap dua minggu sekali.

Baca Juga: Yuk Coba Berkebun di Rumah, Ini 9 Tanaman yang Perawatannya Paling Mudah

2. Lidah Mertua

lidah mertua.jpg

Tanaman yang kaku ini sebenarnya lebih baik berada di kondisi yang lebih kering dan tidak membutuhkan sinar matahari yang sering.

Bahkan meskipun Moms terlalu banyak memberikan air dan cahaya, tanaman lidah mertua juga tidak akan membusuk.

Lidahh mertua juga bisa menghilangkan polutan di udara seperti benzena, formaldehyde, trichlorethylene, dan xylene di rumah.

Sedikit tips, jika hendak menyiram tanaman lidah mertua sebaiknya siram di sekitar tepi pot, ketimbang langsung menyiramnya ke bagian tengah tanaman.

3. Lili Putih

lidah mertua.jpg

Moms tidak akan membutuhkan pengingat untuk menyirami bunga lili, melainkan cukup melihat daunnya saja. Jika dedaunan mulai terkulai, itu menandakan ia butuh disiram.

Siram bunga lili dengan menggunakan semprotan setiap beberapa minggu, dan tanaman ini juga akan membantu membersihkan udara di dalam ruangan.

Bunga lili juga lebih menyukai sinar matahari yang sedikit, dan mereka punya jenis yang dapat tumbuh setinggi hampir 2 meter!

Baca Juga: 9 Jenis Tanaman Hias yang Mudah Dirawat oleh Pemula

4. Pohon Dolar

zz plant.jpg

Meskipun tidak menghasilkan dolar, tanaman ini tahan lama dan tidak mudah mati jika diletakkan di tempat dengan cahaya rendah, udara kering, serangga, dan bila jarang disiram.

Pohon dolar juga indah untuk dilihat, tanaman ini memiliki dedaunan hijau gelap dan mengkilap. Moms dapat menyiramnya sekitar sebulan sekali.

5. Pakis Gunung

pakis gunung.jpg

Pakis kecil memiliki struktur daun berenda dan menggantung yang akan memberi tampilan segar di rumah atau ruang belajar.

Pakis gunung menyukai sedikit kelembapan, tetapi tidak mampu dihadapkan dengan sinar matahari langsung. Sehingga, Moms bisa menaruhnya di tempat teduh.

Jika pakis gunung tampak layu saat udara dingin, jangan panik. Mereka hanya butuh sedikit waktu untuk menyesuaikan diri.

Cukup tempatkan di bawah sinar matahari yang bagus dan biarkan sebentar, dan pakis gunung akan segera cantik kembali.

Itu dia 5 tumbuhan indoor yang tidak gampang mati dan bisa membuat penampilan rumah lebih segar.

Artikel Terkait