BALITA DAN ANAK
14 Juni 2020

5 Tanda Anak Alami Gangguan Makan yang Tidak Orang Tua Sadari

Perhatikan tanda-tanda anak mengalami gangguan makan berikut ini agar bisa segera diatasi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Gangguan makan pada Si Kecil jadi masalah yang cukup membingungkan untuk diatasi oleh sebagian besar orang tua saat ini. Tak hanya itu, gangguan makan pada anak juga akan berdampak negatif pada kesehatan, emosional, dan interaksinya sehari-hari.

Maka, guna mencegah hal ini terjadi, perlu peran orang tua untuk memperhatikan kebiasaan makan anak. Melalui artikel ini Moms, dapat mengetahui informasi seperti apa saja tanda anak mengalami gangguan makanan.

5 Tanda Anak Mengalami Gangguan Makan

Tanda anak mengalami gangguan makan paling umum dapat dilihat ialah penurunan berat badan yang cukup drastis, bentuk tubuh, dan perilaku kurang nyaman yang dirasakan Si Kecil.

Perubahan perilaku ini terjadi karena tubuh Si Kecil kurang mendapat asupan nutrisi yang tepat sesuai usianya. Risiko terburuk dari gangguan makan ini ialah dapat membahayakan jantung, sistem pencernaan, tulang, gigi dan mulut, serta memicu penyakit lainnya.

Mengutip laman Mayo Clinic, gangguan makan biasanya terjadi pada remaja hingga usia dewasa muda atau pada beberapa kasus juga terjadi pada anak-anak.

Berikut ini 5 tanda-tanda yang harus Moms waspadai terkait gangguan makan pada anak-anak.

1 . Perubahan Berat Badan Tidak Normal

Tanda Anak Mengalami Gangguan Makan 1.jpg

Foto: freepik.com

Tumbuh kembang anak, dalam hal ini perubahan berat badan dapat diprediksi sesuai dengan usia dan tingginya. Tanda anak mengalami gangguan makanan biasanya terlihat pada penurunan berat badannya yang signifikan atau gagal bertambahnya berat badan dari yang diharapkan.

Penurunan berat badan atau tidak bertambahnya berat badan anak ini biasanya disebabkan oleh pola makan anak yang kurang teratur atau asupan makanan yang kurang bergizi. Apabila hal ini terjadi, segera lakukan perubahan pola makan dan terapkan diet sehat pada Si Kecil ya, Moms.

Baca Juga: Ups, 4 Kesalahan Saat Menghadapi Picky Eater Ini Harus Moms Hindari

2. Pilih-Pilih Makanan

Tanda Anak Mengalami Gangguan Makan 2.jpeg

Foto: pexels.com

Tanda anak mengalami gangguan makan selanjutnya bias Moms amati saat waktu makan bersama berlangsung. Apabila anak terlihat menghindari waktu makan bersamaan dan lebih memilih makan sendiri atau dengan pilihan makanan yang lain, itu berarti salah satu tanda anak mengalami gangguan makan.

Peringatan penting lainnya ialah jika Si Kecil hanya ingin makanan tertentu seperti makanan siap saji, makanan manis, dan makanan yang digoreng.

3. Hilangnya Salah Satu Makanan Tanpa Disadari

Tanda Anak Mengalami Gangguan Makan 3.jpg

Foto: freeimages.com

Apakah Moms pernah merasa salah satu makanan atau bahan makanan di rumah cepat habis dari waktu yang seharusnya? Jika ya, bisa jadi Si Kecil secara diam-diam mengonsumsi makanan tersebut.

Hal ini patut diwaspadai karena bisa jadi Si Kecil mengalami bulimia. Anak dengan penyakit bulimia cenderung melakukan hal tersebut. Bulimia merupakan penyakit gangguan makan yang ditandai dengan konsumsi makanan secara berlebihan dan berulang-ulang, kemudian memuntahkannya kembali.

Baca Juga: Jangan Panik, Ini 5 Cara Menangani Anak Obesitas

4. Terlalu Fokus Memikirkan Penampilan

Tanda Anak Mengalami Gangguan Makan 4.jpg

Foto: freepik.com

Tanda anak mengalami gangguan makan berikutnya ialah anak jadi terlalu fokus dengan penampilan. Nyatanya, bukan hanya orang dewasa saja yang bisa rendah diri terkait penampilannya, anak kecil pun bisa mengalami hal serupa.

Jika Moms melihat Si Kecil akhir-akhir ini sering bercermin dan menunjukkan ekspresi wajah tidak bahagia, bisa jadi ia sedang mengalami permasalahan ini dan ingin menurunkan berat badannya.

Peran aktif orang tua di situasi seperti ini sangat diperlukan untuk mengarahkan dan membimbing anak. Jangan biarkan ia mencari solusinya sendiri dengan cara mencoba diet tidak sehat dan berdampak buruk pada kesehatannya nanti.

5. Kebiasaan Makan Terlalu Banyak

Tanda Anak Mengalami Gangguan Makan 5.jpg

Foto: freepik.com

Jangan tertipu bila Si Kecil terlihat makan lahap dan banyak. Ketika anak memiliki kebiasaan makan terlalu banyak, biasanya itu karena ia belum dapat mengontrol porsi makannya.

Anak-anak pun bisa makan terlalu banyak meski tidak dalam kondisi lapar. Jika dibiarkan, biasanya anak dengan kebiasaan makan seperti ini berpotensi mengalami obesitas di kemudian hari.

Baca Juga: 4 Trik Agar Anak Mengurangi Makan Junk Food

Itulah beberapa informasi mengenai tanda anak mengalami gangguan makan yang perlu Moms ketahui.

Apabila Moms merasa kesulitan mengontrol asupan gizi dan diet sehatnya, segera cari bantuan dengan menghubungi dokter anak, ahli gizi, nutritionist, atau profesional medis untuk kesehatan mental anak.

Artikel Terkait