BAYI
6 Mei 2020

5 Tanda Bayi Alergi. Jangan Disepelekan Ya, Moms!

Waspadai munculnya tanda-tanda bayi alergi, karena rentan mengancam nyawa bayi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Gladys
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Melihat bayi muntah atau muncul bekas gigitan nyamuk di kulit bayi saja sudah seringkali membuat Moms cemas. Apalagi jika bayi mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda bayi alergi yang gejalanya tentu lebih menakutkan.

Jika mendengar kata alergi, mungkin yang terbesit pertama kali adalah alergi makanan. Namun sebenarnya ada jenis alergi lain yang bisa muncul di fase usia bayi selanjutnya.

Misalnya: alergi lingkungan (debu). Menurut American Academy of Allergy, Asthma, & Immunology, bayi yang memiliki saudara kandung atau orang tua yang memiliki alergi, berisiko lebih tinggi untuk juga mengembangkan alergi.

Tanda-tanda Bayi Alergi

Untuk itu, jika Moms atau Dads memiliki garis keturunan alergi, perhatikan tanda-tanda bayi alergi berikut ini dan dapatkan penanganan yang tepat dari Dokter.

1. Perubahan Kulit

1 Perubahan Kulit.jpg

Foto: medicaldailypress.com

Perubahan kulit merupakan tanda-tanda bayi alergi yang paling mudah terlihat.

“Biasanya, reaksi alergi yang berhubungan dengan makanan diawali dengan masalah kulit, seperti gatal kemerahan, muncul bercak pada kulit, seringkali di sekitar mulut dan leher,” ungkap Dokter anak bidang alergi di Hassenfeld Children’s Hospital, NYU Langone in New York City, Sujan Patel, MD, seperti dikutip dari thebump.com.

Tanda-tanda bayi alergi ini bisa muncul dalam beberapa jam setelah bayi diberi makanan yang menjadi pemicu alergi.

Baca Juga: 3 Alergi yang Sering Diderita Bayi

2. Masalah Perut

2 Masalah Perut.jpg

Foto: healthline.com

Saat bayi mengonsumsi makanan yang membuatnya menimbulkan alergi, maka itu dapat mengganggu sistem pencernaannya. Tanda-tanda bayi alergi ini termasuk mual, muntah, diare dan sakit perut yang dirasakan oleh bayi.

3. Gejala Seperti Flu

3 Gejala Seperti Flu.jpg

Foto: yogadistrict.com

Secara umum, alergi yang disebabkan oleh faktor lingkungan, seperti jamur atau debu, biasanya memengaruhi sistem pernapasan, sehingga tanda-tanda bayi alergi ini seringkali menyebabkan hidung berair (ingusan).

Tanda-tanda bayi alergi ini tidak hanya dapat dipicu oleh alergi akibat lingkungan, tapi juga bisa disebabkan oleh alergi makanan.

Baca Juga: Membedakan Penyebab Pilek Pada Bayi, Karena Virus atau Alergi?

4. Rewel

4 Rewel.jpg

Foto: Tania Van den Berghen – Pixabay.com

Jika bayi lebih rewel dari biasanya setelah diberi makanan yang baru pernah dicobanya, maka bukan tidak mungkin itu merupakan tanda-tanda bayi alergi. “

Bayi rewel dapat menjadi gejala terhadap kondisi apapun yang membuat bayi tidak nyaman, termasuk alergi makanan ringan hingga sedang,” ungkap Chief Medical Advisor di Food Allergy Research & Education, Dr. Thomas Casale, seperti dikutip dari romper.com.

Hal ganjil lain yang dapat menjadi tanda-tanda bayi alergi, adalah bayi mengunyah jari-jarinya di dalam mulut, bahkan menarik atau menggaruk lidah mereka sendiri. Suara bayi yang sedang mengalami alergi juga dapat berubah menjadi lebih serat atau berderit.

Baca Juga: Ternyata Alergi Musiman Juga Bisa Terjadi pada Bayi

5. Kesulitan Bernapas

5 Kesulitan Bernapas.jpg

Foto: sheknows.com

Tanda-tanda bayi alergi juga dapat dilihat jika bibir, lidah atau tenggorokan bayi terlihat membengkak. Saat kondisi cukup buruk, gejala ini dapat menghalangi jalan napas mereka, sehingga mempersulit bayi bernapas dan rentan mengancam nyawa bayi.

Saat bayi mulai terlihat kesulitan bernapas, kulit membiru atau kehilangan kesadaran, maka ada baiknya segera berkonsultasi dengan Dokter. Karena dapat menjadi tanda anafilaksis, jenis reaksi alergi yang sangat parah.

Baca Juga: Moms, Yuk Kenali Ciri-ciri Alergi Dingin Pada Bayi

Itulah tanda-tanda bayi alergi yang perlu diwaspadai. Jika bayi menunjukkan salah satu atau lebih gejala, segera berkonsultasi dengan Dokter mengenai perawatan yang tepat.

Artikel Terkait