KEHAMILAN
12 Januari 2020

5 Tanda Bayi Meninggal dalam Kandungan, Waspada!

Kehamilan memang menjadi momen yang membahagiakan. Tapi tak sedikit orang tua yang harus kehilangan calon buah hatinya begitu cepat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Phanie Fauziah
Disunting oleh Dina Vionetta

Kadang kala kematian dapat menyakitkan dan tak diinginkan terjadi. Namun, tak bisa dihindari dan dapat terjadi kapan saja, termasuk janin yang masih dalam kandungan.

Kejadian seperti itu diketahui dengan istilah stillbirth. Dilansir dari Kidspot, stillbirth merupakan kondisi bayi yang meninggal sebelum atau selama kelahiran. Sementara, ketika janin dalam rahim meninggal juga dikenal dengan sebutan keguguran.

Kondisi seperti ini tentu akan menyakitkan secara emosional, namun Moms perlu mengetahui tanda bayi meninggal dalam kandungan.

Tanda Bayi Meninggal dalam Kandungan

1. Perubahan Pergerakan Bayi

5 Tanda Bayi Meninggal dalam Kandungan.jpg

Foto: pregnancy.birthbaby.org.au

Dikutip dari Stanford Children's Health, gerakan janin pada usia 16 atau 22 minggu kehamilan akan dirasakan oleh ibu hamil yang biasanya akan membuat respon senang.

Pergerakan ini akan terjadi biasanya saat istirahat pada malam hari, mandi, makan, minum, atau mendengarkan musik.

Gerakan ini akan teratur dan mengetahui pola pergerakannya ketika telah memasuki usia 26 minggu.

Saat berkonsultasi dengan dokter, pergerakan akan dihitung setelah memasuki trimester ketiga kehamilan dengan hitungan normal sebanyak 10 kali dalam waktu satu jam atau kurang.

Namun, Moms harus mewaspadai bila gerakan janin kurang dari hitungan biasanya atau pola pergerakan yang berubah dari kebiasaan.

Hal ini dapat segera dikonsultasikan bila Moms tidak merasakan gerakan janin selama 1x24 jam. Perubahan pergerakan bayi ini menjadi tanda bayi meninggal dalam kandungan.

2. Pendarahan

5 Tanda Bayi Meninggal dalam Kandungan 2.jpeg

Foto: romper.com

Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) dalam sebuah studi mengatakan bahwa 10 sampai 25 persen dari semua kehamilan secara klinis diakui berakhir dengan keguguran, dan stillbirth memengaruhi sekitar 1 dari 100 kehamilan.

Kondisi seperti ini dapat menjadi tanda bayi meninggal dalam kandungan. Tanda pada umumnya adalah pendarahan dari vagina.

Meskipun belum tentu menjadi salah satu tanda antara keguguran atau stillbirth, Moms perlu mewaspadai apabila pendarahan cukup banyak dan terjadi terus menerus.

3. Cairan Dari Vagina

5 Tanda Bayi Meninggal dalam Kandungan 3.jpeg

Foto: boots.ie

Janin dalam kandungan dilindungi dengan cairan ketuban yang memiliki manfaat untuk pertumbuhan dan kesehatan janin selama kehamilan.

Jika Moms mengalami keluarnya cairan dari vagina, hal ini perlu diwaspadai. Pasalnya keluarnya cairan dari vagina dapat menjadi salah satu tanda bayi meninggal dalam kandungan dan menandakan berhentinya perkembangan janin.

Mengapa? Cairan ini biasanya akan keluar bila sudah dekat dengan persalinan, jika tidak mendekati waktunya, Moms perlu mewaspadai dan berkonsultasi dengan dokter.

4. Kram dan Sakit Perut

5 tanda bayi meninggal dalam kandungan.jpg

Foto: americanpregnancy.org

Kondisi kram dan sakit perut memang menjadi hal yang wajar saat sedang hamil.

Namun, jika kondisi seperti ini terjadi secara terus menerus dan mengganggu aktivitas ibu hamil, tentu bukan menjadi suatu kewajaran.

Kram dan sakit perut ini dapat menjadi salah satu masalah dalam kehamilan dan fatalnya menjadi tanda bayi meninggal dalam kandungan.

5. Penurunan Hormon HCG

5 tanda bayi meninggal dalam kandungan 2.jpg

Foto: momjunction.com

Tubuh wanita yang sedang hamil akan memproduksi hormon HCG yang terus meningkat hingga usia 16 minggu kehamilan dan akan stabil saat persalinan.

Namun, Moms perlu mewaspadai kadar hormon HCG yang menurun dapat menjadi tanda bayi meninggal dalam kandungan atau stillbirth.

Dengan mengetahui tanda-tandanya, Moms akan lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatan ibu dan janinnya.

Konsultasikan segera dengan dokter apabila terjadi tanda-tanda tersebut untuk menghindari kondisi yang fatal.

Artikel Terkait