KEHAMILAN
13 November 2019

5 Tanda Hamil Muda yang Sering Luput dari Perhatian

Biasanya bagian payudara akan terasa sering nyeri dan membesar
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Seperti apakah tanda hamil muda? Apakah suhu tubuh Moms terasa tinggi? Payudara sering terasa sakit? Jika mengalami hal tersebut secara bersamaan, bahkan sebelum menstruasi Moms mulai terlewatkan, mungkin saja itu perlu Moms curigai.

Walaupun tes kehamilan dan janji konsultasi dengan dokter adalah cara terbaik untuk mengonfirmasi benar atau tidaknya hamil, tanda-tanda kehamilan sebelum lewat menstruasi ini bisa menjadi tanda yang baik.

Baca Juga: Mengenal Kacang-Kacangan, Makanan Sehat untuk Kehamilan

"Begitu hormon kehamilan hadir dalam tubuh, organ-organ tubuh Moms akan berubah. Beberapa wanita bahkan dapat merasakan hari yang berbeda sebelum menstruasi terlewat,” kata Dr. Jaime Knopman, ahli kesuburan.

Di bawah ini ada beberapa tanda hamil muda yang bisa Moms jadikan tolak ukur untuk melihat apakah Moms sedang hamil atau tidak. Yuk, kita lihat Moms.

1. Vagina Jadi Lebih Lembut

tanda awal kehamilan

Foto: todayparents.com

"Sekitar usia kehamilan empat minggu, ada sesuatu yang disebut tanda Goodell, di mana bagian serviks dalam vagina menjadi lebih lembut karena peningkatan aliran darah," jelas Robin Elise Weiss, pendidik persalinan, doula, sekaligus pendiri Childbirth.org.

Bahkan menurutnya, beberapa wanita bisa merasakan hal ini ketika memeriksa tanda-tanda kesuburan. Jika masih tidak yakin, Moms bisa menanyakannya pada pasangan, karena terkadang pasangan mungkin akan merasa Miss V lebih penuh atau pulen saat berhubungan seksual. Hal ini bisa menjadi tanda hamil muda.

Baca Juga: 8 Pemanis Alami yang Aman Untuk Persiapan Kehamilan

2. Suhu Tubuh Meningkat

tanda awal kehamilan

Foto: medium.com

"Seseorang yang mencatat suhu tubuh basal (untuk melacak ovulasi) mungkin juga memperhatikan bahwa suhu tubuh mereka tidak turun ke tingkat pra-ovulasi," kata Robin Weiss.

Dikutip dari American Journal of Maternal Child Nursing, suhu tubuh basal kita adalah suhu terendah selama 24 jam sehari, yang tepat ketika pertama kali bangun di pagi hari, sebelum melakukan apa pun untuk menjalani hari. Suhu ini berfluktuasi dari orang ke orang, tetapi secara umum, di angka 35 sampai 37 derajat Celsius sebelum ovulasi dan 36 hingga 37 derajat setelah ovulasi.

Jika berbeda, mungkin sudah waktunya untuk mengambil alat tes kehamilan.

3.. Bercak Darah dan Kram

tanda awal kehamilan

Foto: parents.com

Jika Moms belum seharusnya menstruasi, tetapi sudah ada tanda-tandanya, bisa menjadi tanda hamil muda.

"Moms akan mengalami kram menstruasi, bercak ringan atau pendarahan sebelum satu atau dua minggu masa haid hilang," kata Dr. Jacqueline Walters dari Married to Medicine Bravo.

Hal ini disebut juga "pendarahan implantasi”, yang umumnya terjadi pada 10 hingga 14 hari setelah pembuahan. Untuk lebih memastikannya, Moms bisa berkonsultasi langsung dengan dokter kandungan.

Baca Juga: Waspadai Tanda Kehamilan Berupa Bercak Darah

4. Payudara Terasa Sakit

tanda awal kehamilan

Foto: mayoclinic.com

PMS dapat menyebabkan nyeri payudara pada hari-hari menjelang menstruasi, seperti halnya tanda kehamilan awal. Kuncinya adalah mengetahui perbedaannya.

"Kelembutan dapat terjadi pada awal kehamilan, dan saat kehamilan berlanjut, pembesaran payudara sering terjadi, serta beberapa kebocoran pembentukan susu dini dari puting susu," kata Gerardo Bustillo, dokter kandungan.

5. Merasa Sangat Lelah

tanda awal kehamilan

Foto: medicalnewstoday.com

Merasa super lesu, tetapi Moms sudah cukup tidur? Itu bisa menjadi tanda hamil muda juga. Tentu saja, perasaan lelah dapat dikaitkan dengan beberapa faktor, jadi itu bukan indikator yang pasti.

"Kelelahan tanpa alasan mungkin juga merupakan gejala awal kehamilan," kata Dr. Jacqueline Walters. Namun bila Moms terus-menerus merasa lelah dan kesulitan mencari tahu alasannya, temui dokter untuk melihat apakah hal ini terjadi karena kehamilan.

Itu dia Moms beberapa tanda hamil muda yang sering terjadi namun tidak kita sadari. Jika mengalami hal-hal di atas, segera periksa ya Moms.

(AP/DIN)

Artikel Terkait