GAYA HIDUP
21 Juli 2019

5 Tanda Kamu Punya Kepribadian Ambivert

Pemiliki kepribadian ini memiliki sifat introvert dan ekstrovert secara bersamaan
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Carla Octama

Biasanya orang cuma mengenal dua jenis kepribadian, yaitu introvert dan ekstrovert. Tapi tahukah Moms, ada juga orang yang memiliki kepribadian ambivert lho.

Dikutip dari Psychology Today, ambivert adalah jenis kepribadian seseorang yang berada diantara introvert ataupun ekstrovert. Pemilik kepribadian ini terkadang terlihat sangat menikmati kebersamaan dengan orang lain, namun ada kalanya juga ia menikmati waktu kesendiriannya.

Lalu seperti apa ciri-ciri orang dengen kepribadian ambivert? Simak penjelasan di bawah ini ya.

Baca Juga: Si Kecil Termasuk Balita Introvert? Yuk Didik Dengan 4 Cara Ini!

1. Senang Bersosialisasi, Namun Butuh Waktu untuk Sendiri Juga

introvert dan ekstrovert, kepribadian ambivert

Foto: talentsmart.com

Pemilik kepribadian ini senang bersosialisasi dengan orang lain, namun juga bisa merasa lelah di waktu yang bersamaan. Oleh karena itu, saat berada dikeramaian, jangan heran jika pemilik kepribadian ini tiba-tiba hilang, karena ia membutuhkan waktu untuk sendiri.

“Mereka membutuhkan waktu untuk menyendiri setelah lelah bersosialisasi. Namun saat berada dalam keramaian mereka akan menjadi pribadi lain yang percaya diri dan mampu membangun suasana,” kata Dr. Grant Brenner, psikiater dari Manhattan, Amerika Serikat.

2. Bisa Berada dalam Lingkungan Apapun

introvert dan ekstrovert, kepribadian ambivert

Foto: introvertdear.com

Orang dengan kepribadian ambivert senang berinteraksi dengan orang lain, tapi tahu juga kapan waktunya mereka harus menarik diri dan beristirahat sejenak. Jadi mereka akan sangat fleksibel saat berada dalam situasi apapun.

“Ini merupakan cara mereka untuk mengumpulkan energi. Bisa dengan berinteraksi dengan orang banyak, atau menyepi sendiri sekedar membaca atau tidur sebentar,” ujar Dr. Brenner.

Baca Juga: 6 Hal Ini Menandakan Kamu Orang yang Introvert

3. Memiliki Kepribadian Introvert dan Ekstrovert

Menurut psikolog Paulette Kouffman Sherman, secara emosional mereka sangat fleksibel. Pemilik kepribadian ambivert mimiliki sifat gabungan dari introvert dan ekstrovert.

"Seorang ambivert memiliki ciri keduanya. Berkharisme seperti seorang esktrovert dan memiliki keterampilan mendengarkan layaknya orang introvert," kata Helen Odessky, psikolog dan penulis Stop Anxiety from Stopping You.

4. Tahu Kapan Harus Menaruh Kepercayaan pada Orang

introvert dan ekstrovert, kepribadian ambivert

Foto: today.com

“Seseorang dengan kepribadian ekstrovert mudah sekali menaruh kepercayaan pada orang lain,” ujar Dr. Brenner. “Sedangkan orang dengan kepribadian introvert cenderung lambat dalam membuka diri terhadap orang lain dan lebih suka menarik diri dari lingkungan sosial,” tambahnya.

Seorang ambivert mampu melakukan keduanya. Mereka bisa tahu kapan harus menjadi pendengar yang baik atau kapan waktu yang tepat untuk beradaptasi dengan orang lain.

Ini adalah kemampuan bawaan yang membuat orang bisa percaya pada mereka.

Baca Juga: Ternyata Warna Favorit Bisa Mencerminkan Kepribadian dalam Bekerja

5. Komunikator yang Baik

introvert dan ekstrovert, kepribadian ambivert

Foto: healthline.com

Seorang dengan kepribadian ambivert menyukai hubungan yang dalam, intim, percakapan yang ringan sama seperti saat mereka bertemu dengan orang asing di pinggir jalan dan mengajaknya untuk berbicara.

Orang ambivert adalah seorang pendengar yang baik dan memiliki intuisi yang berbeda tentang kapan waktu yang tepat untuk berbicara, serta kapan lebih baik untuk mendengarkan.

“Mengambil kualitas keduanya antara introvert dan ekstrovert, memberikan mereka waktu yang cukup untuk berpikir sebelum berbicara. Hal ini sangat membantu mereka untuk menghindari perkataan yang tidak rasional dan impulsif,” ungkap Paulette Kouffman Sherman, psikolog dan penulis The Book of Sacred Baths.

Itulah beberapa tanda-tanda orang dengan kepribadian ambivert. Apakah Moms salah satunya?

Artikel Terkait