BALITA DAN ANAK
16 Mei 2019

5 Tanda Popok Si Kecil Salah Ukuran

Muncul kemerahan atau tidak, perlu diperhatikan lho Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Saat memilih popok untuk Si Kecil, Moms tentunya punya sejumlah hal yang biasanya menjadi perhatian, mulai dari memilih brand yang Moms percaya, kemampuan daya serap cairannya, sampai ukuran popok yang harus pas dan nyaman ketika digunakan Si Kecil.

Tetapi banyak dari Moms yang luput perhatian untuk membelikan dan memakaikan popok Si Kecil yang sesuai dengan usianya. Hal ini dikarenakan jika Si Kecil memakai popok dengan ukuran yang terlalu besar, maka dapat membuatnya tidak nyaman bergerak.

Sedangkan jika Moms memakaikan ukuran popok yang terlalu kecil, biasanya akan mengakibatkan ruam kemerahan pada kulit, iritasi, bahkan bisa membuat si kecil rewel dan menangis.

Baca Juga: 5 Alasan Untuk Memilih Popok Sekali Pakai Dibanding Popok Kain

Nah, untuk mengetahui tanda-tanda popok Si Kecil salah ukuran, simak informasi yang dilansir situs askdrsears.com di bawah ini.

1. Bokong Tidak Tertutup Sempurna

P-W-WMN73281-Be-Diaper-Pro-lg.jpg

Tanda pertama yang bisa Moms lihat ketika ukuran popok Si Kecil salah adalah dengan melihat bagian bokongnya, apakah tertutup dengan sempurna atau tidak.

Jika bagian bokong Si Kecil sudah tertutup sempurna, maka artinya popok yang Moms pakaikan sudah pas dan cocok.

Namun, jika bagian popok yang sedang digunakan tidak menutupi seluruh bagian bokong Si Kecil, maka tandanya kalau popok yang digunakan punya ukuran yang salah.

2. Posisi Tab Ada Di Mana

EPLZDNU2DM7ZLMWH2TIHDFZPJY.jpg

Pengecekan selanjutnya apakah popok Si Kecil salah ukuran adalah bagian tab.

Setelah Moms memakaikan popok Si Kecil, lihat apakah bagian tab berada lebih dekat di bagian pinggul daripada bagian tengahnya, atau bagian sayap yang menghubungkan tab terlihat renggang, maka sudah saatnya mengganti popok dengan ukuran yang lebih pas.

Baca Juga: Tips Memilih Popok Bayi Sesuai Usianya

3. Karet Pinggang Ketat

baby-in-diapers-who-may-have-a-rash.jpg

Cara paling mudah untuk mengecek apakah popok Si Kecil salah ukuran adalah melihat tingkat kekencangan pada karet pinggangnya.

Moms bisa menggunakan jari dengan menarik popok pada bagian pinggang, jika terasa ketat maka tandanya popok terlalu kecil dan tidak nyaman digunakan Si Kecil.

4. Muncul Kemerahan atau Tidak?

picsea-357040-1200x801.jpg

Bekas kemerahan pada kulit bayi di sekitar popok menjadi salah satu tanda kalau popok salah ukuran.

Coba periksa bagian pangkal paha, pinggul, sampai pinggang Si Kecil apakah terlihat bekas kemerahan atau tidak.

Baca Juga: Ini Cara Mengatasi Ruam Popok pada Bayi

5. Melihat Tabel Ukuran

DIAP-SWEE-043A-1.jpg

Dalam kemasan popok, biasanya menyertakan tabel ukuran dan saran usia penggunaan yang direkomendasikan. Selain itu juga ada pedoman berat badan yang bisa Moms jadikan patokan.

Maka, jika berat badan Si Kecil berada dalam skala terendah, maka sebaiknya Moms harus mengganti ukurannya ke yang lebih besar.

Nah, itu dia 5 tanda popok Si Kecil salah ukuran yang bisa Moms terapkan. Selain itu, penggunaan popok yang berkualitas juga memengaruhi kenyamanan bergerak Si Kecil lho Moms!

Popok dari Sweety dilengkapi dengan Diamond Layer Technology, sebuah lapisan bermotif berlian yang mampu menyerap cepat cairan sehingga kulit Si Kecil bebas iritasi dan tetap kering.

Selain itu, karet pinggang popok Sweety yang fleksibel dan elastis tidak akan menyakiti kulit Si Kecil yang masih sensitif.

Artikel Terkait