KEHAMILAN
27 Februari 2020

5 Tanda Tubuh Memiliki Masalah Kesuburan

Selain sulit hamil, perhatikan tanda tubuh masalah kesuburan lainnya yang perlu mendapatkan penanganan Dokter segera
Artikel ditulis oleh Gladys
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Kesulitan untuk hamil merupakan salah satu tanda tubuh masalah kesuburan. Namun sebenarnya ada juga beberapa tanda tubuh masalah kesuburan lainnya yang bisa muncul sedini mungkin.

Seperti pertumbuhan bulu pada tempat yang tidak biasanya hingga periode menstruasi yang tidak teratur merupakan satu di antaranya. Dengan mengetahui tanda tubuh masalah kesuburan, Moms dapat segera berkonsultasi dengan Dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat, sehingga membuka peluang kehamilan yang lebih besar.

Perhatikan 5 Tanda Tubuh Masalah Kesuburan Ini

Untuk mengetahui tanda tubuh masalah kesuburan, cek ulasannya berikut ini.

1. Menstruasi Tidak Teratur

tanda tubuh masalah kesuburan

Foto: diabetesdaily.com

Mungkin Moms pernah merasa senang saat bulan (dan bulan-bulan berikutnya) tidak juga datang bulan. Tapi hal ini sebenarnya merupakan tanda tubuh masalah kesuburan yang disebut dengan disfungsi ovulasi.

Sewajarnya ovarium harus melepaskan telur agar dapat dibuahi. Jika tidak berovulasi sama sekali, maka Moms tidak mendapatkan menstruasi dan menandakan masalah kesuburan.

Moms yang memiliki siklus menstruasi lebih panjang dari 35 hari, kurang dari 21 hari, atau tidak menstruasi sama sekali, maka Moms perlu memeriksakan diri ke Dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Baca Juga: Ini Faktor Penentu Yang Mempengaruhi Kesuburan

2. Menstruasi Sangat Menyakitkan

tanda tubuh masalah kesuburan

Foto: modess.com.ph

Saat menstruasi memang kadang sangat menyakitkan. Namun jika kali ini sakitnya sangat berlebihan, maka itu bisa menjadi tanda tubuh masalah kesuburan berupa endometriosis.

Ini bukan berupa kram perut biasa, tapi “sakit yang dapat mengganggu aktivitas. Moms tidak dapat pergi bekerja atau melakukan hal yang biasa dilakukan,” ungkap ahli kesuburan dari Fertility Centers of Illinois, Meike Uhler, MD, seperti dikutip dari stylecaster.com.

Kondisi ini dapat terjadi ketika lapisan rahim (jaringan endometrium) tumbuh di luarnya. Perawatan pada kondisi ini dapat dilakukan dengan mengonsumsi obat hormon pengontrol kesuburan.

Baca Juga: 5 Masalah Sistem Reproduksi Ini Bisa Menghambat Kesuburan

3. Payudara Mengeluarkan Cairan

tanda tubuh masalah kesuburan

Foto: cbhs.com.au

Jika Moms tidak hamil atau sedang menyusui, tapi melihat susu keluar dari payudara, maka mungkin Moms memiliki tingkat prolaktin tinggi dan dapat menjadi tanda tubuh masalah kesuburan.

Prolaktin merupakan hormon yang memberitahu tubuh untuk membuat air susu ibu. “Tingkat prolaktin tinggi dapat mengganggu cara produksi hormon seks. Tergantung dari tingkat prolaktin, wanita dapat mengalami infertilitas karena lemahnya ovarium atau kurangnya ovulasi,” ungkap dokter kandungan ginekologi dan endokrinologi reproduksi di NewYork-Presbyterian/Columbia University Irving Medical Center, Sinem Karipcin, seperti dikutip dari huffpost.com.

Lonjakan prolaktin dapat terjadi karena adanya masalah tiroid atau tumor jinak. Dokter biasanya akan meresepkan obat untuk menurunkan kadar prolaktin, agar siklus ovulasi Moms kembali normal.

Baca Juga: Benarkah Lendir Serviks Berdampak pada Kesuburan?

4. Tumbuh Bulu Di Tempat Tidak Biasa

tanda tubuh masalah kesuburan

Foto: selfcarer.com

Bulu atau rambut yang tumbuh di tempat yang bukan sewajarnya seperti wajah atau mengalami kebotakan di kepala, dapat menjadi tanda tubuh masalah kesuburan.

Gejala ini merupakan kondisi polycystic ovary syndrome (PCOS) yang juga dapat ditandai dengan munculnya jerawat hingga periode menstruasi yang menyakitkan. PCOS menandakan adanya hormon reproduksi yang rusak dan mengganggu kerja ovarium untuk membuat atau melepaskan telur.

Menurut womenshealth.gov, PCOS adalah salah satu penyebab (infertilitas) yang paling umum, tetapi dapat diobati. Pengobatannya dapat berupa obat pengontrol kehamilan.

Baca Juga: Olahraga Ringan tapi Ampuh Meningkatkan Kesuburan

5. Kaki & Tangan Dingin

tanda tubuh masalah kesuburan

Foto: painresource.com

Saat kaki dan tangan Moms terus menerus terasa dingin, jawabannya bukan dengan menggunakan sarung tangan atau kaus kaki, tapi lakukanlah pengecekan level hormon tiroid.

Kaki dan tangan yang dingin merupakan tanda tubuh masalah kesuburan akibat hipotiroidisme atau kurang aktifnya kelenjar tiroid. Hal ini dapat menyebabkan ovulasi yang tidak teratur dan memengaruhi siklus menstruasi. Tanda lain dari hipotiroidisme adalah sembelit, pelupa, kulit kering, dan mudah lelah.

Itulah beberapa tanda tubuh masalah kesuburan. Jika Moms mengalami satu atau lebih gejala di atas, ada baiknya segera berkonsultasi dengan Dokter untuk mendapatkan jalan keluar terbaik bagi masalah kesuburan Moms.

GS

Artikel Terkait