BALITA DAN ANAK
21 Agustus 2019

5 Terapi untuk Mengatasi Balita Susah Tidur di Malam Hari

Melihat Si Kecil belum terlelap saat kita sudah mengantuk terkadang terasa sedikit menyebalkan
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Orami

Apakah Moms suka merasa Si Kecil sering tidur terlalu malam atau bahkan susah tidur? Banyak penyebab mengapa balita susah tidur atau insomnia. Padahal, sebagian besar balita membutuhkan waktu sekitar 12 dan 14 jam tidur selama 24 jam.

Sayangnya, tidak tidur nyenyak atau bahkan susah tidur dapat mempengaruhi suasana hati dan perilaku balita di siang hari, yang mengarah ke masalah sekolah jika dia mulai sekolah dan masalah disiplin.

Vincent Iannelli, MD, dokter anak tersertifikat dan anggota American Academy of Pediatrics, mengatakan bahwa seperti orang dewasa, balita dengan insomnia atau balita susah tidur akan sulit untuk tidur atau tetap tidur namun pada jumlah di bawah waktu normal tidur seharusnya.

"Selain itu, balita susah tidur akan mengantuk di siang hari dan memiliki gejala lain seperti lekas marah, moody, hiperaktif, merasa penuh tekanan, agresif, dan beberapa gejala lainnya," katanya seperti dikutip dari verywellhealth.com.

Peran Moms untuk membantu Si Kecil agar dapat tidur nyenyak adalah hal yang penting. Ada beberapa solusi yang dapat Moms lakukan untuk membangun rutinitas tidur yang sangat baik untuk balita susah tidur dan memastikan bahwa Si Kecil tidur. Berikut daftarnya!

Baca Juga: Bayi Susah Tidur di Malam Hari? Kenali 5 Penyebabnya

1. Jadwal Tetap

Membuat Jadwal Tidur

Foto: sleepbaby.org

Tetap berpegang pada set waktu tidur dan bangun yang sama setiap hari adalah salah satu cara mengatasi balita susah tidur. Jangan coba mengubah waktu tidur siang, misalnya menjadi lebih singkat atau menjadi terlalu sore karena hal ini akan menyebabkan Si Kecil akan kurang nyenyak saat tidur.

2. Rutinitas Tidur yang Konsisten

Waktu Tidur Konsisten

Foto: quora.com

Mempertahankan rutinitas tidur yang konsisten juga bagian dari solusi balita susah tidur. Buat kegiatan yang tenang dan menyenangkan dalam 30 menit sebelum tidur, seperti mandi atau membaca cerita sebelum tidur agar lebih rileks.

Tetapkan batasan yang jelas tentang berapa banyak buku yang akan dibaca atau lagu yang akan diyanyikan. Biarkan Si Kecil memilih piyama mana yang ia ingin kenakan dan boneka binatang mana yang harus dibawa ke tempat tidur, dan yang lainnya. Pilihan seperti itu membantu Si Kecil merasa lebih santai pada waktu tidur dan sepanjang malam.

3. Buat Lingkungan Mendukung

lingkungan Tidur

Foto: peebuddy.in

Memastikan lingkungan kamar tidur yang tenang, sejuk, gelap, dan nyaman untuk tidur adalah hal yang wajib dilakukan untuk menghindari permasalahan balita susah tidur. Mengatur agar lampu malam atau cahaya area ruang tidur ada pada titik rendah disertai musik yang lembut dan menenangkan adalah kombinasi yang baik.

Menjaga agar kamar tidur dapat difungsikan seperti seharusnya juga perlu dilakukan seperti halnya menjaga kamar untuk tidak dijadikan ruang bermain atau menonton. Jika tidak, hal-hal diluar kepentingan tidur seperti itu dapat menstimulasi anak secara berlebihan dan membuatnya lebih sulit untuk tertidur pada waktunya.

Baca Juga: Ibu Hamil Susah Tidur Saat Trimester Ketiga? Ini Kiat Agar Bisa Tidur Nyenyak

4. Jaga Makanan

Jaga Makanan

Foto: hattoexpect.com

Batasi makanan dan minuman terutama minuman yang mengandung kafein sebelum tidur, agar permasalahan balita susah tidur karena kafein tidak terjadi. Ingat, banyak minuman bening mengandung kafein, jadi periksalah komposisi pada labelnya.

Dr. Nicole Caldwell, asisten profesor kedokteran anak di Nationwide Children's Hospital, Columbus, Ohio, mengatakan kafein dapat memengaruhi sistem saraf pusat sebagai stimulan. Dibandingkan otak orang dewasa, otak seorang anak cenderung sedikit lebih sensitif terhadap efek kafein.

"Kafein dapat menyebabkan mereka menjadi hiperaktif, yang jelas. Tapi itu juga bisa membuat mereka gugup, cemas, memperburuk masalah perut dan membuat masalah tidur," katanya seperti dikutip dari livestyle.com.

5. Tidur dengan Mandiri

Tidur Mandiri

Foto: businessmusing.com

Bawa Si Kecil ke tempat tidur dalam kondisi mengantuk, tetapi terjaga. Ini akan membantu dia belajar tertidur sendiri dan membantunya kembali tidur lagi jika ia bangun di tengah malam.

Baca Juga: Susah Tidur? Ini 7 Makanan untuk Bikin Tidur Lebih Nyenyak

Itulah beberapa terapi sederhana untuk mengatasi balita susah tidur. Selamat mencoba!

(RIE/ERN)

Artikel Terkait