2-3 TAHUN
20 April 2020

5 Terapi Wajib Balita Speech Delay Usia 2 Tahun, Catat!

Aktif mengajak anak berbicara adalah kunci utamanya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Carla Octama

Dalam tumbuh kembang anak, sudah menjadi hal yang biasa jika tidak dapat selalu berjalan dengan lancar dan banyak sekali hambatan-hambatan yang mungkin akan orang tua temui, salah satunya adalah masalah speech delay.

Sesuai dengan namanya, speech delay merupakan suatu masalah keterlambatan berbicara pada anak. Hal ini biasanya terjadi karena orang tua kurang aktif membantu atau menstimulasi anak untuk mulai berbicara. Hingga akhirnya sadar, anak sudah mengalami speech delay.

Speech delay ini umumnya terjadi pada anak usia 2 tahun, karena saat sudah menginjak usia 2 tahun, harusnya Si Kecil sudah bisa merespon omongan orang lain dan bisa mulai berbicara perlahan-lahan. Lalu bagaimana cara mengatasi speech delay pada anak?

Terapi Wajib Balita Speech Delay

Menurut dr. Anggia Hapsari, dokter spesialis kesehatan jiwa konsultan psikiatri anak & remaja RS Pondok Indah – Bintaro Jaya, beberapa cara di bawah ini bisa menjadi terapi yang baik untuk anak yang mengalami speech delay. Simak yuk penjelasannya di bawah ini Moms.

Baca Juga: 3 Perkembangan Anak yang Butuh Perhatian Serius

1. Ajak Anak Berbicara

speech delay, terapi speech delay

Foto: babycentre.co.uk

Terapi speech delay pada anak yang bisa Moms lakukan pertama kali adalah dengan menggunakan suara sederhana dan dengan tempo perlahan-lahan agar anak dapat mendengar dan mengerti dengan baik.

Hal ini bisa Moms lakukan dalam semua kesempatan, misalnya saat sedang menyuapi anak makan, saat sedang memandikan Si Kecil, ataupun saat sedang bermain dengan buah hati.

Semua ini bisa menjadi momen yang pas bagi Moms untuk menstimulasi anak belajar berbicara.

2. Membaca Buku Sederhana

Selanjutnya terapi speech delay bisa dilakukan dengan mengajak Si Kecil membaca buku sederhana. Dikutip dari KidsHealth, mulailah membacakan nuku kepada Si Kecil sejak dia bayi. Pilih buku yang sesuai dengan usianya.

Selain dapat menstimulasi pendengaran anak, secara tidak langsung Moms juga bisa menambah perbendaharaan kata-kata baru untuk anak.

Lama-kelamaan anak akan mulai terbiasa dan biasanya ia akan mengikuti dan meniru apa yang orang tua bicarakan atau baca.

Baca Juga: 5 Manfaat Membacakan Buku Cerita untuk Anak

3. Bernyanyi

Cara apapun bisa Moms lakukan untuk membantu anak agar terhindar dari masalah speech delay, salah satunya dengan bernyanyi.

Saat bernyanyi, Moms bisa mengenalkan anak pada warna dan bentuk, diikuti dengan gerakan tangan.

Kita juga bisa menstimulai anak dengan melakukan senandung-senandung kecil.

4. Ajarkan Anak Komunikasi Dua Arah

speech delay, terapi speech delay

Foto: everymum.ie

Komunikasi dua arah adalah hal yang penting untuk orang tua ajarkan pada anak sejak dini. Ajarkan anak kata-kata dasar, seperti memberikan ucapan ‘terima kasih’ saat ditolong atau diberikan sesuatu.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Terkait Kemampuan Berbahasa dan Komunikasi Bayi

5. Jangan Biarkan Anak Bermain Gadget

speech delay, terapi speech delay

Foto: floridapolitics.com

Penting untuk Moms ingat bahwa televisi dan gadget tidak membantu Si Kecil dalam berbicara dan akan membuat perkembangan anak terhambat.

Jadi sebaiknya, saat usia anak masih kecil, jangan membiarkannya bermain dengan gadget. Selalu ajak anak untuk mengobrol mengenai hal-hal kecil sekalipun.

Itulah beberapa terapi yang bisa Moms lakukan untuk anak yang mengalami speech delay. Pastikan Moms aktif mengajak Si Kecil berbicara ya.

Bila Moms masih memerlukan informasi tambahan seputar speech delay pada anak, Moms bisa bergabung mengikuti Kuliah WhatsApp (KulWAP) dengan expert di WhatsApp Group Orami Moms Community.

Selain mengikuti KulWAP, di WhatsApp Group Orami Moms Community, Moms bisa berkonsultasi dengan para ahli, seperti psikolog, dokter kandungan, dokter anak, konselor laktasi, konselor pernikahan, dan lain sebagainya.

orami wag

Moms juga bisa saling bertukar cerita dengan ibu-ibu lainnya, lho! Jadi Moms akan mendapatkan banyak teman, sekaligus informasi baru.

Moms bisa langsung add WhatsApp di nomor 0811-8852-250 atau klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

Yuk gabung WhatsApp Group Orami Moms Community untuk mendapatkan berbagai keuntungan!

Artikel Terkait