TREN
4 April 2016

5 Tipe Kafein dan Pengaruhnya pada Produktivitas Kerja

Let's make your caffeine a new work-buddy
Artikel ditulis oleh -
Disunting oleh -

Hayo mengaku, ada berapa orang yang tak bisa menahan kantuk di tengah jam kerja hari ini? Solusi paling instan biasanya adalah menenggak kopi atau minuman berenergi yang dibalut kandungan kafein. Jika Anda menganggap caffeine is your new bestfriend, maka Anda harus juga mengenal manfaatnya bagi kehidupan kerja Anda. Lets find out!

Kopi

Kata kafein biasanya identik dengan si hitam pekat ini. Do you know? Satu cangkir kopi memiliki kandungan kafein setidaknya 95 mg. Kandungan kafein yang tinggi ini bukannya tanpa manfaat, karena selain menambah fokus, kopi juga dapat meningkatkan kemampuan memori serta kreativitas. Another coffee-miracle, jika Anda memiliki misi untuk menghindari penyakit diabetes dan menurunkan risiko terkena penyakit hati serta gagal jantung, maka menikmati kopi di pagi hari secara rutin bisa jadi salah satu caranya.

Teh

Si ‘teman karib’ kopi ini biasanya dipilih oleh mereka yang kurang cocok dengan rasa pahit dari kopi. Kafein yang terkandung di dalamnya tak terlalu tinggi, hanya 26 mg kafein dalam satu cangkir teh. Namun jangan salah karena jumlah tersebut sudah bisa membuat Anda lebih waspada dengan lingkungan sekitar.

Minuman Berenergi

Jika Anda suka yang praktis-praktis, minuman berenergi bisa jadi pilihan. Namun yang harus diingat, sesuai namanya, minuman ini dimaksudkan untuk membangun energi tubuh dalam waktu singkat. Untuk mencapai itu, maka biasanya kandungan kafein dalam minuman jenis ini dilipatgandakan. Jumlahnya konon hampir dua kali lipat dari kopi dengan gula yang juga tinggi. Jadi jika tidak sangat terpaksa, sebisa mungkin minimalisir minuman berenergi karena jika Anda overdosis bisa berbahaya bagi jantung.

Soda

Soda dengan sentuhan cooling spritz memang menyegarkan dan bisa langsung membuat ‘melek’. Namun tahukah Anda jika soda memiliki setidaknya 29 mg kafein dan gula yang tinggi. Meski kafeinnya tak terlalu berpengaruh buruk bagi kesehatan, namun kandungan gula yang tinggi mjustru akan membuat energy tubuh tidak stabil.

Cokelat

Cokelat dapat menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang ingin meningkatkan produktivitas. Tidak hanya membuat tubuh terjaga, kandungan 70 mg kafein dalam dark chocolate ternyata mampu meningkatkan kemampuan memori serta menjaga suasana hati.

Sumber: cosmopolitan.co.id

Artikel Terkait